PusatDapodik
Home Berita UMY Kini Resmi Miliki Fakultas Kedokteran Gigi

UMY Kini Resmi Miliki Fakultas Kedokteran Gigi

UMY Kini Resmi Miliki Fakultas Kedokteran Gigi

YOGYAKARTA, pusatdapodik.com – Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) resmi memiliki Fakultas Kedokteran Gigi (FKG). Keputusan pendirian Fakultas Kedokteran Gigi dilakukan setelah UMY mengajukan permohonan pendirian Fakultas Kedokteran Gigi kepada Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek). Setelah mendapat persetujuan dari Kemendikbud, Senat UMY mengesahkan pendirian FKG sesuai Renstra UMY Tahun 2020-2025. Setelah mendapat persetujuan Senat Universitas, dikeluarkan Surat Keputusan Rektor UMY sebagai surat keputusan pendirian FKG dengan nomor 1308/KEP-UMY/XI/2022 dan dikeluarkan pada tanggal 25 November 2022.

Rektor UMY Gunawan Budiyanto saat dihubungi Rabu (18/1) mengatakan, untuk membangun FKG ini diperlukan kerjasama dan support system yang baik, karena FKG ini merupakan fakultas baru.

“FKG UMY merupakan fakultas baru yang perlu dibangun dengan sinergi penuh, manajemen kerjasama yang baik dan support system yang baik. Saya yakin FKG mampu bersaing dengan FKG perguruan tinggi terbaik di luar sana,” tegasnya.

Gunawan juga berpesan kepada Dekan FKG UMY yang sudah terpilih untuk membiasakan diri berkolaborasi dan berkompetisi.

“Jadi Dekan FKG UMY yang sudah terpilih mulai minggu depan harus bersinergi dan membiasakan berkompetisi meski dimulai dalam lingkup prodi terlebih dahulu,” ujarnya.

Guru Besar Ilmu Tanah UMY itu juga menyampaikan bahwa pada akhir tahun 2022 ini, 7 prodi kesehatan di UMY juga telah terakreditasi Unggul dari Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan Indonesia (LAM-PTKes). Salah satunya adalah Program Studi Kedokteran Gigi dan Program Profesi Kedokteran Gigi.

Sementara itu, Dekan FKG terpilih yang dilantik pada Selasa siang (17/1) di lobby gedung rektorat AR. Fakhruddin A UMY, drg. Edwyn Saleh, Sp.BMM, MARS mengatakan hal ini merupakan tantangan sekaligus amanah yang harus diemban secara serius dan konsisten.

“Saat SK pengangkatan saya sebagai dekan FKG, saya kaget karena ini merupakan tantangan bagi saya dan juga amanah yang harus saya emban dengan serius dan konsisten, bagaimana tidak karena FKG merupakan fakultas baru di UMY,” terangnya. .

Baca Juga: UMY Kembangkan Demplot Padi Teknologi Terapung

Edwyn juga mengaku memiliki passion untuk membangun Kedokteran Gigi UMY sejak bergabung di UMY pada tahun 2003 lalu.

www.cakrawala.co

Comment
Share:

Ad