KIP-K. Program – Kartu Indonesia Pintar (KIP) Perguruan Tinggi merupakan salah satu kebijakan pemerintah melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) dalam upaya membantu mahasiswa yang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi namun terkendala biaya.

Pendaftaran program KIP-K perguruan tinggi dibuka untuk jalur SNMPTN, SBMPTN, dan Ujian Mandiri. Kebijakan tersebut disampaikan langsung oleh Kepala Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik), Abdul Kahar.

“Jadi siswa bisa mulai mendaftar melalui jalur SNMPTN, kalau tidak masuk bisa memilih SBMPTN. Kemudian kalau tidak lolos di dua jalur bisa ikut KIP-K mandiri, baik PTN maupun PTS,” ujarnya dalam webinar UKM: Meraih Mimpi Bersama Ceramah KIP dan Beasiswa Pendidikan Indonesia yang disiarkan melalui kanal Youtube Kemendikbud RI, Kamis (29/29). 9/2022).

Ia juga mengatakan, pendaftaran program KIP-K sebenarnya dibuka sepanjang tahun. Namun, banyak siswa yang terlambat menerima informasi terkait pendaftaran program KIP-K. Begitu banyak siswa yang mendaftar KIP-K. program saat pendaftaran dibuka melalui jalur mandiri.

“Pada dasarnya pembukaan program KIP Kuliah sama secara reguler, mulai awal tahun hingga sekarang kami buka 24 jam penuh. Asalkan KIP Kuliah lama bisa diakses,” jelas Abdul Kahar.

Pendaftaran Kuliah KIP tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya

Lebih lanjut Abdul Kahar menjelaskan, mekanisme pendaftaran program Kuliah KIP tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, hal ini disebabkan semakin banyaknya peminat yang mendaftar program ini.

“Walaupun mungkin ada penambahan kuota dan lain sebagainya, tapi peminatnya meningkat sehingga teman-teman di perguruan tinggi saat ini sedang mempersempit kriteria untuk diterima karena pendaftarnya banyak sekali,” kata Abdul Kahar.

Menurutnya, perguruan tinggi dapat lebih menentukan siapa yang berhak dan siapa yang tidak mendapatkan bantuan pendidikan melalui program KIP Kuliah. Apalagi peminat KIP College semakin kompetitif di tahun 2022.

“Karena mungkin ada 1.000 pendaftar tapi kuota hanya 500, jadi wajar saja mencari 500 terbaik bukanlah pekerjaan mudah,” imbuhnya.

Halaman selanjutnya

Jumlah pendaftar KIP-K di Unissula bertambah dua kali lipat

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *