PusatDapodik
Home Guru Kepegawaian Tips Lulus Seleksi PPPK Guru

Tips Lulus Seleksi PPPK Guru

PPPk

Tips Lolos Seleksi Guru PPPK – Berikut ini Tips Menjauhlah PPPK, PPPK yang akan segera dibuka oleh pemerintah. Sudah banyak guru yang mengabdi dalam mengajar tetapi masih berstatus honorer. Hal ini sangat dinantikan oleh kalangan pendidikan yang memiliki gelar sarjana.

Dalam seleksi PPPK, rencananya akan merekrut sekitar 1 juta guru secara acak. Namun, untuk lolos seleksi PPPK dan diterima, diperlukan persiapan yang matang. Sehingga mereka bisa bersaing dengan guru-guru lainnya. Lantas bagaimana tips lolos seleksi PPPK guru? Berikut penjelasannya:

Tips Lulus Seleksi Kelas Pertama Guru

Ikuti Pertanyaan Simulasi

Kita juga bisa mengikuti soal-soal simulasi yang umumnya diadakan oleh pihak atau lembaga bimbingan tertentu. Tidak harus simulasi soal berbayar karena banyak institusi yang menjalankannya secara gratis mungkin hanya mengharuskan Anda untuk mengikuti akun tertentu atau berbagi informasi dengan orang lain. Itu juga keuntungan yang bisa kita dapatkan ketika bergabung dengan grup.

Mempelajari Materi

Program ini merupakan sistem seleksi dimana seseorang yang mendapatkan nilai terbaik atau memenuhi persyaratan akan diterima. Oleh karena itu perlu dilakukan persiapan untuk seleksi yaitu mempelajari materi yang akan keluar. Kabar baiknya, Kemendikbud memberikan solusi yaitu materi yang bisa diakses dan dipelajari di situs teacher learning and sharing.

Bergabunglah dengan Grup Bermanfaat

Dalam mempersiapkan seleksi, ada baiknya bergabung dengan kelompok yang membahas PPPK. Selain bisa berdiskusi dengan orang lain, kita juga bisa update informasi seputar program agar tidak ketinggalan.

Latihan Lebih Banyak Pertanyaan

Cara lolos seleksi guru PPPK selanjutnya adalah dengan memperbanyak latihan soal secara rutin. Mengenai pertanyaan tentang bidang studi atau pertanyaan lain yang diuji. Hal ini agar kita terlatih dalam mengatur waktu dan mempercepat kemampuan kita dalam menganalisa pertanyaan.

Perbanyak berdoa

Tips terakhir adalah perbanyak berdoa. Dengan berdoa, selain berkomunikasi dengan Tuhan, melalui doa akan membuat kita lebih tenang yang akan menghasilkan energi positif yang dapat membawa kita lebih dekat untuk mencapai keinginan atau harapan kita.

Buat jadwal belajar

SKD terdiri dari tiga tes yang berbeda sehingga peserta harus menyusun jadwal belajar agar dapat menguasai ketiga materi tersebut.

Buatlah ringkasan materi

Untuk tes yang memiliki materi hafalan, meringkas materi dapat memudahkan peserta ketika hendak mereview materi.

Mengerjakan soal latihan secara teratur

Latihan rutin dapat membuat peserta lebih mudah beradaptasi dengan soal-soal SKD. Ketekunan dalam belajar juga merupakan kunci sukses dalam menjawab pertanyaan.

Siapkan dokumen untuk SKD

Selama ujian H-1, peserta harus sudah menyiapkan semua dokumen yang diperlukan. Peserta juga dapat membuat checklist dokumen jika diperlukan. Istirahat yang cukup dan makan makanan yang bergizi Persiapan yang matang dan kelengkapan dokumen masih kurang jika tidak diimbangi dengan kesehatan fisik pelamar. Makan yang bergizi, istirahat yang cukup, dan tidak begadang dapat menjaga stamina peserta.

Jangan biarkan jawaban kosong

Selama ujian, peserta tidak boleh mengosongkan jawaban karena tidak ada sistem minus untuk jawaban salah. Untuk mendampingi peserta dalam penyusunan SKD, Penerbit Gramedia Widiasaran Indonesia mempersembahkan buku Wangsit HOTS CAT CPNS/PPPK 2021.

Di satu sisi, peserta bisa mendapatkan informasi terupdate soal tes CPNS 2021, pre-test SKD, materi lengkap (TWK, TIU, dan TKP), paket soal konsolidasi, dan simulasi CAT CPNS.

Fitur lain seperti software CAT dan aplikasi Android juga siap menemani peserta memaksimalkan skor SKD. Persiapan menghadapi SKD bukan lagi tahapan yang sulit.

Itulah beberapa tips melewati kotak P3K guru, adapun beberapa kelebihan dan kekurangan dari kotak P3K ini. Berikut beberapa kelebihan dan kekurangan memilih PPPK:

Kelebihan PPPK

  1. Usia maksimal pendaftaran PPK adalah 59 tahun atau satu tahun sebelum pensiun, Anda tetap bisa mendaftar.
  2. Ada kemungkinan pengangkatan CPNS ke depan melalui PPPK.
  3. Mendapatkan NIP dan SK sama dengan ASN.
  4. Dapatkan pensiun satu kali dari pemotongan gaji bulanan.
  5. KDP jauh lebih baik daripada sistem Honor.
  6. PPPK akan otomatis memperbaharui kontrak setiap tahun dengan melengkapi berkas, tidak perlu mendaftar dari awal.
  7. Pekerja PPPK akan mendapatkan fasilitas seperti BPJSK Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan.
  8. Pendaftar PPPK bebas memilih formasi, tidak harus di sekolah honorer.
  9. Setiap tahun setiap pendaftar dapat mengambil hingga 3 tes.

Kekurangan PPPK

  1. Tidak ada jaminan hari tua.
  2. sistem PPPK hanya akan membayar pekerja berdasarkan tahun produktif mereka.
  3. Akan ada gap antara PPPK dan PNS.
  4. Tidak ada pensiun bagi keluarga ketika kontrak berakhir.
  5. Sistem Kerja PPPK sama dengan Pekerja Kontrak di Perusahaan.

Sekian tips lolos seleksi PPK Guru yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat bagi semua pihak.

Comment
Share:

Ad