PusatDapodik
Home Guru Sangat Mudah! Berikut Cara Setting Web Service E-Rapor Kurikulum Merdeka

Sangat Mudah! Berikut Cara Setting Web Service E-Rapor Kurikulum Merdeka

Screenshot 1471
Sangat Mudah Berikut Cara Setting Web Service E Rapor Kurikulum Merdeka


Salam dan pembaca yang bahagia. Teman PUSATDAPODIK.COM, pada kesempatan kali ini Admin mau berbagi informasi tentang Gampang Banget! Berikut cara setting Web Service E-Raport Kurikulum Merdeka.

Cara setting layanan web e-rapor Kurikulum Merdeka merupakan hal yang harus diketahui sebelum menggunakan aplikasi e-raport sebagai fasilitas di sekolah. Khusus untuk admin yang telah ditunjuk oleh kepala sekolah sebagai penanggung jawab instalasi dan pengoperasian aplikasi berbasis web ini.

Sebelum mengisi aplikasi e-rapor Kurikulum Merdeka, baik operator sekolah maupun guru perlu mengetahui cara setting layanan web e-rapor Kurikulum Merdeka. Karena dapat memudahkan pihak terkait untuk mengakses e-laporan nantinya.

Untuk mengetahui cara setting web service, administrator dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini. Langkah-langkah di bawah ini juga sesuai dengan penjelasan di laman Youtube Direktorat SD.

  • Aplikasi e-rapor Kurikulum Merdeka harus terpasang di komputer sekolah sebagai server.
  • Setelah e-laporan selesai diinstal, buka aplikasi Dapodik, lalu pilih menu pengaturan.
  • Di bagian layanan web lokal, klik tombol layanan web
  • Klik tambah, lalu isikan nama aplikasi misalnya “SD E-Raport 2022”. Setelah itu klik tombol simpan
  • Sejumlah kode berisi token akan muncul nanti. Silakan klik tombol salin token. Blokir token, lalu tekan CTRL + C untuk menyalin.
  • Setelah itu buka aplikasi e-rapor Kurikulum Merdeka dan login. Untuk login Admin dapat login menggunakan username dan password default yaitu username “admin” dan password “admin123456”. Setelah itu klik Masuk.

Setelah berhasil login, admin akan disuguhkan tampilan awal e-rapor Kurikulum Merdeka. Dari menu sebelah kiri admin dapat menemukan menu untuk pengaturan web service. Kemudian masuk ke menu pengaturan web service.

  • Klik tombol tambah, lalu isikan data seperti berikut;
  • Isikan nama koneksi seperti nama aplikasi yang diisi pada aplikasi Dapodik sebelumnya. Dalam hal ini, sesuai langkah sebelumnya, nama sambungan diisi dengan “SD 2022 E-Raport”.
  • Isi alamat IP Server Dapodik dengan “localhost”
  • Pada bagian key isikan sesuai dengan yang telah di atur di aplikasi Dapodik. Tempel token yang sebelumnya disalin.
  • Isikan NPSN Sekolah sesuai dengan NPSN satuan pendidikan
  • Setelah semua data terisi, silahkan klik simpan

Untuk mengetahui apakah server e-report dengan server Dapodik sudah terhubung, admin dapat melakukan uji koneksi dengan mengklik bagian uji koneksi. Jika kedua server saling terhubung maka akan muncul informasi “koneksi ke Dapodik lokal berhasil”.

Pembuatan web service ini bertujuan agar aplikasi e-rapor Kurikulum Merdeka dapat mengambil data dari Dapodik sehingga guru atau sekolah tidak perlu menginput data sekolah secara manual. Selain itu juga dapat mempermudah pengiriman data nilai kembali ke Dapodik.

Seperti diketahui sebelumnya, aplikasi e-report dikembangkan sesederhana mungkin oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) guna memudahkan pengguna seperti guru mata pelajaran dan wali kelas.

Selain penyederhanaan fitur, pengembangan e-rapor Kurikulum Merdeka fokus pada aspek fungsional dan dapat terkoneksi dengan Data Dasar Pendidikan atau Dapodik.

Aplikasi berbasis website e-report ini merupakan sarana bagi guru dan satuan pendidikan dalam melaporkan hasil belajar siswa untuk disampaikan kepada orang tuanya. Dengan aplikasi ini, pekerjaan guru akan semakin dipermudah, baik dalam proses penginputan nilai, pengolahan nilai secara otomatis, pencetakan rapor, maupun pelaporan.

Demikian cara pembuatan web service e-rapor Kurikulum Mandiri yang perlu dipahami agar lebih mudah dioperasikan di satuan pendidikan.

Download:

Terima kasih telah mengunjungi Web TREN GURU. Ketika artikel ini bermanfaat “Sangat mudah! Berikut cara setting Web Service E-Raport Kurikulum Merdekasilahkan klik LIKE dan SHARE ke teman-teman lainnya.

Comment
Share:

Ad