PusatDapodik
Home Berita Setelah Mahasiswa Membaca Buku Materi Pokok (BMP) ISIP4112 Modul 8 dan Materi…

Setelah Mahasiswa Membaca Buku Materi Pokok (BMP) ISIP4112 Modul 8 dan Materi…

pexels ivan samkov 5676679 11zon 1297188259

pusatdapodik.com – Berikut artikel yang membahas tentang kunci jawaban dari soal-soal tersebut. Setelah siswa membaca Buku Materi Dasar (BMP) Modul 8 ISIP4112 dan materi pada halaman tutorial online ini, diharapkan siswa dapat mengerjakan sesi diskusi 8 berikutnya.

Setelah siswa membaca Buku Materi Dasar (BMP) Modul 8 ISIP4112 dan materi pada halaman tutorial online ini, diharapkan siswa dapat mengerjakan pembahasan sesi 8 selanjutnya yang dibuat sebagai referensi untuk teman dalam menjalankan tugasnya.

Teman-teman, kalian bisa mengerjakan tugas ini secara mandiri terlebih dahulu sebelum melihat kunci jawaban soal. Setelah siswa membaca Buku Materi Dasar (BMP) Modul 8 ISIP4112 dan materi pada halaman tutorial online ini, diharapkan siswa dapat mengerjakan pembahasan sesi 8 berikutnya.

Baca Juga: JAWABAN Kesimpulan Asli: Tidak diragukan lagi, Ini adalah Proposisi Menarik untuk Melihat Mesin Menggantikan Kecerdasan Manusia

Artikel ini bertujuan untuk memberikan jawaban atas pertanyaan terkait.

Dikutip pusatdapodik.com, inilah kunci jawaban dari pertanyaan tersebut. Setelah siswa membaca Buku Materi Dasar (BMP) Modul 8 ISIP4112 dan materi pada halaman tutorial online ini, diharapkan siswa dapat mengerjakan pembahasan sesi 8 berikutnya.

Pertanyaan:

Setelah siswa membaca Buku Materi Dasar (BMP) Modul 8 ISIP4112 dan materi pada halaman tutorial online ini, diharapkan siswa dapat mengerjakan Pembahasan Sesi 8 berikutnya.

Jika diketahui probabilitas marginal untuk mengkonsumsi adalah 0,8 dan dana yang tersedia adalah 2 milyar. Seberapa besar permintaan agregat jika pemerintah melakukan hal tersebut

Pembelian barang dan jasa.
Kenaikan gaji karyawan
pembayaran transfer

Menjawab:

Untuk menghitung dampak perubahan permintaan agregat akibat ketiga peristiwa tersebut, kita dapat menggunakan konsep pengganda. Pengganda mengukur seberapa besar dampak perubahan belanja suatu sektor terhadap perubahan pendapatan nasional. Rumus pengganda umumnya adalah:

Pengganda = 1 / 1 – Kecenderungan Mengkonsumsi Marginal (MPC)

Dalam hal ini, MPC adalah probabilitas konsumsi marjinal, yang diberikan sebesar 0,8. Dengan memasukkan nilai MPC ke dalam rumus, kita dapat menghitung nilai pengali:

Pengganda = 1 / 1 − 0,8 = 1 / 0,2 = 5

Dengan mengetahui nilai pengganda, kita dapat menghitung dampak perubahan permintaan agregat akibat perubahan belanja pemerintah atau belanja lainnya. Mari kita hitung dampaknya untuk setiap skenario:

1. Pembelian Barang dan Jasa oleh Pemerintah

Apabila pemerintah melakukan pembelian barang dan jasa sebesar 2 miliar maka dampak terhadap permintaan agregat dapat dihitung sebagai berikut:

Dampak terhadap Permintaan Agregat = Perubahan Pengeluaran × Pengganda

Dampak terhadap Permintaan Agregat = 2 miliar × 5 = 10 miliar

2. Kenaikan Gaji Pegawai

Jika terjadi kenaikan gaji pegawai, hal ini juga akan meningkatkan pengeluaran konsumsi masyarakat. Jika kita asumsikan seluruh kenaikan gaji digunakan untuk konsumsi dan MPC tetap 0,8, maka dampaknya terhadap permintaan agregat adalah:

Dampak terhadap Permintaan Agregat = Perubahan Pengeluaran × Pengganda

Dampak terhadap Permintaan Agregat = 2 miliar × 0,8 × 5 = 8 miliar

3. Pembayaran Transfer

Pembayaran transfer juga akan meningkatkan pengeluaran konsumsi masyarakat. Jika seluruh pembayaran transfer digunakan untuk konsumsi dan MPC tetap 0,8, maka dampaknya terhadap permintaan agregat adalah:

Dampak terhadap Permintaan Agregat = Perubahan Pengeluaran × Pengganda

Dampak terhadap Permintaan Agregat = 2 miliar × 0,8 × 5 = 8 miliar

Jadi, dengan asumsi MPC tetap dan menggunakan nilai pengganda, kita dapat memperkirakan dampak perubahan permintaan agregat akibat perubahan ketiga skenario yang disebutkan di atas.

Demikianlah artikel jawaban dari pertanyaan setelah siswa membaca Buku Materi Dasar (BMP) Modul 8 ISIP4112 dan materi pada halaman tutorial online ini. Diharapkan mahasiswa mampu mengerjakan Pembahasan Sesi 8 berikut ini.

Semoga artikel ini bermanfaat dan memberikan gambaran yang jelas. **

Comment
Share:

Ad