Sekolah merupakan tempat tinggal kedua siswa selain rumah. Penting bagi guru untuk selalu memperhatikan dan mengawasi siswanya di sekolah. Untuk memudahkan pengawasan, biasanya pihak sekolah akan menunjuk wali kelas. Lantas, apa saja tugas wali kelas? Secara singkat tugas seorang wali kelas adalah mengenal semua siswanya, melaksanakan administrasi kelas, mengelola dan menata kelas, mengelola data kehadiran dan mengisi laporan hasil belajar. Mari kita ulas pembahasan selengkapnya pada artikel di bawah ini.

Definisi wali kelas

Wali kelas adalah guru mata pelajaran yang diberi beban tambahan karena menjadi penanggung jawab kelas tertentu. Kalau di rumah bisa diibaratkan sebagai kepala keluarga. Itu sebabnya, setiap siswa di setiap kelas harus patuh dan taat pada instruksi wali kelas.

Sementara itu, perbedaan guru kelas dan wali kelas terletak pada tanggung jawabnya. Jika guru kelas hanya bertanggung jawab untuk mengajar mata pelajaran yang menjadi tanggung jawabnya, maka wali kelas bertanggung jawab untuk mengawasi, mengendalikan, membina, dan mengatur semua siswa di kelas yang ditugaskan kepadanya.

Tugas ruang kelas

Tugas pokok dan fungsi wali kelas adalah sebagai berikut.

  1. Kenali semua siswa di kelas, seperti nomor dan nama mereka.
  2. Menyelenggarakan administrasi kelas.
  3. Mengatur dan mengelola kelas, misalnya membentuk struktur organisasi di kelas seperti ketua kelas dan stafnya, membantu ketua kelas dalam menyusun jadwal piket, menyiapkan denah tempat duduk, dan sebagainya.
  4. Membuat data statistik, misalnya statistik kehadiran, prestasi akademik, tingkat kepatuhan siswa, dan sebagainya.
  5. Mengisi laporan hasil belajar siswa selama satu semester (rapor).
  6. Memantau kehadiran siswa dan memotivasi mereka untuk selalu bersemangat di sekolah.

Administrasi wali kelas

Pada bagian tugas pokok dan fungsi wali kelas terdapat poin-poin yang menyebutkan salah satu tugasnya yaitu melaksanakan administrasi kelas. Administrasi yang dimaksud adalah sebagai berikut.

1. Daftar piket

Daftar piket membuat jadwal piket untuk semua siswa di kelas. Dengan adanya jadwal piket diharapkan siswa dapat lebih disiplin dalam menjaga kebersihan kelas.

2. Jurnal kelas

Jurnal kelas adalah daftar kehadiran setiap guru mata pelajaran beserta nama materi yang diajarkan lengkap dengan kehadiran siswa.

3. Daftar absensi atau absensi siswa

Daftar hadir dapat digunakan untuk memantau kehadiran mahasiswa selama satu semester.

4. Denah tempat duduk

Denah tempat duduk harus dibuat sedemikian rupa untuk meminimalisir konflik antar siswa di dalamnya. Artinya, penataan denah tempat duduk disesuaikan dengan kondisi kelas.

5. Struktur organisasi kelas, seperti ketua kelas, wakil, bendahara, dan sekretaris

Struktur organisasi dapat berupa papan yang ditempel di dinding kelas. Tanpa struktur organisasi, pembagian tugas di kelas menjadi tidak jelas.

6. Adanya lambang negara, foto presiden dan wakilnya, serta bendera

Lambang dan simbol negara harus hadir di kelas sebagai bentuk apresiasi terhadap para pendahulu. Itu sebabnya, wali kelas harus memastikan keberadaannya.

7. Daftar mata pelajaran

Daftar mata pelajaran berisi nama-nama pelajaran dalam satu minggu.

8. Daftar inventaris

Daftar inventaris berisi nama-nama barang di kelas dan jumlahnya, misalnya jumlah kursi, meja, papan tulis, dan sebagainya.

9. Laporan hasil penilaian, baik tengah semester maupun akhir semester

Laporan hasil penilaian biasanya dibagikan pada akhir semester sebagai bukti pencapaian mahasiswa dalam satu semester.

Peran Guru Kelas

Peran wali kelas di sekolah akan mempengaruhi keberhasilan manajerial suatu kelas. Oleh karena itu dibutuhkan beberapa syarat untuk menjadi wali kelas yaitu memiliki akhlak yang baik, memiliki rasa tanggung jawab yang besar, bijaksana, memiliki jiwa kepemimpinan yang baik, memiliki kasih sayang yang besar terhadap anak, sabar, tegas, dan disiplin.

Persyaratan tersebut diharapkan dapat menjadi dasar dalam menjalankan peran wali kelas. Berikut adalah beberapa peran wali kelas.

1. Peran wali kelas dalam pengelolaan kelas

Tata kelola kelas merupakan salah satu faktor penunjang keberhasilan proses pembelajaran. Jika kelas dikelola dengan baik, maka semua kegiatan di dalamnya akan berjalan secara terstruktur dan sistematis. Oleh karena itu peran wali kelas dalam pengelolaan kelas sangat penting yaitu sebagai pengelola.

2. Peran wali kelas dalam pembelajaran daring

Pembelajaran online terkadang cukup membosankan bagi siswa. Peran wali kelas dalam pembelajaran daring adalah sebagai motivator dan pengontrol kondisi siswanya. Dengan ini diharapkan siswa dapat selalu semangat dan lebih aktif dalam belajar meskipun di rumah.

3. Peran wali kelas dalam meningkatkan prestasi siswa

Peran wali kelas dalam meningkatkan prestasi belajar siswa adalah sebagai berikut.

  • Memberikan bantuan ketika siswa mengalami kesulitan akademik.
  • Memberikan motivasi pendidikan kepada siswa agar mereka tetap semangat dalam belajar.
  • Memberikan solusi terkait kendala yang dihadapi siswa dalam belajar.
  • Memberikan motivasi kepada siswa untuk selalu aktif dalam belajar, sehingga berdampak pada peningkatan prestasinya.

4. Peran wali kelas dalam pelaksanaan bimbingan konseling

Tidak semua siswa bersedia melakukan bimbingan konseling dengan guru BK. Dalam hal ini peran wali kelas adalah memberikan dorongan dan himbauan agar siswa bersedia bertemu dengan guru BK.

Sebelum menghadap siswa, Anda juga harus memberikan rekomendasi kepada guru BK mengenai siswa yang membutuhkan bimbingan.

Agar peran guru BK memberikan dampak yang signifikan bagi siswa, diperlukan kerjasama yang sinergis antara BK dengan wali kelas.

Apakah Anda juga mengembangkan tugas yang sama seperti yang dijelaskan di blog Quipper ini? Kalau begitu, tetap semangat, bapak ibu!

Itulah pembahasan Quipper Blog kali ini. Semoga bermanfaat untuk Bapak/Ibu. Jangan lupa lanjutkan update pengetahuan Bapak/Ibu melalui Blog Quiper. Salam Quippers!

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *