4 Cara Praktis Administrator Dapat Mendukung Pengajar

- Penulis

Selasa, 14 Maret 2023 - 11:42 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

hero blog Administration and Leadership photo iStock 1423165264 kali9 scaled

hero blog Administration and Leadership photo iStock 1423165264 kali9 scaled

Saya telah bekerja di berbagai sekolah—mulai dari mengajar pengganti jangka panjang hingga melayani sebagai asisten kepala sekolah. Jadi saya beruntung menyaksikan banyak gaya kepemimpinan yang berbeda selama dua dekade. Ini juga berarti bahwa saya mengetahui banyak contoh, bacaan, dan diskusi tentang dan seputar administrator yang mengasuh guru. Berikut adalah empat kesamaan yang saya perhatikan di antara para pemimpin sekolah yang memastikan bahwa anggota fakultas merasa didukung.

1. Visibilitas dan pengakuan tinggi

Terlihat oleh semua orang, dan tahu nama semua orang. Administrator yang mendukung terlihat sepanjang hari sekolah. Mereka dengan santai mampir ke ruang kelas untuk memeriksa siswa dan guru, berjalan di lorong, dan terlibat dengan siswa saat istirahat sebelum sekolah, saat istirahat dan makan siang, dan setelah sekolah. Ketika mereka melihat staf dan fakultas, mereka menyapa mereka dengan nama. Ketika ada masalah, guru memiliki perasaan yang baik tentang administrator dan sering kali memiliki niat positif. Menjadi terlihat juga sangat membantu dalam membangun rasa memiliki.

Selamat datang semuanya. Ketika saya menjadi pengganti jangka panjang selama beberapa bulan, pada hari pertama kepala sekolah membawakan saya sebuah lei untuk menyambut saya, dan pada hari terakhir saya dia membawakan saya sebuah lei untuk berterima kasih atas kerja keras saya. Ini adalah gerakan kecil, tetapi membuat saya merasa seperti bagian dari komunitas sekolah.

2. Fokus dan Berpegang pada Strategi Berdampak Tinggi

Selektif tentang apa yang akan membawa keuntungan terbesar. Biasanya, strategi ini ditentukan oleh umpan balik akreditasi, mandat negara bagian dan distrik, atau data yang dikumpulkan oleh tim kepemimpinan sekolah, jadi seringkali ada banyak pilihan. Administrator yang suportif tahu cara menyaring strategi berdampak tinggi ke dalam beberapa prioritas yang dapat dikelola. Setelah strategi ditetapkan, guru diberi waktu khusus dalam hari atau minggu sekolah untuk fokus hanya pada strategi tersebut.

Tetap berpegang pada strategi yang berhasil alih-alih mengikuti tren terbaru. Administrator pendukung juga terus menggunakan strategi berdampak tinggi yang sama selama periode waktu yang lama (jika strategi berhasil). Jika sebuah strategi diketahui berdampak tinggi tetapi sebagian besar guru tidak mengimplementasikannya, dan administrator tidak berencana untuk mengabaikannya, penting untuk mengatasi masalah mengapa strategi tersebut tidak diterapkan. Di sisi lain, jika mandat baru datang dari atasan, administrator tingkat sekolah dapat menetapkan prioritas dan mempertahankan strategi yang telah terbukti.

Baca Juga :  Rangkuman Informatika Kelas 7 BAB 3 Kurikulum Merdeka

Karena strategi ini digunakan dari waktu ke waktu, fakultas dapat menyebutkannya, menunjukkan buktinya, dan menjelaskan cara kerjanya. Ini semakin membangun rasa memiliki dan komunitas di antara fakultas karena mereka semua bekerja untuk tujuan yang sama.

3. Berikan Tujuan Pengumpulan Data

Hubungkan strategi berdampak tinggi ke pelatihan dan akreditasi. Sebagian besar lembaga pendidikan tunduk pada proses akreditasi, yang biasanya berupa komite yang memeriksa tingkat kualitas lembaga tersebut melalui laporan, kunjungan kampus, dan berbagai wawancara dengan pengurus, fakultas, dan mahasiswa. Bagi guru, pengumpulan data bisa terasa tidak ada habisnya dan tidak praktis. Salah satu cara untuk membuat proses lebih efisien adalah menghubungkan pengumpulan data dengan akreditasi.

Misalnya, setelah sesi atau rangkaian pengembangan profesional (PD), mintalah guru dalam departemen atau tim menyusun tugas siswa beserta keterangan dan refleksi dalam dokumen bersama (sekolah saya menggunakan Google Slide). Kemudian, gunakan materi ini untuk bukti akreditasi serta berbagi strategi berdampak tinggi yang berdampak positif pada pembelajaran siswa. Pengumpulan data digital ini dapat direplikasi untuk setiap sesi atau seri PD dan digunakan sebagai jalan galeri digital untuk pembelajaran profesional lebih lanjut.

Ketika administrator menghubungkan titik-titik dari akreditasi ke PD ke pengumpulan data, hal itu akan menghargai waktu para guru dan selanjutnya memberi kesan bahwa administrator memahami dan mendukung mereka.

4. Hormati Waktu, Bagikan agenda, Berkomunikasi dengan Efisien

Kirim email jika umpan balik tidak diperlukan. Administrator yang suportif mengetahui bahwa waktu guru sangat berharga dan rapat administrasi bersaing dengan program pendidikan individual, tim data, komite pembelajaran profesional, rapat perencanaan lintas kurikulum, dan banyak lagi. Jadi, jika rapat hanya untuk berbagi informasi langsung, itu bisa berupa email. Tidak perlu mengadakan pertemuan hanya karena jadwal mengatakan bahwa pertemuan fakultas diadakan di kafetaria pada hari Senin.

Baca Juga :  Buku Guru dan Buku Siswa PJOK SD MI Kurikulum Merdeka

Kirimkan agenda setidaknya 24 jam sebelumnya. Selain itu, berbagi agenda rapat sangat penting bagi administrator untuk menunjukkan bahwa mereka benar-benar menginginkan masukan dari guru. Jika item agenda tidak diberikan kepada fakultas setidaknya 24 jam sebelumnya, bagaimana para guru siap untuk membagikan pemikiran mereka atau mencari informasi yang relevan tentang item tersebut? Ini adalah cara praktis untuk menunjukkan kepada guru bahwa Anda peduli dengan apa yang mereka katakan.

Buat dokumen jadwal mingguan dengan hyperlink. Tidak ada yang menginginkan email lebih dari yang diperlukan. Memiliki dokumen mingguan yang berjalan dengan tautan di dalamnya adalah salah satu cara untuk merampingkan komunikasi digital Anda. Sebaiknya kirim jadwal ini lebih awal pada Senin pagi dengan informasi dan dokumen terpenting yang di-hyperlink pada hari itu.

Misalnya, daftar hari Senin memiliki agenda fakultas dengan tautan ke memo staf. Selasa berisi tautan ke pengingat rapat departemen dan dokumen untuk menambahkan bukti siswa. Rabu menyertakan tautan ke survei fakultas. Kamis membagikan pengingat sederhana tentang acara sekolah, dan Jumat memberikan jadwal ujian beserta tautan pertemuan online bagi guru untuk mengikuti sesi tertentu dengan koordinator ujian. Untuk efisiensi, tempatkan minggu ini di bagian atas dokumen. Untuk membuatnya menyenangkan, ulang tahun fakultas dapat ditambahkan di bagian bawah setiap hari.

Setelah metode ini dibuat, guru tahu untuk terlebih dahulu memeriksa dokumen agenda mingguan sebelum mengirim email.

Berita Terkait

Bagaimana Cara Membuat Media Pembelajaran Interaktif? Begini Penjelasannya
Bagaimana Pembelajaran Yang Sesuai Dengan Tahap Perkembangan Siswa SD Menurut Piaget?
Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka
Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka
Dalam Rantai Makanan Tumbuhan Hijau Berfungsi Sebagai…..
Contoh Soal IPA Kelas 8 SMP MTs Kurikulum Merdeka Bab 2 Struktur dan Fungsi Tubuh Makhluk Hidup
Materi Biologi Kelas 11 Kurikulum Merdeka Lengkap
20 Soal Matematika Kelas 4 Semester 2 Kurikulum Merdeka
Berita ini 0 kali dibaca

Berita Terkait

Kamis, 11 Juli 2024 - 21:23 WIB

Bagaimana Cara Membuat Media Pembelajaran Interaktif? Begini Penjelasannya

Sabtu, 6 Juli 2024 - 17:04 WIB

Bagaimana Pembelajaran Yang Sesuai Dengan Tahap Perkembangan Siswa SD Menurut Piaget?

Kamis, 27 Juni 2024 - 11:03 WIB

Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka

Rabu, 26 Juni 2024 - 20:15 WIB

Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka

Senin, 24 Juni 2024 - 16:11 WIB

Dalam Rantai Makanan Tumbuhan Hijau Berfungsi Sebagai…..

Berita Terbaru

Viral

Jangan Ya Dek Ya Yang Viral Di Tiktok Asli

Rabu, 24 Jul 2024 - 06:53 WIB