PusatDapodik
Home Guru Kepegawaian Telah Dibuka! Pengumuman Seleksi PPPK Kominfo Tahun Anggaran 2022, Cek Syarat dan Jadwal Pendaftarannya Berikut

Telah Dibuka! Pengumuman Seleksi PPPK Kominfo Tahun Anggaran 2022, Cek Syarat dan Jadwal Pendaftarannya Berikut

Berikut Cara Memilih Formasi Untuk Pelamar Umum PPPK Guru 2022.webp

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah menerbitkan Pengumuman Nomor 1978/SJ/KP.03.01/12/2022 tentang Seleksi PPPK Kominfo Tahun Anggaran 2022.

Berdasarkan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 418 Tahun 2022 tanggal 7 September 2022 tentang Penetapan Kebutuhan Pegawai Aparatur Sipil Negara di Lingkungan Kementerian Komunikasi dan Informatika Tahun Anggaran 2022, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Republik Indonesia membuka kesempatan bagi Warga Negara Indonesia untuk bergabung menjadi pegawai Aparatur Sipil Negara yang akan ditempatkan di lingkungan Kementerian Komunikasi dan Informatika dengan Kualifikasi Pendidikan dan Jabatan yang tertuang dalam pengumuman ini.

Unit Kerja Mendapatkan Alokasi Formasi

  1. Sekretariat Jenderal
  2. Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika
  3. Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika
  4. Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika
  5. Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik
  6. Inspektorat Jenderal
  7. Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia
  8. Lembaga Penyiaran Radio Publik Republik Indonesia (LPP RRI)
  9. Lembaga Penyiaran Publik Televisi Republik Indonesia (LPP TVRI)

Syarat dan Ketentuan Seleksi Pelamar PPPK Kominfo Tahun Anggaran 2022

  1. Warga negara Indonesia yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia dan taat kepada Pancasila, UUD 1945, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia serta pemerintah yang sah.
  2. Usia minimum adalah 20 (dua puluh) tahun dan maksimum 1 (satu) tahun sebelum batas usia tertentu untuk jabatan yang dilamar sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.
  3. Tidak pernah dipidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana dengan pidana penjara 2 (dua) tahun atau lebih.
  4. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat atas permintaan sendiri atau diberhentikan dengan tidak hormat sebagai Pegawai Negeri Sipil, PPPK, Prajurit TNI, anggota Polri, atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta.
  5. Tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik atau terlibat dalam politik praktis.
  6. Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan jabatan, dengan kriteria sebagai berikut:
  7. pendaftar lulusan perguruan tinggi dalam negeri memiliki ijazah dari perguruan tinggi dan/atau program studi dalam negeri yang terakreditasi di Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi dan/atau Pusat Pendidikan Tenaga Kesehatan/Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan pada saat lulus yang dibuktikan dengan tanggal kelulusan yang dikonfirmasi tertulis di ijazah; dan
  8. pelamar lulusan pendidikan tinggi luar negeri memiliki ijazah yang telah disetarakan oleh kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pendidikan, kebudayaan, ilmu pengetahuan, dan teknologi.
  9. Memiliki kompetensi yang dibuktikan dengan sertifikat keahlian tertentu yang masih berlaku dari lembaga profesi yang berwenang untuk jabatan yang membutuhkannya.
  10. Sehat jasmani dan rohani sesuai persyaratan jabatan yang dilamar (surat keterangan sehat jasmani dan surat keterangan sehat rohani dari Rumah Sakit Pemerintah yang masih berlaku harus dilengkapi setelah peserta dinyatakan lulus dalam pengumuman kelulusan akhir).
  11. Tidak memiliki ketergantungan terhadap narkotika dan obat-obatan terlarang atau sejenisnya (Surat Keterangan bebas narkoba/narkoba yang masih berlaku, dari Rumah Sakit Pemerintah atau pihak yang berwenang menerbitkan harus dilengkapi setelah peserta dinyatakan lulus pada pengumuman kelulusan akhir ).
  12. Memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) sebagai berikut (Surat Keterangan Lulus atau SKL tidak diperkenankan):
  13. D-III, D-IV, S-1 : 2,75 (dua koma tujuh puluh lima)
  14. Magister (S-2), Doktor (S-3) : 3,20 (tiga koma dua puluh)
  15. Diutamakan memiliki pengalaman kerja di bidang yang relevan dengan jabatan fungsional yang dilamar dengan ketentuan sebagai berikut:
  16. Minimal 2 (dua) tahun di bidang pekerjaan yang relevan dengan Jabatan Fungsional yang dilamar untuk tingkat pemula, terampil, dan ahli pertama;
  17. Sekurang-kurangnya 3 (tiga) tahun di bidang pekerjaan yang relevan dengan Jabatan Fungsional yang dilamar untuk tingkat ahli junior;
  18. Minimal 5 (lima) tahun pada bidang pekerjaan yang relevan dengan Jabatan Fungsional yang dilamar pada tingkat menengah.
  19. Khusus untuk jabatan fungsional:
  20. Asisten Ahli – Dosen penempatan SMA Multi Media (formasi Kemenkominfo nomor 86) harus memiliki pengalaman mengajar minimal 2 (dua) tahun di Perguruan Tinggi. Berdasarkan Keputusan Menteri PANRB Nomor: 970 Tahun 2022.
  21. Lektor – Dosen penempatan SMA Multi Media (formasi Kemenkominfo nomor 87) harus memiliki pengalaman mengajar di Perguruan Tinggi dengan ketentuan sebagai berikut:
  • Minimal 3 (tiga) tahun untuk kualifikasi pendidikan S-3 (Doktor); atau
  • Minimal 5 (lima) tahun untuk kualifikasi pendidikan S-2 (Magister). Berdasarkan Keputusan Menteri PANRB Nomor: 970 Tahun 2022.
  1. Pengalaman kerja sebagaimana dimaksud pada angka 11 dibuktikan dengan surat keterangan yang ditandatangani oleh:
  2. sekurang-kurangnya Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, bagi pelamar yang telah berpengalaman bekerja di instansi pemerintah; dan
  3. sekurang-kurangnya Direktur atau Kepala Divisi yang membidangi Sumber Daya Manusia, bagi pelamar yang memiliki pengalaman bekerja di perusahaan swasta/lembaga swadaya masyarakat/yayasan.
  4. Memiliki persyaratan tambahan dan sertifikat kompetensi sebagai nilai tambah mengacu pada Keputusan Menteri PANRB Nomor 970 Tahun 2022 tentang Persyaratan Tambahan Wajib dan Sertifikasi Kompetensi Sebagai Nilai Tambah Seleksi Kompetensi Dalam Pengadaan Pegawai Negeri Sipil Dengan Perjanjian Kerja Jabatan Fungsional Teknis.
  5. Untuk jabatan Lektor – Dosen: memiliki persyaratan wajib tambahan berupa artikel ilmiah yang diterbitkan pada jurnal nasional terakreditasi atau karya yang telah mendapat perlindungan hukum oleh negara (hibah) (total: 1);
  6. Untuk jabatan Pengelola Pengadaan Barang/Jasa: memiliki persyaratan wajib tambahan berupa sertifikat keahlian Pengadaan Barang/Jasa Basic Level/Level-1.
  7. Pemohon disabilitas dapat mengajukan permohonan pengadaan PPPK dengan ketentuan sebagai berikut:
  8. pelamar dapat melamar jabatan yang diinginkan apabila memiliki ijazah yang kualifikasi pendidikannya sesuai dengan persyaratan jabatan;
  9. pada saat melamar di SSCASN pelamar penyandang disabilitas harus menyatakan diri sebagai penyandang disabilitas, yang dibuktikan dengan:

1) dokumen/surat keterangan resmi dari rumah sakit/puskesmas pemerintah yang menyebutkan jenis dan derajat kecacatan; dan

2) video singkat yang menampilkan kegiatan sehari-hari dalam melakukan kegiatan sesuai dengan posisi yang akan dilamar.

Halaman selanjutnya

Tata Cara Pendaftaran Seleksi PPPK Kominfo Tahun Anggaran 2022


naikpangkat.com

Comment
Share:

Ad