4 Cara Meningkatkan Komunikasi Guru Dengan Keluarga

- Penulis

Jumat, 31 Maret 2023 - 02:17 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

iStock 1378027421 crop scaled

iStock 1378027421 crop scaled

Sebagai guru, kami terus mengevaluasi praktik kami dan mencari cara untuk meningkatkan. Setelah lebih dari satu dekade mengajar, saya telah mengubah segalanya mulai dari prosedur saya di atas pensil hingga cara saya menangani dunia teknologi yang terus berkembang.

Salah satu bidang terbesar yang saya kembangkan adalah cara saya berkomunikasi dengan orang tua. Di tahun-tahun awal saya mengajar, saya sering merasa perlu menutup-nutupi—saya pikir orang tua hanya ingin mendengar tentang betapa hebatnya anak mereka. Namun, melakukan hal itu tidak selalu melukiskan gambaran yang jelas tentang apa yang sebenarnya terjadi di kelas. Saat saya semakin percaya diri dalam pemahaman saya tentang proses pembelajaran, saya mulai berkomunikasi lebih konsisten dengan orang tua.

4 Tips Komunikasi Lebih Baik Dengan Orang Tua

1. Bangun relasi sejak awal. Mulailah dengan pesan positif untuk mengatur nada yang tepat di awal tahun. Segera setelah saya mendapatkan daftar nama kelas, saya mengirimkan pesan untuk memperkenalkan diri dan menanyakan kepada orang tua apa yang disukai anak mereka tentang sekolah dan apa yang menantang bagi mereka. Saya menindaklanjuti dengan panggilan telepon juga.

Percakapan ini memberikan wawasan yang baik tentang siswa saya dan menyiapkan kerangka kerja untuk bekerja sama. Orang tua memiliki banyak pengetahuan tentang anak-anak mereka dan suka berbicara tentang mereka, jadi memberikan jalan untuk melakukannya adalah solusi yang saling menguntungkan.

2. Komunikasikan perjuangan sejak dini. Secara umum, orang tua lebih suka mengetahui bahwa anak mereka memiliki area di mana mereka membutuhkan lebih banyak dukungan.

Ketika Anda melihat seorang anak berjuang atau membutuhkan lebih banyak waktu untuk memahami suatu konsep, sampaikan informasi itu kepada orang tua dengan cara yang baik dan mendukung. Sebuah catatan sederhana yang mengatakan, “Xavier sedikit kesulitan dengan tiket keluar pecahannya dalam matematika hari ini. Kami membahas jawabannya bersama-sama dan akan terus mengerjakan penjumlahan pecahan. Hanya ingin memberi tahu Anda,” memberi orang tua pengetahuan bahwa anak mereka masih mengerjakan suatu keterampilan, dan Anda sadar bahwa mereka belum menguasai keterampilan tersebut.

Pesan singkat ini dapat sangat bermanfaat dalam memberikan wawasan kepada orang tua tentang siswa mereka sebagai pembelajar dan menunjukkan pemahaman kita tentang posisi anak mereka dalam proses pembelajaran. Pesan singkat sekarang dapat menyimpan percakapan panjang nanti.

Baca Juga :  Rumus Diagonal Ruang, Bidang Untuk Bangun Ruang Balok

3. Berikan kesempatan kepada orang tua untuk membantu. Orang tua ingin mendukung anak-anak mereka dan akan melompat pada kesempatan untuk bisa. Seringkali, melakukan percakapan yang sulit dengan orang tua memberi mereka kesempatan untuk membantu. Putri saya, seperti banyak anak lainnya, mengalami peningkatan kecemasan setelah Covid. Baru setelah sekolahnya menghubungi kami, kami menyadari kecemasan ini juga muncul di sekolah. Setelah kami mengetahuinya, kami dapat memberikan sumber daya tambahan dan dengan cepat mengembalikannya ke jalur yang benar.

Di kelas pelajar bahasa Inggris saya, saya memperhatikan bahwa salah satu siswa saya tampaknya tidak menangkap suara secepat yang lain; perjalanan singkat ke kantor perawat untuk tes pendengaran menunjukkan kemungkinan gangguan pendengaran. Begitu orang tua mengetahui hal ini, mereka dapat memperbaiki masalah dengan alat bantu dengar, dan keterampilan berbicara siswa meningkat pesat. Guru tidak dapat menyelesaikan setiap masalah sendirian: Berkolaborasi dengan orang tua dapat membantu siswa mencapai kesuksesan yang lebih besar.

4. Jangan lupakan hal-hal positif. Menunjukkan hal positif sama pentingnya dan dapat menunjukkan bahwa Anda tahu dan peduli dengan siswa Anda melebihi nilai ujian mereka. Orang tua tidak melihat anak-anak mereka mengerjakan proyek kelompok atau berinteraksi dengan materi akademik dengan cara yang sama seperti yang dilakukan guru. Ketika guru mengomunikasikan kekuatan dan bakat unik, itu memperlengkapi orang tua untuk mengembangkan bidang-bidang ini di rumah. Mengkomunikasikan hal-hal positif dapat membuat orang tua tahu bahwa Anda melihat seluruh anak mereka. Berikut beberapa contohnya:

  • Suatu tahun saya memiliki seorang siswa yang merupakan penulis yang luar biasa. Dia sangat pendiam dan pemalu tetapi penuh ide dan memiliki cara yang luar biasa dengan kata-kata. Saya berbagi dengan orang tuanya sebuah cerita yang dia tulis, dan mereka terpana. Mereka tidak tahu bahwa dia memiliki bakat tersembunyi ini! Mereka mendaftarkannya di kelas menulis kreatif, dan dia semakin berkembang dalam keahliannya.
  • Setiap anak memiliki hal positif yang mereka bawa ke kelas, dan terkadang hal itu mungkin tidak terkait langsung dengan akademisi. Baru-baru ini seorang siswa yang kesulitan membaca mengatur perpustakaan kelas kami dengan indah. Saya mengambil gambar dan mengirimkannya kepada orang tua, yang sangat senang mengetahui bahwa anak mereka sangat membantu dan membangun hubungan yang positif dengan buku.
Baca Juga :  Gelombang Cahaya: Pengertian, Rumus, dan Soal
  • Komunikasi positif dapat sangat membantu dalam membangun hubungan dengan orang tua siswa pembelajar bahasa Inggris. Seorang siswa baru saja pindah ke Amerika Serikat. Saya mengirim foto mereka tersenyum saat mengerjakan tugas kelas, dan orang tua senang melihat anaknya menyesuaikan diri dengan baik di sekolah.
  • Suatu hari, saya mengirim pesan singkat ke rumah yang berbagi bahwa salah satu siswa saya menunjukkan kebaikan yang besar kepada teman sekelasnya, terutama kepada siswa baru, dan memastikan mereka disertakan dan mengetahui jalan mereka di sekitar gedung. Orang tua menulis kembali bahwa itu adalah angin segar untuk mendengar anak mereka melakukan sesuatu yang baik karena mereka memiliki banyak pesan negatif.

Ketika kita melihat dan mengakui kebaikan siswa kita, bahkan dengan foto singkat dan catatan singkat di rumah, siswa sering membawa lebih banyak kebaikan ke dalam kelas.

Alat untuk mendukung komunikasi yang lebih baik dengan orang tua

Saat berkomunikasi dengan siapa pun, penting untuk mengetahui alat terbaik untuk menjangkau mereka. Dengan semua orang tua, ada baiknya mempertimbangkan apakah teks, email, atau telepon adalah metode yang tepat, dan bahasa yang disukai orang tua untuk berkomunikasi. Bagi orang tua yang menggunakan teks sebagai cara komunikasi utama, alat yang hebat adalah Talking Points. Talking Points adalah aplikasi gratis, yang juga dapat digunakan di web, yang menerjemahkan pesan ke dalam 144 bahasa secara otomatis dan dikirim sebagai pesan teks ke ponsel orang tua.

Aplikasi populer lainnya adalah ClassDojo, yang memungkinkan orang tua menerjemahkan pesan ke salah satu dari 36 bahasa yang berbeda. Untuk orang tua yang tidak mengirim SMS atau mungkin memiliki keterbatasan membaca, banyak distrik sekolah menggunakan LanguageLine. Dengan layanan ini, Anda menghubungi nomor yang menghubungkan Anda dengan seseorang yang dapat melakukan terjemahan langsung dari percakapan telepon.

Mungkin sulit untuk mengetahui kapan dan bagaimana menghubungi orang tua, tetapi komunikasi yang jujur ​​dan penuh perhatian adalah cara terbaik dan biasanya diterima dengan baik. Beberapa guru khawatir orang tua akan marah atau mencoba menyalahkan guru. Tetapi jika Anda mengembangkan hubungan yang saling peduli dan tulus dalam komunikasi Anda, itu bisa sangat membantu dalam membangun kemitraan di mana orang tua dan guru berada di tim yang sama.

Berita Terkait

Bagaimana Cara Membuat Media Pembelajaran Interaktif? Begini Penjelasannya
Bagaimana Pembelajaran Yang Sesuai Dengan Tahap Perkembangan Siswa SD Menurut Piaget?
Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka
Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka
Dalam Rantai Makanan Tumbuhan Hijau Berfungsi Sebagai…..
Contoh Soal IPA Kelas 8 SMP MTs Kurikulum Merdeka Bab 2 Struktur dan Fungsi Tubuh Makhluk Hidup
Materi Biologi Kelas 11 Kurikulum Merdeka Lengkap
20 Soal Matematika Kelas 4 Semester 2 Kurikulum Merdeka
Berita ini 1 kali dibaca

Berita Terkait

Kamis, 11 Juli 2024 - 21:23 WIB

Bagaimana Cara Membuat Media Pembelajaran Interaktif? Begini Penjelasannya

Sabtu, 6 Juli 2024 - 17:04 WIB

Bagaimana Pembelajaran Yang Sesuai Dengan Tahap Perkembangan Siswa SD Menurut Piaget?

Kamis, 27 Juni 2024 - 11:03 WIB

Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka

Rabu, 26 Juni 2024 - 20:15 WIB

Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka

Senin, 24 Juni 2024 - 16:11 WIB

Dalam Rantai Makanan Tumbuhan Hijau Berfungsi Sebagai…..

Berita Terbaru