sistem saraf pusat
Ilustrasi oleh dribbble.com

Sistem saraf pusat adalah salah satu bagian dari sistem saraf pada manusia yang memegang semua kendali dan pengaturan kerja sistem saraf sampai ke sel-sel saraf.

Bagian-bagian dari sistem saraf ini adalah otak besar, otak kecil, sumsum tulang belakang dan sumsum tulang belakang.

Pengertian Sistem Saraf Pusat

Sistem saraf pusat (SSP) adalah bagian dari sistem saraf yang mengoordinasikan aktivitas semua bagian tubuh hewan bilaterian—yaitu, semua hewan multisel kecuali spons simetris radial dan hewan seperti ubur-ubur.

Bersama dengan sistem saraf perifer ia memiliki peran mendasar dalam pengendalian perilaku. SSP terdapat di rongga dorsal, dengan otak di rongga tengkorak dan tulang belakang di rongga tulang belakang.

Otak dilindungi oleh tengkorak, sedangkan sumsum tulang belakang dilindungi oleh tulang belakang.

Struktur Sistem Saraf Pusat

Struktur Sistem Saraf pada Manusia - Kelas Cerdas

1. Otak

Otak adalah organ terpenting tubuh manusia yang tersusun dari jutaan sel saraf. Permukaan otak manusia bermacam-macam, membuat otak manusia mampu menyimpan lebih banyak neuron daripada otak kebanyakan hewan yang permukaannya halus.

Otak manusia terdiri dari 3 bagian, yaitu otak depan, otak tengah, dan otak belakang. Berikut penjelasannya:

A. Otak Besar (Otak Besar)

√ Fungsi Otak Besar (Otak Besar), Pengertian dan Strukturnya

Merupakan bagian dari sistem saraf yang berisi cairan serebrospinal yang ada disekitarnya yang berguna untuk menyediakan makanan bagi otak dan dapat melindunginya dari shock. Di dalam otak besar juga terdapat banyak pembuluh darah yang dapat berguna untuk menyuplai oksigen.

Otak kecil mampu memformulasikan segala aktivitas yang kompleks, seperti saat belajar, bermain, atau berpikir. Saat membaca suatu topik atau bahan pelajaran, misalnya, otak kecillah yang menentukan informasi apa yang penting dan harus diingat.

Selain itu, otak besar juga mengatur emosi manusia. Otak besar terdiri dari dua belahan, yaitu belahan otak kanan dan belahan otak kiri. Kedua belahan ini memiliki peran penting dalam proses belajar kita.

Belahan kanan memiliki kemampuan untuk memecahkan masalah visual, sedangkan belahan kiri bekerja lebih rasional dan analitis.

B. Otak kecil

sistem saraf pusat

Pada bagian ini berfungsi sebagai pusat koordinasi gerakan antar otot yang terjadi secara sadar, seimbang dan posisi tubuh. Dengan kata lain, cerebellum merupakan pusat keseimbangan tubuh.

Pada bagian otak belakang ini juga terdapat yang disebut dengan varoli pons atau jembatan varol. Pons varoli bertanggung jawab untuk menghubungkan atau melakukan impuls bolak-balik dari sisi kanan dan kiri otak.

c. Thalamus dan Hipotalamus

Talamus dan Hipotalamus, Pengertian Lengkap Beserta Fungsinya

Talamus adalah bagian otak yang menjadi penerima informasi sensorik dari alat indera yang diteruskan ke otak besar. Dari otak besar, informasi yang diterjemahkan akan masuk ke talamus terlebih dahulu sebelum keluar dari otak untuk disampaikan ke organ yang dituju.

Sedangkan hipotalamus adalah bagian otak yang menjadi pusat homeostatis atau pengaturan lingkungan dalam tubuh kita. Hipotalamuslah yang dapat mengatur suhu tubuh Anda agar tetap stabil.

D. Mesencephalon (Otak Tengah)

Otak Tengah - Definisi, Fungsi, Struktur, Tahapan, Abnormalitas

Otak tengah, yang biasa disebut mesencephalon, diposisikan sejajar dan lebih dekat dengan mata dan telinga. Karena kedua organ indera lebih dekat satu sama lain, tugas mesensefalon berhubungan dengan pendengaran dan penglihatan kita.

Mesencephalon mampu menerjemahkan informasi suara dari kedua telinga, meskipun pusat penglihatan di otak adalah otak besar, tetapi mesencephalon ini juga memiliki refleks tangan.

Misalnya, ketika ada debu yang mengganggu atau ada cahaya yang menyilaukan mata, mesencephalon inilah yang secara tidak sadar Anda punya tugas untuk menutup mata.

2. Sumsum tulang belakang

sistem saraf pusat

Sumsum tulang belakang terhubung ke otak. Bagian pangkal disebut sumsum lanjutan atau medula oblongata, dan bagian yang memanjang di dalam rongga tulang belakang disebut sumsum tulang belakang yang berfungsi menghubungkan rangsangan dari dan ke otak.

Bagian ini berfungsi sebagai pusat refleks, karena di sumsum tulang belakang terdapat saraf sensorik, motorik, dan penghubung. Fungsi saraf ini adalah menghantarkan impuls dari otak.

3. Sumsum Lanjutan

sistem saraf pusat

Bagian ini berfungsi untuk mengatur suhu tubuh, mengontrol muntah dan mengatur beberapa gerakan reflek seperti batuk, bersin dan berkedip dan selain itu sumsum ini juga berfungsi sebagai pusat pernafasan.

Nah, itulah pembahasan tentang Sistem Saraf Pusat beserta struktur, fungsi dan penjelasannya. Semoga bermanfaat!

Referensi:

  • Pahamify.com
  • Dosendik.co.id

saintif.com

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *