Tips Mengamankan Perangkat Mobile Anda dari Ancaman Cyber

- Penulis

Sabtu, 11 November 2023 - 13:12 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

d 2 630x380

d 2 630x380

Perangkat seluler, seperti ponsel cerdas dan tablet, telah menjadi bagian integral dari kehidupan kita sehari-hari. Mereka telah menjadi sarana komunikasi, hiburan, dan bahkan alat kerja. Namun, seiring berkembangnya teknologi, perangkat seluler juga semakin rentan terhadap ancaman dunia maya. – Tips Mengamankan Perangkat Seluler Anda dari Ancaman Cyber

Ancaman seperti malware, pencurian data, dan serangan phishing bisa mengintai pengguna perangkat seluler. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengamankan perangkat seluler Anda. Pada artikel kali ini, kami akan memberikan tips bagaimana Anda dapat melindungi perangkat seluler Anda dari ancaman dunia maya yang mengintai.

1. Selalu Perbarui Perangkat Lunak Anda

Perbarui sistem operasi dan perangkat lunak aplikasi Anda secara teratur. Perusahaan teknologi terus memperbarui perangkat lunak mereka untuk mengatasi kerentanan dan bug keamanan yang ditemukan. Memastikan perangkat lunak Anda selalu diperbarui adalah langkah pertama dalam menjaga keamanan perangkat seluler Anda.

2. Aktifkan Otentikasi Dua Faktor (2FA)

Aktifkan otentikasi dua faktor (2FA) untuk semua akun yang Anda akses dari perangkat seluler Anda. 2FA menambahkan lapisan keamanan tambahan dengan memerlukan kode verifikasi tambahan selain kata sandi Anda. Ini memberikan perlindungan ekstra jika kata sandi Anda terekspos.

3. Gunakan Kunci Layar Aman

Gunakan kunci layar yang kuat seperti PIN, pola, atau pemindaian sidik jari untuk mengunci perangkat Anda. Ini akan membantu mencegah akses tidak sah jika perangkat Anda hilang atau dicuri.

4. Hati-hati dengan Aplikasi Pihak Ketiga

Hanya unduh aplikasi dari toko aplikasi resmi seperti Google Play Store atau Apple App Store. Aplikasi dari sumber yang tidak dikenal atau mencurigakan mungkin berisi malware atau spyware yang membahayakan perangkat Anda.

Baca Juga :  8 Universitas Jurusan Toksikologi Terbaik di Indonesia, UI Cuma Peringkat 7

5. Tinjau Izin Aplikasi

Periksa izin yang diminta oleh aplikasi sebelum menginstalnya. Jika suatu aplikasi meminta akses ke informasi atau perangkat yang tidak relevan dengan fungsinya, hal ini mungkin merupakan tanda bahaya. Jangan terburu-buru memberikan izin.

6. Waspadai Pesan Phishing dan Spam

Jangan klik tautan di pesan atau email yang mencurigakan. Phishing adalah praktik penipuan online di mana penjahat mencoba membuat Anda mengungkapkan informasi pribadi atau informasi login. Jika Anda menerima pesan atau email yang mencurigakan, abaikan atau laporkan.

7. Gunakan VPN di Jaringan Wi-Fi Publik

Saat terhubung ke jaringan Wi-Fi publik, data Anda rentan terhadap peretasan. Menggunakan jaringan VPN (Virtual Private Network) saat terhubung ke jaringan Wi-Fi publik akan membantu mengenkripsi lalu lintas data Anda dan melindunginya dari pengintaian.

Tips Mengamankan Perangkat Seluler Anda dari Ancaman Cyber

8. Tetapkan Batasan Privasi pada Aplikasi

Di perangkat Android, Anda dapat menggunakan fitur “Pengelola Izin” untuk mengontrol izin yang diberikan ke aplikasi. Anda dapat membatasi izin yang tidak perlu untuk melindungi privasi Anda.

9. Enkripsi Data Anda

Pastikan data di perangkat Anda dienkripsi. Enkripsi mengacak data sehingga tidak dapat dibaca tanpa kata sandi atau kunci enkripsi yang benar.

10. Hati-hati dengan Hotspot Wi-Fi Terbuka

Hindari menyambung ke hotspot Wi-Fi terbuka yang tidak memerlukan kata sandi. Orang yang menggunakan jaringan yang sama dapat mencuri data Anda. – Tips Mengamankan Perangkat Seluler Anda dari Ancaman Cyber

11. Perangkat Lunak Keamanan Seluler

Pertimbangkan untuk menginstal perangkat lunak keamanan seluler yang dapat mendeteksi dan melindungi perangkat Anda dari malware dan ancaman cyber lainnya.

12. Cadangkan Data Anda Secara Teratur

Selalu backup data Anda secara berkala, agar jika perangkat Anda hilang atau rusak, Anda tidak akan kehilangan data berharga. Gunakan penyimpanan cloud atau perangkat cadangan eksternal untuk menyimpan salinan data Anda.

Baca Juga :  TOP 5 Kecamatan Penghasil Durian Terbesar di Boyolali, Dikira yang Juara adalah kecamatan Karanggede atau Simo, Justru yang Juara Malah…

13. Hati-hati dengan akses ke lokasi

Beberapa aplikasi meminta akses ke lokasi Anda. Pertimbangkan apakah aplikasi tersebut benar-benar memerlukan akses lokasi atau tidak. Batasi akses ini untuk melindungi privasi Anda.

14. Hapus Aplikasi yang Tidak Digunakan

Hapus aplikasi yang tidak lagi Anda gunakan. Aplikasi yang tidak aktif dapat menjadi target peretas dan membebani perangkat Anda.

15. Tidak Selalu Terhubung

Tidak selalu terhubung ke internet atau jaringan seluler jika tidak diperlukan. Ini dapat membantu melindungi perangkat Anda dari serangan siber.

16. Batasi Penggunaan Perangkat oleh Anak-anak

Jika perangkat seluler digunakan oleh anak-anak, pastikan untuk menyetel kontrol orang tua dan membatasi akses mereka ke aplikasi atau konten yang sesuai usia.

Kesimpulan

Mengamankan perangkat seluler Anda dari ancaman dunia maya sangat penting untuk melindungi data dan informasi pribadi Anda. Dengan langkah yang tepat, Anda dapat menjaga perangkat seluler Anda tetap aman dan terhindar dari potensi risiko yang mungkin timbul. Selalu perbarui perangkat lunak Anda, gunakan kunci layar yang kuat, dan hindari tautan dan aplikasi yang mencurigakan.

Kesadaran akan keamanan siber dan tindakan yang konsisten adalah kunci untuk menjaga keamanan perangkat seluler Anda. Ingatlah bahwa melindungi perangkat seluler Anda adalah tanggung jawab Anda sendiri, dan dengan tindakan yang tepat, Anda dapat menikmati perangkat seluler Anda tanpa khawatir akan ancaman dunia maya.

Postingan Tips Mengamankan Perangkat Seluler Anda dari Ancaman Cyber ​​muncul pertama kali di Resi.co.id.

Berita Terkait

Untuk Jenjang SMA Tahun Depan 2024/2025 Sudah tidak Ada Lagi Penjurusan, Ini Kebijakan Baru Dari Nadiem makarim
Top 3 Formasi CPNS dan PPPK untuk Lulusan SMA SMK Paling Banyak di Minati, Cek Apakah ada Formasi Pilihan Kamu ?
Pasti dari Jokowi, Tahun Depan tidak Ada Perbedaan Antara PNS dan PPPK, Semua Akan Satu Nama Menjadi ASN
Sesuai Undang-undang, Guru-guru Dengan Kategori Berikut Berhak Mendapatkan Tunjangan dan Penghargaan Berikut
Guru PPPK Yang Sudah Mengabdi lebih Dari 2 Tahun Akan mendapatkan Tunjangan Dari nadiem Makarim
Berikut Daftar Instansi Pemerintah Yang Resmi Membuka Formasi CPNS dan PPPK Untuk Lulusan SMA/SMK
Selebgram Ambon Viral Lakukan Adegan Dewasa di Live Kontennya
Contoh Doa Penutup MPLS 2024 Dalam Bahasa Indonesia
Berita ini 4 kali dibaca

Berita Terkait

Sabtu, 20 Juli 2024 - 10:33 WIB

Untuk Jenjang SMA Tahun Depan 2024/2025 Sudah tidak Ada Lagi Penjurusan, Ini Kebijakan Baru Dari Nadiem makarim

Sabtu, 20 Juli 2024 - 05:21 WIB

Top 3 Formasi CPNS dan PPPK untuk Lulusan SMA SMK Paling Banyak di Minati, Cek Apakah ada Formasi Pilihan Kamu ?

Jumat, 19 Juli 2024 - 10:42 WIB

Pasti dari Jokowi, Tahun Depan tidak Ada Perbedaan Antara PNS dan PPPK, Semua Akan Satu Nama Menjadi ASN

Kamis, 18 Juli 2024 - 10:44 WIB

Sesuai Undang-undang, Guru-guru Dengan Kategori Berikut Berhak Mendapatkan Tunjangan dan Penghargaan Berikut

Rabu, 17 Juli 2024 - 13:34 WIB

Guru PPPK Yang Sudah Mengabdi lebih Dari 2 Tahun Akan mendapatkan Tunjangan Dari nadiem Makarim

Berita Terbaru