Telat Bayar Shopee PayLater? Ini Besaran Denda dan Akibatnya

- Penulis

Minggu, 31 Desember 2023 - 01:28 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Denda dan Konsekuensi Telat Bayar Shopee PayLater Jangan Sampai Ini Terjadi

Denda dan Konsekuensi Telat Bayar Shopee PayLater Jangan Sampai Ini Terjadi

Keterlambatan pembayaran di Shopee PayLater memang membuat pikiran Anda resah. Mungkin Anda akan merasa takut kena denda, didatangi debt collector, dan pihak shopee menggugat lewat jalur hukum yang bisa berujung pada hukuman penjara.

Sebagai orang yang menggunakan jasa debit alias debitur, Anda memang harus mematuhi komitmen pinjam meminjam Anda sejak awal dengan kreditur mana pun, termasuk Shopee. Jika ada pihak yang melanggar tentu harus diberikan sanksi atau hukuman.

Lantas apakah Anda akan mendapat sanksi berat jika terlambat membayar Shopee PayLater? Jika Anda melarikan diri dan menghindari pembayaran, apakah Anda masih akan dikejar? Untuk mengetahui informasi lengkap mengenai masalah tersebut, simak penjelasannya di bawah ini.

Mengenal Layanan PayLater Shopee

Mengenal Layanan PayLater Shopee

Agar tidak terjadi kesalahpahaman, alangkah baiknya anda mengetahui terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan Shopee PayLater. Nah, shopee paylater sendiri merupakan layanan dari shopee yang bertujuan untuk memudahkan pengguna dalam membeli produk di shopee dengan cara mencicil.

Dengan layanan ini, pengguna tidak perlu membayar penuh atas barang yang dibeli saat itu. Pengguna bisa memilih beberapa tenor yang ditawarkan, mulai dari pembayaran bulan depan, cicilan 3 bulan, cicilan 6 bulan, hingga cicilan 12 bulan.

Mekanisme Penagihan Shopee PayLater

Mekanisme Penagihan Shopee PayLater

Sebelum membahas mengenai denda yang akan dikenakan, ada baiknya Anda mengetahui secara pasti mekanisme penagihan dari Shopee PayLater itu sendiri. Jadi, setiap pengguna melakukan transaksi dengan Shopee PayLater, maka datanya akan dikumpulkan terlebih dahulu.

Selanjutnya tagihan akan dicetak oleh Shopee PayLater pada tanggal yang ditentukan yaitu antara tanggal 1 atau setiap bulan. Jika tagihan sudah tercetak, maka pengguna harus segera membayar tagihan tersebut.

Nantinya pihak Shopee PayLater akan memberikan waktu hingga 10 hari, sehingga tanggal jatuh tempo cicilan adalah pada tanggal 5 atau 11 setiap bulannya. Jika pengguna tidak membayar tagihan pada tanggal tersebut, tentu akan dikenakan denda.

Jadi, setelah pengguna menyelesaikan pembayaran dengan melunasi tagihan Shopee PayLater, maka batas kredit akan dikembalikan seperti semula. Artinya, Anda dapat menggunakan limit tersebut untuk melakukan transaksi lain.

Denda Keterlambatan Pembayaran Shopee PayLater

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, pengguna akan dikenakan denda jika tidak membayar tagihannya hingga tanggal jatuh tempo, antara tanggal 5 atau 11. Lalu berapa denda yang akan dikenakan bagi mereka yang terlambat membayar?

Baca Juga :  Rektor dan 7 Dosen UMY Terima Sertifikat dan Medali ASEAN Eng

Perlu diketahui bahwa denda yang dikenakan oleh Shopee PayLater bukan per hari. Namun akan dikenakan biaya keterlambatan untuk keterlambatan 1 bulan, dengan biaya sebesar 5% dari total tagihan yang telah dicetak.

Misalnya Anda memiliki tagihan sebesar Rp 400.000 dan terjadi keterlambatan pembayaran. Jadi dendanya adalah 5% x Rp 400.000 = Rp 20.000. Jadi, Anda diharuskan membayar tagihan tersebut ditambah denda 5% yaitu Rp 420.000.

Akibat Tidak Membayar Shopee PayLater

Tidak hanya dikenakan denda atau denda keterlambatan, keterlambatan pembayaran di Shopee PayLater juga akan berdampak buruk pada akun Shopee Anda. Beberapa akibat yang akan diterima apabila melanggar perjanjian Shopee PayLater adalah sebagai berikut.

  • Pembatasan akan berlaku untuk voucher Shopee yang Anda miliki.
  • Shopee Paylater akan melakukan proses penagihan secara bertahap. Mulai dari chat, telepon, hingga penagihan langsung di tempat atau di lapangan.
  • Terdapat dampak terhadap peringkat kredit pengguna pada SLIK (Sistem Layanan Informasi Keuangan) OJK. Sehingga Anda akan mengalami kesulitan ketika ingin mengajukan pembiayaan lain seperti kredit perumahan rakyat, kredit usaha, dan lain sebagainya.

Untuk menghindari segala akibat keterlambatan bayar Shopee PayLater yang telah disebutkan sebelumnya, alangkah baiknya jika Anda tidak pernah terlambat membayar tagihan Shopee PayLater Anda. Jika Anda merasa tidak mampu membelinya, sebaiknya Anda tidak mengeluarkan uang lebih dari anggaran Anda.

Cara Membayar Shopee PayLater

Bagaimana cara membayar tagihan shopee PayLater yang terlambat dan dikenakan denda oleh pihak shopee? Bisa dibilang cara yang harus digunakan masih sama dengan pembayaran tagihan biasa, yakni seperti di bawah ini.

1. Buka aplikasiShopee

Langkah pertama yang perlu dilakukan tentunya adalah membuka aplikasi Shopee di ponsel Anda. Kemudian pastikan akun yang login adalah akun shopee anda yang memiliki tagihan shopee paylater.

2. Lihat dan periksa tagihan

Tahap selanjutnya adalah melihat dan mengecek biaya yang berlaku di Shopee PayLater. Tak hanya tagihan bulanan, Anda juga perlu mengecek denda yang dikenakan jika terlambat dengan cara berikut ini.

  • Ketuk pada menu SAYA yang ada di kanan bawah halaman utama aplikasi.
  • Setelah itu tekan menu Shopee Bayar Nanti yang terletak di bagian Dompetku.
  • Nanti akan muncul total tagihan Shopee PayLater Anda.
  • Ketuk tombolnya Periksa Detail Penagihan untuk melihat total tagihan dan denda lebih detail.
Baca Juga :  Download WA GB Tanpa Kadaluarsa Terbaru 2023 No Root (Asli)

3. Pilih metode pembayaran

Hal berikutnya yang perlu Anda lakukan adalah membayar tagihan yang diberikan. Pembayaran tagihan Shopee PayLater dapat dilakukan dengan beberapa metode. Nantinya Anda bisa menyesuaikan metode yang akan Anda gunakan untuk melunasi tagihan tersebut.

  • Jika sudah muncul detail tagihan Shopee PayLater, tap pada menu tersebut Bayar sekarang.
  • Kemudian Anda dapat memilih salah satu metode pembayaran yang akan dilakukan seperti transfer bank, ShopeePay, atau minimarket.
  • Perhatikan petunjuk pembayaran yang muncul di layar, dan lakukan pembayaran sesuai petunjuk tersebut.

Perlu diingatkan kembali, denda tidak bayar bulanan Shopee PayLater adalah 5%. Jadi semakin besar tagihan yang Anda miliki, maka semakin besar juga denda yang dikenakan. Selain itu, semakin lama Anda tidak membayar denda, maka semakin banyak pula denda yang Anda kumpulkan.

Akankah Debt Collector Datang Jika Anda Tidak Membayar Shopee PayLater?

Mungkin terlintas di benak Anda, apakah debt collector dari Shopee PayLater akan datang menagih kredit yang Anda buat? Apakah tagihan memang harus dibayar tepat waktu agar tidak didatangi DC Shopee PayLater?

Jadi seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, pihak shopee akan mengirimkan chat billing terlebih dahulu. Jika tagihan belum dibayar, mereka akan melakukan panggilan telepon ke nomor yang terdaftar.

Jika panggilan tersebut diabaikan, pihak Shopee akan menghubungi kontak darurat yang telah didaftarkan sebelumnya, seperti teman dan keluarga. Dan jika Anda tidak merespons dengan baik, maka DC akan mendatangi Anda untuk menagih pinjaman.

Jika Anda tidak ada di rumah saat proses penagihan, kemungkinan besar pihak Shopee akan melaporkan tindakan ini kepada pihak berwajib. Jadi bukan tidak mungkin Anda akan menjadi buronan, apalagi jumlah pinjamannya cukup besar.

Mungkin jika Anda terlambat membayar Shopee PayLater selama beberapa hari atau maksimal 1 bulan, mungkin denda yang dikenakan kepada Anda hanya seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Namun hal tersebut tetap tidak bisa dijadikan alasan untuk menghindari kewajiban membayar tagihan.

Baca juga:

Berita Terkait

Pasti dari Jokowi, Tahun Depan tidak Ada Perbedaan Antara PNS dan PPPK, Semua Akan Satu Nama Menjadi ASN
Sesuai Undang-undang, Guru-guru Dengan Kategori Berikut Berhak Mendapatkan Tunjangan dan Penghargaan Berikut
Guru PPPK Yang Sudah Mengabdi lebih Dari 2 Tahun Akan mendapatkan Tunjangan Dari nadiem Makarim
Berikut Daftar Instansi Pemerintah Yang Resmi Membuka Formasi CPNS dan PPPK Untuk Lulusan SMA/SMK
Selebgram Ambon Viral Lakukan Adegan Dewasa di Live Kontennya
Contoh Doa Penutup MPLS 2024 Dalam Bahasa Indonesia
Tenaga Honorer Yang Memiliki Sertifikat ini Berikut, Nantinya akan Langsung diangkat Menjadi PPPK
PPG Daljab yang di Undur Hingga 6 Bulan Kedepan, Membuat Banyak Guru Kecewa Dan Putus Asa
Berita ini 1 kali dibaca

Berita Terkait

Jumat, 19 Juli 2024 - 10:42 WIB

Pasti dari Jokowi, Tahun Depan tidak Ada Perbedaan Antara PNS dan PPPK, Semua Akan Satu Nama Menjadi ASN

Kamis, 18 Juli 2024 - 10:44 WIB

Sesuai Undang-undang, Guru-guru Dengan Kategori Berikut Berhak Mendapatkan Tunjangan dan Penghargaan Berikut

Rabu, 17 Juli 2024 - 13:34 WIB

Guru PPPK Yang Sudah Mengabdi lebih Dari 2 Tahun Akan mendapatkan Tunjangan Dari nadiem Makarim

Minggu, 14 Juli 2024 - 10:48 WIB

Berikut Daftar Instansi Pemerintah Yang Resmi Membuka Formasi CPNS dan PPPK Untuk Lulusan SMA/SMK

Sabtu, 13 Juli 2024 - 08:50 WIB

Selebgram Ambon Viral Lakukan Adegan Dewasa di Live Kontennya

Berita Terbaru