PusatDapodik
Home Guru Kepegawaian Selain Jadi Kepsek, Menteri Nadiem Minta Guru Penggerak Bersiap Jadi Pengawas Sekolah

Selain Jadi Kepsek, Menteri Nadiem Minta Guru Penggerak Bersiap Jadi Pengawas Sekolah

JAKARTA | Imbauan dari Mendikbud tentang Mobilisasi Guru.

Menteri Nadiem melewati pemacu bagi guru untuk mempersiapkan diri menjadi kepala sekolah atau pengawas sekolah pada 2023 mendatang karena akan mendapat prioritas.

Peluang besar ini merupakan ruang mobilisasi guru untuk dapat mendorong gerakan transformasi pendidikan terutama dengan bekal selama pelatihan dalam program Mobilisasi Guru.

Menjadi kepala sekolah atau pengawas sekolah bukanlah hal yang mudah. Akan ada banyak sekali tantangan dan juga amanat yang suatu saat harus siap untuk diselesaikan.

Baca Juga: Korban Gempa Cianjur, Polisi Temukan 5 Mayat

Diketahui, merujuk pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 40 Tahun 2021 tentang Penugasan Guru Sebagai Kepala Sekolah, jelas bahwa guru penggerak memiliki peluang untuk menjadi calon kepala sekolah dan pengawas sekolah.

Dalam Dialog Penggerak yang digelar di Kota Padang, Sumatera Barat pada 17 November 2022, Nadiem selaku Menteri Pendidikan dan Kebudayaan meminta Pemerintah Daerah mengangkat guru mobilisasi menjadi kepala sekolah dan pengawas pada tahun 2023.

“Bapak Kepala Dinas (Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumbar), kami sangat membutuhkan bantuan agar tahun depan guru-guru mengemudi ini semuanya diangkat menjadi kepala sekolah dan pengawas,” jelas Nadiem.

Baca Juga: Pimpinan Yayasan Tahfidz Kunjungi Lokasi Gempa Cianjur

Selain itu, Menteri Nadiem juga memberikan pernyataan menarik terkait alasan mengapa guru mengemudi menjadi prioritas bagi calon kepala sekolah dan pengawas. Pasalnya, guru penggerak dianggap mampu melakukan perubahan besar dalam dunia pendidikan, apalagi nantinya mereka dipercaya menjadi kepala sekolah.

Mendikbud mengatakan, pihaknya memberikan posisi sebagai pimpinan, dalam hal ini kepala sekolah dan pengawas untuk dapat membuktikan dan mendorong gerakan transformasi pendidikan.

Banyak dari guru penggerak masih muda, tetapi mereka telah berhasil mengikuti pendidikan.

Baca Juga: Intip Ramalan Zodiak 27 November 2022, Berhenti Berdebat Kamu Pemenangnya

Dalam kurun waktu sembilan bulan, semua tantangan yang membentuk karakter dan meningkatkan jiwa kepemimpinan berhasil diatasi.

Ia menambahkan, seorang pemimpin harus berani mencoba melakukan perubahan layaknya seorang guru mengemudi. Sehingga diharapkan himbauan ini dapat dilaksanakan untuk kemajuan pendidikan di Indonesia.

Pada kesempatan tersebut Mendikbud juga memberikan sejumlah motivasi terkait kemampuan kepemimpinan. Mendikbud mengatakan jangan takut menjadi pemimpin di usia muda. Jika gagal, Anda harus terus mencoba lagi dan melakukan perubahan bersama.

Baca Juga: Ingat! Jangan Terlalu Menuntut Fisik Saat Bekerja, Ramalan Zodiak 27 November 2022

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Sumbar, Barlius, menanggapi pernyataan Mendikbud dalam Dialog Mobilisasi.

Dalam keterangannya Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan menyambut baik seruan Mendikbud untuk dapat menjadikan Guru Aktivis diprioritaskan menjadi Kepala Sekolah atau Pengawas Sekolah.

Dalam dialognya, ia menyampaikan bahwa mobilisasi guru memang diprioritaskan untuk menjadi calon kepala sekolah dan pengawas sekolah, namun masih menunggu giliran untuk dilantik.

Baca Juga: Prodi Ilmu Pemerintahan Unwira Adakan Kegiatan LKMM

“Untuk rekrutmen kepala sekolah, kami akan terus melakukan perekrutan calon guru mengemudi.” Barlius menjelaskan

Lebih lanjut, Barlius memberikan keterangannya
karena calon kepala sekolah sekarang sudah punya NUKS dulu, tanpa mengurangi arti mobilisasi guru, itu yang akan kita prioritaskan. Nanti jadi guru mengemudi.

Baca Juga: Misteri Mobil Goyang Sendirian di NTT, Ternyata Ini yang Terjadi, Perekam Kaget Sebut Begini

Demikian informasi Penggerak Guru Bersiap Menjadi Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah Tahun 2023, semoga bermanfaat.

Sumber: Naikpangkat.com

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad