PusatDapodik
Home Berita Healing Sumber Koso Ngawi, Objek Wisata Alam Eksotis di Lereng Gunung Lawu

Sumber Koso Ngawi, Objek Wisata Alam Eksotis di Lereng Gunung Lawu

1696539588 428 Sumber Koso Ngawi Objek Wisata Alam Eksotis di Lereng Gunung

Sumber Koso merupakan sebuah tempat wisata alam eksotik yang terletak di Kabupaten Ngawi. Menyajikan tempat rekreasi sekaligus bumi perkemahan yang terletak di salah satu sisi lereng Gunung Lawu. Pesona pemandangan alam yang indah, udara yang sejuk dan lingkungan yang sangat terawat.

sumber wisata alam koso
sumber wisata alam koso. peta google. sumber : selamat tinggal

Wisata Alam Sumber Koso merupakan milik Desa yang dikelola oleh Pokdarwis. Kelompok ini mempunyai peran dan kontribusi penting dalam pengelolaan objek wisata ini. Terletak di lereng Gunung Lawu dan memiliki sumber air yang melimpah.

Potensi sumber air yang melimpah tersebut berhasil disulap oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) setempat menjadi sebuah tempat wisata yang menarik dan mempesona. Kawasan wisata ini juga merupakan sumber air yang menjadi sumber kehidupan warga sekitar.

Daya tarik utama dari objek wisata ini tentu saja adalah sumber airnya. Terdapat kolam air jernih yang menampung mata air melimpah. Di dalam kolam terdapat puluhan ikan koi warna warni. Suasana alamnya sangat asri, udaranya sejuk, cocok untuk liburan bersama keluarga.

Wisatawan akan disuguhkan deretan hutan pinus. Lalu ada taman dengan berbagai tanaman hias dan rerumputan hijau. Lahan di sekitar lokasi dibuat alami sehingga menambah asrinya suasana alam pegunungan.

Tersedia berbagai aktivitas outdoor seru dan menarik. Permainan seru seperti jembatan gantung, arena flying fox dan lain sebagainya. Spot lain di sini adalah area berkemah. Pengunjung bisa bermalam dalam indahnya suasana alam pegunungan.

Alamat Sumber Koso

  • Desa Girikerto, Kecamatan Sine, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur 63264.

Jam buka

  • Buka setiap hari. 08.00 WIB – 17.00 WIB.

Harga tiket masuk

  • Harga tiket masuk Rp. 5.000,-
  • Parkir Sepeda Motor Rp. 2.000,-
  • Parkir Mobil Rp.5.000,,-

Rute Menuju Sumber Koso

Objek wisata ini berada di lereng Gunung Lawu. Untuk menuju tempat ini anda membutuhkan waktu sekitar 15 menit perjalanan dari Kecamatan Jogorogo yang terhubung dengan Magetan. Anda juga bisa mengakses tempat rekreasi ini dari berbagai jalur lain seperti Kecamatan Mantingan.

Jalur ini juga terhubung dengan jalan utama Yogyakarta-Surabaya. Lokasi wisata ini bisa dijangkau dari berbagai arah, termasuk dari Yogyakarta.

Angkutan

Akses jalan utama menuju objek wisata Sumber Koso sangat mudah diakses oleh semua kendaraan. Untuk menuju lokasi wisata Sumber Koso, wisatawan dapat menempuh perjalanan dengan kendaraan pribadi seperti sepeda motor atau mobil.

Ada apa di Sumber Koso

Wisata Sumber Koso
Wisata Sumber Koso. peta google. sumber : Pengendara SFU

Objek wisata alam yang eksotik ini mempunyai daya tarik tersendiri. Menyediakan berbagai aktivitas outdoor yang seru dan menarik. Pemandangan alam yang menakjubkan, suasana asri dan udara sejuk.

Kolam Sumber Air Jernih

Keistimewaan utama tempat wisata ini tentu saja adalah sumber airnya. Di sana terdapat kolam untuk menampung luapan mata air. yang sangat jelas.

kolam sumber air jernih
kolam sumber air jernih. peta google. sumber : Muhammad Ridwandana
naik perahu bebek
naik perahu bebek. peta google. sumber : Kharis Setiawan

Air di kolam ini sangat jernih dan menjadi habitat puluhan bahkan mungkin ratusan ikan koi warna-warni. Wisatawan yang berkunjung bisa memberi makan ikan dengan makanan yang tersedia. Kolam ini juga digunakan untuk wahana air perahu bebek.

Menikmati pemandangan alam yang indah

suasana sejuk dan asri di objek wisata Sumber Koso
suasana sejuk dan asri di objek wisata Sumber Koso. peta google. sumber : Firgian Yonisatmajani

Objek wisata alam ini juga menyuguhkan indahnya suasana alam Gunung Lawu. Udara pegunungan yang dingin menyegarkan dengan pepohonan pinus yang rindang.

Wahana Permainan yang Seru

outbond di Sumber Koso
outbond di Sumber Koso. peta google. sumber : Anak laki-laki

Wisata Sumber Koso juga menyediakan kegiatan outbound yang seru dan menarik. Ibarat jembatan gantung antar pepohonan, dijamin menambah keseruan. Lalu ada pula arena Flying Fox di sekitar lokasi.

area bermain di Sumber Koso
area bermain di Sumber Koso. peta google. sumber : Eko Yulianto

Untuk keamanan, berbagai wahana di sini memenuhi standar. Ada pula petugas yang mengawasi pengunjung saat bermain di wahana. Biasanya setiap akhir pekan, tempat ini akan ramai dikunjungi peserta outbond dari luar kota.

Perkemahan Daerah

berkemah di sumber koso
berkemah di sumber koso. peta google. sumber: Alief F

Aktivitas lain yang tak kalah serunya adalah area berkemah. Pengunjung bisa mendirikan tenda dan menikmati malam dalam indahnya suasana alam Gunung Lawu.

Berburu Foto

berfoto selfie di sumber koso
berfoto selfie di sumber koso. peta google. sumber : Kepada Riza

Salah satu kegiatan yang tidak boleh dilupakan saat berkunjung ke tempat wisata adalah sesi foto bersama. Di sini kamu bisa menemukan banyak sekali spot foto yang instagrammable. Selain di taman bunga, Anda bisa mengabadikan momen di berbagai sudut lainnya.

ambil foto di sumber koso
ambil foto di sumber koso. peta google. sumber : Wahyu Driyanto

Fasilitas Sumber Koso

Berikut ini adalah sarana dan prasarana umum yang tersedia di Sumber Koso Ngawi.

  • Area parkir yang luas
  • Gazebo
  • Area Perkemahan
  • Membersihkan toilet umum
  • Kursi
  • Taman yang Indah
  • Toko Restoran
  • Musholla
  • Wahana
  • Spot foto dan lain-lain.

Hotel di Sekitar Sumber Koso

Hotel, villa atau akomodasi di sekitar Sumber Koso Ngawi.

  • De Villa Cetho
    Berjarak 5,6 km dari Wisata Sumber Koso.
    De Villa Cetho Dusun Ceto RT 03 RW 03 Desa Cetho, Gumeng, Kec. Jenawi, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah 57794. 0812-1624-4384.
  • bukit kecil
    Berjarak 6 km dari Wisata Sumber Koso.
    Gumeng, Kecamatan. Jenawi, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah 57794. 0813-2859-9567.

Tempat Wisata Di Sekitar Sumber Koso

Video Sumber Koso

Berikut Video Wisata Sumber Koso yang dikutip dari channel tersebut: RESMI SAKTI TV

Penutupan

Wisata Alam Sumber Koso merupakan tempat yang tepat untuk berlibur. Objek wisata alam ini menjadi salah satu destinasi wisata favorit wisatawan yang datang ke Ngawi. Tempat ini selalu ramai pengunjung terutama di akhir pekan dan hari libur.

www.nativeindonesia.com

Comment
Share:

Ad