Unsur Intrinsik Cerpen: Pengertian, Struktur, Unsur, Contoh

- Penulis

Minggu, 19 November 2023 - 17:19 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Unsur Intrinsik Cerpen

Unsur Intrinsik Cerpen

Pastinya Anda pernah membaca sebuah karya sastra cerpen bukan? Karya sastra ini cukup menarik untuk dibaca. Khususnya Unsur intrinsik cerita pendek membuatnya cukup mudah untuk dibuat dan tidak memerlukan waktu yang lama.

Cerita dalam cerpen cenderung lebih pendek dan kompleks, sehingga pembaca akan lebih mudah memahami alur cerita. Selain itu, cerpen juga merupakan karya sastra yang diciptakan agar dapat dibaca sekaligus.

Walaupun sebuah cerpen merupakan sebuah cerita pendek, namun dalam pembuatannya juga diperlukan cara yang tepat agar kemasannya dapat dipahami oleh pembaca. Salah satu cara untuk membuat cerita pendek menjadi mudah adalah dengan mengarangnya cerita pendek yang mengandung unsur intrinsik dan ekstrinsik.

Memahami Cerita Pendek

Memahami Cerita Pendek

Sebelum membahas unsur intrinsik dalam cerpen, mari kita lihat dulu pengertian karya sastra cerpen. Cerpen atau biasa disebut cerpen adalah cerita pendek yang pusatnya hanya terfokus pada satu tokoh saja.

Dalam hal ini tokoh akan dihadapkan pada suatu keadaan tertentu, sehingga dapat dikatakan juga bahwa cerita pendek adalah cerita yang menceritakan kejadian atau peristiwa yang dialami oleh salah satu tokoh.

Karya sastra ini terdiri tidak lebih dari 10.000 kata dan menceritakan berbagai permasalahan yang tidak terlalu rumit namun mengandung pesan kepada pembaca. Kisah-kisah yang disajikan dalam cerpen sangatlah singkat dan cenderung tidak pernah terjadi di dunia nyata.

Struktur Cerita Pendek

Struktur Cerita Pendek

Cara menemukan unsur intrinsik cerita pendek Tentu saja Anda perlu mengetahui strukturnya terlebih dahulu. Struktur dalam sebuah cerita pendek dapat membuat Anda menyusun cerita dengan rapi dan rapi.

Penggunaan struktur cerita pendek sangat diperlukan untuk membangun sebuah cerita yang terpadu. Berikut ini adalah beberapa struktur dasar dalam membangun cerita pendek yang dapat Anda jadikan patokan:

1. Abstrak

Struktur cerpen pertama bersifat abstrak. Yang dimaksud dengan abstrak adalah gambaran awal cerita yang ingin disampaikan. Abstrak berguna untuk membentuk struktur cerita pendek dan dapat digunakan sebagai pelengkap cerita.

Karena hanya digunakan sebagai pelengkap, maka penggunaan abstrak dalam struktur cerpen bersifat opsional. Artinya Anda bisa menggunakannya atau tidak.

2. Orientasi

Sebelum membahas tentang Unsur intrinsik cerita pendekPertama, perhatikan struktur dalam cerpen. Salah satu strukturnya adalah orientasi. Struktur ini merupakan bagian yang mempunyai fungsi dalam menjelaskan latar belakang cerita.

Setting yang dapat Anda jelaskan adalah waktu, tempat atau peristiwa yang akan diceritakan. Orientasi juga dapat diartikan sebagai pengenalan terhadap suatu situasi cerita yang diawali dengan menyusun berbagai adegan, memperkenalkan tokoh atau menjelaskan hubungan masing-masing tokoh.

3. Komplikasi

Apa saja unsur intrinsik cerita pendek? dapat dibahas setelah mengetahui beberapa struktur cerpen. Struktur ketiga dalam cerita pendek adalah komplikasi. Struktur cerpen komplikasi merupakan unsur yang menjelaskan bagaimana konflik cerita bermula.

Konflik yang terjadi bisa bermacam-macam bentuknya, misalnya perselisihan pendapat, kesulitan atau permasalahan lain yang terjadi antar tokoh. Dalam struktur komplikasi cerpen biasanya dijelaskan juga bagaimana penyebab terjadinya konflik.

Kemudian konflik yang terjadi dapat mengubah atau memperlihatkan watak sebenarnya dari tokoh-tokoh dalam cerpen tersebut.

4. Evaluasi

Unsur intrinsik cerpen itu baik luar dan dalam dapat dijelaskan setelah mengetahui beberapa struktur cerita pendek. Salah satu struktur dalam cerpen adalah evaluasi. Struktur evaluasi dalam cerpen merupakan struktur yang memunculkan puncak konflik atau permasalahan lainnya.

Baca Juga :  Seleksi Kompetensi PPPK Tenaga Teknis Dimulai 17 Maret 2023

Dalam struktur ini biasanya pengarang akan menceritakan puncak permasalahan menuju klimaks dan evaluasi merupakan bagian atau tahapan yang menyelesaikan konflik atau bahkan menghentikan keinginan tokoh utama.

5. Resolusi

Struktur cerpen selanjutnya adalah resolusi. Struktur resolusi merupakan bagian cerita pendek yang menjelaskan bagian akhir mengenai nasib atau sikap akhir yang dialami tokoh setelah konflik yang terjadi.

Struktur ini memberikan penyelesaian konflik secara menyeluruh. Biasanya resolusi juga menampilkan kondisi akhir yang dialami tokoh utama dalam cerita.

6. Kode

Sebelum mengetahui tentang Unsur intrinsik cerita pendek, salah satu struktur dalam cerpen adalah coda. Coda struktur cerpen merupakan bagian penutup cerita yang memberikan kesimpulan keseluruhan cerita.

Biasanya tulisan ini merupakan hasil interpretasi yang ditulis penulis mengenai cerita yang ingin disampaikannya. Di dalam coda terdapat nilai atau pesan moral dalam cerpen tersebut. Terkadang penulis juga menuliskan bagian coda agar pembaca dapat menyimpulkan sendiri isi pesannya.

Unsur Intrinsik Cerita Pendek

Unsur Intrinsik Cerita Pendek

Setelah mengetahui berbagai pembahasan mengenai pengertian dan struktur cerpen, sampailah kita pada penjelasan mengenai Apa yang dimaksud dengan unsur intrinsik cerita pendek?. Dalam sebuah cerita pendek, unsur-unsur yang ada di dalamnya merupakan kesatuan-kesatuan kecil yang membentuk cerita menjadi satu kesatuan yang utuh.

Unsur intrinsik perlu Anda pelajari agar dapat diterapkan dalam membuat cerita pendek. Berikut ini yang termasuk dalam unsur intrinsik cerita pendek:

1. Tokoh dan Penokohan

Salah satu unsur penting yang harus hadir dalam sebuah karya sastra cerpen adalah kehadiran tokoh dan penokohan. Tokoh dalam cerita pendek biasanya dibedakan menjadi dua, yaitu tokoh utama dan tokoh bawahan. Tokoh utama merupakan tokoh protagonis yang mempunyai peranan penting dalam cerita.

Kriteria khusus dalam menentukan tokoh utama dilihat dari intensitas keterlibatan tokoh dalam peristiwa yang dikembangkan. Penggambaran tokoh dalam sebuah cerita biasanya masuk akal dan logis.

Ada beberapa cara penulis dapat mendeskripsikan tokoh dalam cerita pendek. Berikut gambaran yang dapat dilakukan:

  • Melalui tingkah laku tokoh yang bersangkutan.
  • Melalui dialog antar karakter.
  • Ciri-ciri tokoh yang digambarkan.
  • Penjelasan tentang lingkungan tempat tinggal tokoh.
  • Berbagai pandangan datang dari tokoh lain mengenai sikap tokoh utama.

2. Alur cerita

Salah satu unsur intrinsik cerita pendek adalah alur cerita. Unsur ini merupakan unsur fundamental yang harus ada dalam sebuah cerita. Alur cerita bisa juga disebut alur yang menyajikan semangat atau jiwa cerita pendek.

Alur cerita merupakan rangkaian peristiwa yang ditulis dari awal hingga akhir. Alur juga dapat diartikan sebagai peristiwa-peristiwa yang saling terkait dan mampu menggerakkan jalan cerita menuju berbagai konflik dan komplikasi hingga mencapai klimaks dan menuju penyelesaian.

Jalinan peristiwa yang terjadi di dalamnya Unsur intrinsik cerita pendek Hal ini ditunjukkan melalui hubungan waktu dan sebab akibat. Dari rangkaian peristiwa yang saling terhubung inilah akan terbentuk sebuah cerita yang utuh dan menarik.

3. Pengaturan

Yang masuk ke dalam Unsur intrinsik cerita pendek adalah latar belakang. Pengertian setting sendiri adalah suatu bagian cerita yang memperlihatkan informasi berkaitan dengan tempat, waktu atau suasana peristiwa yang sedang terjadi.

Latar dalam sebuah cerita pendek mampu memberikan landasan cerita sehingga pembaca dapat memahami alur cerita secara jelas dan konkrit. Penggunaan setting juga bertujuan untuk memberikan kesan nyata kepada pembaca mengenai peristiwa yang sedang berlangsung.

Baca Juga :  Honorer Jadi Di Angkat Asn November Ini ?

Selain memberikan kesan jelas terhadap peristiwa, latar juga mampu membantu penulis menjelaskan watak setiap tokoh dalam cerpen.

4. Sudut Pandang

Unsur intrinsik cerpen dan penjelasannya selanjutnya adalah sudut pandang. Unsur intrinsik sudut pandang merupakan bagian yang berguna dalam membangun sebuah cerita. Sudut pandang cerita menceritakan bagaimana hubungan penulis dan pembaca dalam ranah imajinasi cerita pendek.

Sudut pandang juga bisa diartikan sebagai posisi pengarang dalam menyajikan ceritanya. Sebab, cerita yang ditulis belum tentu berdasarkan cerita penulisnya sendiri.

5. Tema

Unsur intrinsik cerita pendek yang lain punya tema. Pengertian tema dalam cerpen adalah gagasan atau makna sebuah cerita. Tema merupakan unsur yang sangat penting dalam sebuah cerita pendek karena mampu membangun jalannya cerita.

Ada berbagai cara untuk menentukan tema dalam sebuah cerita pendek. Anda dapat menggunakan cara-cara berikut untuk membuat tema cerita pendek:

  • Cara pertama adalah dengan menghubungkan keseluruhan isi cerita dengan judul.
  • Kedua, mengungkap makna kalimat-kalimat kunci atau dialog yang ada dalam cerita.
  • Dan yang terakhir adalah menentukan tema melalui permasalahan yang paling menonjol dan menimbulkan konflik dalam cerita.

6. Amanat

ada banyak contoh penentuan unsur intrinsik cerpen apa yang bisa kamu lakukan. Salah satu unsur yang dapat Anda masukkan ke dalam sebuah cerita pendek adalah pesan. Unsur intrinsik inilah yang dapat menjadi tulisan yang ingin disampaikan penulis kepada pembacanya.

Pesan atau pesan moral dalam cerita dapat dinyatakan secara tegas dan dapat disampaikan oleh pengarang di tengah atau di akhir cerita dengan gaya bahasa seperti memberi saran atau nasehat.

Sedangkan pesan tersirat dapat disampaikan dengan memberikan jalan keluar dari perilaku tokoh utama.

7. Gaya

Gaya bahasa pada unsur intrinsik cerpen juga sangat penting untuk diperhatikan. Hal ini berkaitan dengan penggunaan bahasa tertentu yang biasa digunakan penulis. Selain itu, gaya juga berguna untuk menyampaikan pikiran atau perasaan dalam bentuk tulisan.

Ada berbagai elemen yang bisa Anda gunakan untuk membangun gaya penulisan cerita pendek. Berikut ini adalah unsur-unsur dalam menentukan gaya penulisan:

  • Citra merupakan rangkaian kata yang berfungsi membangkitkan pengalaman tertentu dalam membentuk gambaran mental.
  • Diksi merupakan pilihan kata yang digunakan untuk menyampaikan pemikiran pengarang dalam sebuah karya.
  • Sintaks adalah metode yang digunakan seorang penulis untuk menyusun berbagai kalimat dalam karyanya.

Contoh Unsur Intrinsik

Contoh Unsur Intrinsik

Setelah berdiskusi berbagai Unsur intrinsik cerita pendek diatas, apakah kamu masih ragu untuk menulis cerpen? Tenang saja, ada beberapa contoh unsur intrinsik berikut yang mungkin bisa Anda jadikan referensi dalam menulis cerpen:

Secara umum, cerita pendek banyak menggunakan kata-kata deskriptif untuk menggambarkan tokoh dan latar. Contohnya adalah sebagai berikut:

Sekarang semuanya berada di bawah kendali Nina. Ruangan yang tadinya berantakan kini menjadi bersih dan rapi. Bahkan aroma makanan yang dibawa Rio sudah tergantikan oleh aroma bunga mawar yang ia semprotkan hingga puluhan kali.

Anda dapat membuat Unsur intrinsik cerita pendek terlebih dahulu secara lengkap lalu dirangkai menjadi sebuah cerita yang menarik. Untuk lebih memahami cara membuat cerpen, Anda bisa memulainya dengan sering-sering membaca cerpen yang beredar di berbagai platform online.

Baca Juga Artikel Lainnya:

Berita Terkait

Contoh Doa Penutup MPLS 2024 Dalam Bahasa Indonesia
Contoh Materi MPLS SMP Kurikulum Merdeka Tahun Anggaran 2024/2025
Implementasi Pembelajaran Sosial dan Emosional di Kelas dan Sekolah
Contoh Modul Ajar Kurikulum Merdeka PAUD-TK Terbaru 2024
6 Daftar Kegiatan Ketika MPLS Bersama Peserta Didik Baru, Jangan Sampai Terlewatkan !
Ada Perlakuan Khusus untuk PPPK 2024, Semua Guru Akan Diberi Tunjangan Lebih Hingga 3 Juta
Alhamdulillah!! Tenaga Honorer Yang Mengabdi Lebih dari 20 Tahun Akan Langsung Ditetapkan NIP Pegawai
Urutan Prosedur Penilaian Hasil Belajar oleh Satuan Pendidikan adalah
Berita ini 2 kali dibaca

Berita Terkait

Jumat, 12 Juli 2024 - 21:32 WIB

Contoh Doa Penutup MPLS 2024 Dalam Bahasa Indonesia

Sabtu, 6 Juli 2024 - 11:26 WIB

Contoh Materi MPLS SMP Kurikulum Merdeka Tahun Anggaran 2024/2025

Senin, 1 Juli 2024 - 16:57 WIB

Implementasi Pembelajaran Sosial dan Emosional di Kelas dan Sekolah

Sabtu, 29 Juni 2024 - 16:30 WIB

Contoh Modul Ajar Kurikulum Merdeka PAUD-TK Terbaru 2024

Kamis, 27 Juni 2024 - 18:28 WIB

6 Daftar Kegiatan Ketika MPLS Bersama Peserta Didik Baru, Jangan Sampai Terlewatkan !

Berita Terbaru

Pendidikan

Contoh Doa Penutup MPLS 2024 Dalam Bahasa Indonesia

Jumat, 12 Jul 2024 - 21:32 WIB

Informasi Dapodik

Dapodik 2024-2025 Semester 1 Kapan Rilis? Berikut Prediksi Tanggal Rilisnya

Jumat, 12 Jul 2024 - 16:35 WIB

Kesiswaan

10 Contoh Janji Siswa Paling Tegas dan Penjelasan Maknanya

Jumat, 12 Jul 2024 - 13:48 WIB