pusatdapodik.com – Penyakit yang mengganggu pencernaan seperti maag, asam lambung memang menjadi momok yang menakutkan bagi sebagian orang terutama saat berpuasa.

Puasa selama Ramadhan bisa membuat kewalahan bagi penderita maag.

Pasalnya, penderita maag sering mengeluh kambuh, perih dan sering bersendawa terus-menerus.

Baca Juga: Mari Belajar dari Sosok Mgr Antonius Subianto Bunjamin OSC Melalui 16 Fakta Unik Versi Catholicpedia Berikut Ini

Namun, bukan berarti penderita maag tidak boleh berpuasa.

Dokter spesialis penyakit dalam yang juga Bupati Belu saat ini, dr Agustinus Taolin, SpPD-KGEH, FINASIM mengingatkan agar puasa Ramadhan tetap bisa dijalani.

Beliau juga membagikan beberapa tips bagi penderita gangguan saluran cerna agar puasa tetap nyaman dengan memperhatikan beberapa hal seperti;

Baca Juga : Tips Sehat Selama Bulan Ramadan, Salah Satunya Hindari Minum Kopi

1. Bagi penderita gangguan saluran cerna, dalam hal ini sakit maag, tetap mengonsumsi obat lambung sebelum berpuasa. Bisa diminum setelah sahur sebelum puasa.

Obat yang diminum saat berbuka puasa di malam hari sebaiknya diminum menjelang tidur. Obatnya diminum sebelum tidur dan sebelum puasa jika dosisnya dua kali.

2. Saat berbuka puasa tentunya diawali dengan makanan ringan, makan makanan cair, secara bertahap untuk memberi kesempatan perut beradaptasi. Setelah satu atau dua jam, lanjutkan dengan makanan padat lainnya.

Baca Juga: Yuk Cek Latar Belakang dan Tema Hari Puisi Sedunia 21 Maret 2023, Cari tahu juga hari-hari penting lainnya

3. Jangan makan berlebihan, hindari makanan pedas, dan hindari makanan yang mengandung asam.

4. Hindari makanan berkarbonasi, makanan yang bisa menimbulkan banyak gas.

www.vagansa.com

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *