Table of contents: [Hide] [Show]

Dalam suatu kegiatan ekonomi diperlukan sumber daya ekonomi yang memadai, sehingga dapat digunakan sebagai modal dasar pembangunan ekonomi. Sumber daya dalam perekonomian sendiri terbagi menjadi tiga, yaitu sumber daya alam, sumber daya modal, dan sumber daya manusia.

Sumber daya ekonomi adalah segala bentuk sumber daya yang dimiliki dalam bentuk barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan manusia.

Nah, pada materi kali ini kita akan membahas tentang sumber daya modal, mengingat modal merupakan salah satu unsur penting dalam perekonomian. Tanpa modal, pengusaha akan kesulitan dalam menjalankan kegiatan ekonominya.

Sumber daya modal adalah berbagai barang buatan manusia yang dapat digunakan untuk memproduksi barang dan jasa. Modal dapat berupa tanah, uang, peralatan, perlengkapan, mesin, dan bangunan (gedung).

Jenis Sumber Daya Modal

Oleh pemilik

  • modal individu; modal individu atau swasta. Misalnya gedung, uang, kios dan toko.
  • Modal masyarakat; modal publik untuk kepentingan rakyat (publik). Misalnya jalan, jembatan dan pasar.

Baca juga : Mengenal Klasifikasi Sumber Daya Alam

Secara alami

  • Modal tetap; modal tahan lama, dapat digunakan lebih dari satu kali dalam proses produksi. Misalnya bangunan, kendaraan, dan mesin.
  • Modal saat ini; modal habis pakai, digunakan hanya untuk satu proses produksi. Misalnya, kertas, cat tembok, bahan bakar, dan bahan baku industri. Dengan kemajuan teknologi, sejumlah bahan baku industri dapat didaur ulang sehingga dapat digunakan kembali dalam proses produksi.

Berdasarkan Bentuk

  • Modal uang; modal berupa dana atau alat pembayaran. Misalnya, uang untuk menyewa gedung, membeli perlengkapan kantor, mesin, dan bahan baku industri.
  • modal barang; modal berupa benda-benda yang digunakan untuk menghasilkan barang dan jasa. Misalnya, mesin fotokopi, peralatan pembuat furnitur, dan alat gambar arsitek.

Berdasarkan Wujud

  • Modal konkrit; modal dalam bentuk yang jelas, nyata, dan kasat mata. Misalnya, uang, mesin, kendaraan, dan bangunan.
  • Modal abstrak; modal tidak berwujud tetapi manfaatnya dapat dirasakan. Misalnya, merek dagang dan hak cipta.

Berdasarkan Sumber

  • Ekuitas pemilik; modal sendiri atau modal yang berasal dari sendiri. Misalnya, saham, tabungan, dan deposito.
  • Modal pinjaman; modal yang diperoleh dari pihak lain. Misalnya pinjaman kredit dari bank atau investor.
Ikuti dan sukai kami:

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *