PusatDapodik
Home Guru Pembelajaran Syarat Ikut Seleksi Kartu Prakerja Gelombang 47 di Link Resmi www.prakerja.go.id

Syarat Ikut Seleksi Kartu Prakerja Gelombang 47 di Link Resmi www.prakerja.go.id

daftar kartu prakerja

Syarat Ikut Seleksi Kartu Prakerja Gelombang 47 di Link Resmi www.prakerja.go.id. Informasi kapan pembukaan pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 47 saat ini tengah dicari oleh netizen dan masyarakat di internet. Informasi terakhir yang didapat melalui akun Instagram resmi Kartu Prakerja di @prakerja.go.id adalah pengumuman hasil seleksi peserta Kartu Prakerja Gelombang 46 pada 7 Oktober kemarin.

Simak informasi kapan pembukaan pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 47 dibuka dan syarat ikut seleksi di link resmi di www.prakerja.go.id. Hal tersebut karena biasanya pembukaan Kartu Prakerja dibuka satu minggu setelah adanya pengumuman hasil seleksi lolos peserta.

Hingga artikel ini diturunkan, belum ada informasi resmi mengenai kapan pembukaan pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 47 secara jelas.

Menilik gelombang sebelumnya, diprediksikan pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 47 akan dibuka pada Senin, 17 Oktober 2022 mendatang.

Meski begitu, calon peserta tetap harus diperiksa secara langsung di akun Instagram resmi di @prakerja.go.id agar bisa mendapat informasi secara valid.

Sementara itu, pihak Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja terus memberikan inovasi untuk menyebarkan bantuan dengan menggunakan teknologi cloud secara menyeluruh dan masif.

“Sebagai ‘startup’ pertama milik pemerintah, Program Kartu Prakerja menggunakan teknologi yang sebenarnya biasa digunakan oleh perusahaan startup besar atau kecil,” papar Hengki Sihombing pada Senin, 10 Oktober kemarin.

Lebih lanjut, Hengki juga tidak ingin program Kartu Prakerja kalah dari segi inovasi baik secara global maupun di Indonesia sendiri.

“Kita tak mau kalah dan tertinggal dengan inovasi yang ada di dunia, khususnya inovasi yang dilakukan teman-teman kita di swasta,”.

Syarat Ikut Seleksi Kartu Prakerja Gelombang 47 di Link Resmi www.prakerja.go.id

Sebagai informasi, Kartu Prakerja adalah program semi bansos yang diberikan sejak 2020 kepada angkatan kerja yang memerlukan bantuan pelatihan kemampuan dan keterampilan.

Agar program Kartu Prakerja dapat disalurkan dengan baik kepada pekerja yang membutuhkan, terdapat syarat dan kriteria yang harus dipenuhi oleh calon peserta.

Berikut merupakan syarat calon peserta Kartu Prakerja Gelombang 47 untuk mendaftar sebagai penerima bantuan peningkatan kemampuan dan keterampilan:

– Warga Negara Indonesia berumur 18-60 tahun yang sudah memiliki KTP

– Diperuntukkan bagi Angkatan Kerja yang tidak sedang mengikuti pendidikan formal

– Pekerja/buruh yang terkena PHK, atau pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja, atau sedang mencari kerja

– Bukan penerima bantuan sosial lainnya seperti PKH, BPNT, BSU, BLT BBM, dan lainnya.

– Bukan pejabat negara, Anggota DPRD, ASN, TNI, Polri, pegawai BUMN/BUMD dan Kepala desa serta perangkat desa.

– Maksimal 2 NIK (Nomor Induk Kependudukan) dalam 1 KK (Kartu Keluarga) dalam penerima Kartu Prakerja

Syarat Ikut Seleksi Kartu Prakerja Gelombang 47 di Link Resmi www.prakerja.go.id

Jika calon peserta sudah mendapat informasi yang valid mengenai kapan pembukaan pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 47, berikut adalah cara daftar untuk ikut seleksi menerima bantuan pelatihan keterampilan dan kemampuan dari pemerintah:

– Buka laman prakerja.go.id melalui HP atau Komputer secara online

– Klik menu “Daftar” dan lakukan verifikasi data mulai dari dokumen KTP, KK, tanggal lahir, dan identitas lain yang dibutuhkan oleh laman prakerja.go.id

– melakukan pengisian identitas dan dokumen secara lengkap seperti jenis kelamin, nama ibu kandung, status kerja, kategori pekerjaan, hingga status pekerjaan dan topik pelatihan yang akan dipilih

– Unggah foto KTP dan swafoto sesuai ketetapan yang sudah diberikan melalui laman prakerja.go.id lalu klik “Kirim Foto”

– Setelah pengungkit data, kirim kode OTP yang telah dikirimkan ke dalam SMS di nomor yang teregistrasi

– Ikuti tes motivasi dan TKD (Tes Kemampuan Dasar) dengan mengklik opsi “Mulai Tes” dan kerjakan soal sesuai dengan kemampuan masing-masing berdasarkan jadwal yang diberikan.

– Setelah selesai mengisi tes, pilih gelombang yang sesuai dengan domisili Anda, lalu klik “Gabung”

– Jika proses pengisian telah berhasil, klik “Saya Menyetujui” sebagai tahap terakhir pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 47

Demikian informasi kapan pembukaan pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 47 dibuka dan syarat ikut seleksi di link resmi di www.prakerja.go.id

Comment
Share:

Ad