PusatDapodik
Home Guru Kepegawaian Tenaga Honorer Bisa Batal Diangkat Menjadi PNS Jika Pemerintah Tetapkan Hal Ini

Tenaga Honorer Bisa Batal Diangkat Menjadi PNS Jika Pemerintah Tetapkan Hal Ini

Tenaga Honorer Bisa Batal Diangkat Menjadi PNS Jika Pemerintah Tetapkan

Table of content:

[Hide] [Show]

    Pemberhentian tenaga honorer oleh Pemerintah akan dilakukan pada 28 November 2023 sesuai surat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi No.B/185/M.SM.02.03/2022.

    Hal ini tentu akan berdampak pada jutaan TKI di seluruh Indonesia yang akan kehilangan pekerjaan.

    Pemerintah sendiri tidak tinggal diam, melalui DPR dan PAN-RB pemerintah berusaha mencari solusi untuk penghapusan tenaga honorer.

    Solusi terbaik masih didiskusikan dan diharapkan pemerintah mendengarkan masukan dari para TKI.

    Kementerian PAN dan RB telah beberapa kali menggelar rapat kerja dengan Komisi II DPR RI untuk membahas nasib buruh honorer pasca kebijakan penghapusan diberlakukan.

    Azwar Anas selaku Menteri PANRB mengusulkan tiga opsi yang bisa diambil pemerintah bagi jutaan tenaga honorer di seluruh Indonesia.

    Menurut Menteri PANRB, Azwar Anas, ketiga opsi tersebut bisa menjadi solusi alternatif bagi tenaga honorer atau non-ASN ke depan.

    “Tenaga honorer ini masih kita kaji secara mendalam. Tapi kemarin kita akan ada skala prioritas, terutama untuk tenaga pendidikan dan tenaga kesehatan. Yang lain akan kita kaji secara bertahap, kita masih terus berdialog dengan DPR,” kata Azwar Anas. .

    Tentu saja opsi yang diambil memiliki kelebihan dan kekurangan bagi semua pekerja honorer, dimana pemerintah pasti akan mengambil solusi yang terbaik.

    Menteri PANRB sendiri mengungkapkan bahwa pemerintah berusaha agar pelayanan publik dan juga reformasi birokrasi dapat berjalan normal dan tenaga honorer tidak kehilangan pekerjaan.

    Opsi pertama yang diambil adalah mengangkat seluruh tenaga honorer menjadi ASN, namun hal itu membutuhkan biaya keuangan negara yang sangat besar.

    Namun, jika pemerintah mampu menyediakan anggaran, besar kemungkinan tenaga honorer bisa diangkat menjadi ASN.

    Persoalannya, jika opsi ini diambil, akan ada tantangan yang harus dihadapi pemerintah pusat dan daerah karena kualitas dan kualifikasi seluruh tenaga honorer yang diangkat juga perlu diperhatikan.

    Opsi pertama adalah hal yang paling diinginkan oleh tenaga honorer karena bisa langsung diangkat ASN oleh pemerintah.

    halaman selanjutnya

    Masalah angkat…


    naikpangkat.com

    Comment
    Share:

    Ad