PusatDapodik
Home Guru Kepegawaian Tunjangan yang Cair Bulan November, Guru Wajib Siapakan Ini

Tunjangan yang Cair Bulan November, Guru Wajib Siapakan Ini

Informasi penting bagi guru semua jenjang terkait tunjangan guru yang akan dicairkan pada November mendatang, bagi guru di jenjang PAUD, TK, SD, SMP, SMA, SMK dan SLB.

Kabarnya, ada 3 jenis benefit yang akan diberikan November ini? Guru wajib mempersiapkan ini untuk mendapatkan tunjangan di bulan November ini.

1. Tunjangan Profesi Guru

Yang pertama adalah Tunjangan Profesi Guru atau tunjangan sertifikasi. Jika sesuai dengan jadwal pencairan tunjangan profesi Guru pada triwulan IV, diketahui rencananya akan dicairkan pada November 2022.

Dimana jadwal pencairan tunjangan profesi guru pada triwulan IV, sebagaimana tertuang dalam Permendikbud, Riset dan Teknologi nomor 4 tahun 2022, tentang petunjuk teknis pemberian tunjangan dan penghasilan tambahan.

Pada November, sinkronisasi data dilakukan terlebih dahulu, yang rencananya akan dilakukan pada Oktober, sehingga bulan ini saatnya pencairan.

2. Tunjangan Insentif Kemenag

Tunjangan Intensif Kemenag yang diperuntukkan bagi guru seluruh jenjang Pendidikan di bawah naungan Kementerian Agama (Kemenag) berhak atas tunjangan intensif ini.

Tunjangan Insentif Kemenag diberikan kepada guru yang belum melaksanakan program Sertifikasi Guru atau guru yang belum tersertifikasi.

Sesuai dengan pengajuan Kemenag, besaran tunjangan intensif yang akan diberikan sekitar Rp. 250 ribu per bulan, dan hadiah ini akan dirapikan selama satu tahun dan akan dipotong pajak.

Sebanyak 210.000 guru madrasah akan diberikan tunjangan intensif dari Kementerian Agama.

3. Bantuan Subsidi Upah

Tunjangan Bantuan Subsidi Upah atau BSU bagi guru non PNS yang memiliki BPJS Ketenagakerjaan.

Sebelumnya tunjangan guru diberikan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan Kementerian Agama, untuk Bantuan Subsidi Upah atau BSU akan diberikan oleh Kementerian Sosial pada tahun 2022 dengan ketentuan yang telah diterapkan.

Ada perbedaan persyaratan pencairan tahun ini dengan tahun-tahun sebelumnya, hal ini karena BSU tahun lalu diperuntukan bagi tenaga honorer pada umumnya, namun tahun ini bagi yang memiliki BPJS Ketenagakerjaan.

Adapun syarat-syarat yang perlu disiapkan terkait pencairan BSU sebagai berikut:

Status sebagai warga negara Indonesia

Status sebagai pekerja aktif dalam program Jamsostek BPJS Ketenagakerjaan hingga Juli 2022.

Upah maksimum yang diperoleh adalah Rp. 3,5 juta untuk buruh di daerah dengan UMP, UMK lebih besar dari Rp. 3,5 juta, jadi persyaratan gaji paling banyak sama dengan UMK, UMP akan dibulatkan menjadi ratusan ribu penuh.

Statusnya bukan sebagai PNS, TNI, dan Polri.

Bukan penerima program kartu prakerja, serta bantuan produktif bagi usaha mikro, dan program keluarga harapan.

Demikian informasi mengenai tunjangan Guru bulan November 2022.

Comment
Share:

Ad