PusatDapodik
Home Guru Kepegawaian Tunjangan Sertifikasi Diputihkan untuk Kategori Guru Ini, Berikut Ketentuan TPG 2023

Tunjangan Sertifikasi Diputihkan untuk Kategori Guru Ini, Berikut Ketentuan TPG 2023

Table of content:

[Hide] [Show]

    Tunjangan Sertifikasi Dikelantang – Ada desas-desus bahwa 1,6 juta guru akan menerima tunjangan tanpa harus disertifikasi terlebih dahulu, atau dengan kata lain tunjangan sertifikasi guru akan ditiadakan.

    Diketahui, 1,6 juta guru berikut ini langsung dicairkan untuk mendapatkan tunjangan profesi guru tanpa sertifikasi, sesuai ketentuan TPG 2023 dalam RUU Sistem Pendidikan Nasional.

    Kini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bersama DPR RI sedang membahas Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas).

    Rencananya RUU Sisdiknas akan mengintegrasikan dan mencabut 3 undang-undang terkait pendidikan di Indonesia.

    Namun yang belakangan menjadi sorotan adalah isu hilangnya pasal tentang tunjangan profesi guru atau TPG. Dikhawatirkan TPG akan hilang.

    TPG atau Tunjangan Profesi Guru adalah tunjangan yang diberikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan kepada guru dan dosen yang memiliki sertifikat pendidik.

    Untuk mendapatkan tunjangan profesi guru, seorang guru harus mengikuti Program Pendidikan Guru di LPTK yang didukung oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, sebagai pengganti akta IV.

    PPG sendiri dilakukan agar seorang guru memenuhi kompetensi dan profesionalisme sebagai seorang guru, dimana masa pendidikannya adalah 2 tahun.

    Setelah mengikuti PPG, seorang guru akan mendapatkan sertifikat pendidik atau serdik. Serdik tersebut menjadi dasar pemberian TPG.

    Tunjangan profesi guru sebelumnya dihapuskan, yaitu dengan tujuan memberikan penghasilan yang layak bagi semua guru, tidak hanya guru bersertifikat.

    RUU Sisdiknas sendiri mengintegrasikan dan mencabut tiga undang-undang terkait pendidikan, yakni Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, dan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi.

    Dalam RUU tersebut diatur bahwa guru yang telah menerima tunjangan profesi, baik guru ASN maupun guru non-ASN, akan tetap menerima tunjangan tersebut hingga pensiun.

    halaman selanjutnya

    Juga dalam RUU Sisdiknas…

    Comment
    Share:

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Ad