5 Tips untuk Guru Tahun Pertama

- Penulis

Sabtu, 11 Maret 2023 - 06:29 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

hero blog New Teachers photo iStock 1383898952 SDI Productions scaled

hero blog New Teachers photo iStock 1383898952 SDI Productions scaled

Mengajar adalah karir yang bermanfaat tetapi menantang, yang terkadang terasa mustahil. Tahun pertama bisa sangat melelahkan dan mendorong banyak pendidik baru untuk berhenti. Namun, harapan tidak hilang. Sebagai guru tahun pertama, saya membutuhkan beberapa strategi untuk membantu saya membangun stamina dan ketahanan saya, dan mungkin Anda juga menemukan kebutuhan akan beberapa metode penanggulangan yang efektif saat Anda menjalani tahun-tahun awal pengajaran. Pendekatan satu ukuran untuk semua bukanlah jawabannya, tetapi menurut saya strategi berikut ini paling efektif untuk saya.

Pisahkan harga diri dan prestasi kerja

Tampaknya luar biasa ketika Anda melihat daftar hal-hal yang menurut orang lain harus Anda lakukan, melihat apa yang harus Anda lakukan, dan juga merundingkan apa yang “praktik terbaik” untuk kelas Anda. Untuk menghindari perasaan hancur oleh lautan tanggung jawab ini, pastikan Anda memisahkan nilai Anda sebagai pribadi dari kemampuan Anda untuk memenuhi harapan orang lain.

Cara terbaik untuk melakukan ini adalah memastikan Anda memiliki kesadaran diri tertentu. Jika Anda kesulitan mengidentifikasi siapa diri Anda di sekolah versus diri Anda yang sebenarnya, sebaiknya tuliskan kata sifat yang mendeskripsikan Anda dan kata sifat berbeda yang mendeskripsikan “guru Anda”. Hal terpenting adalah Anda melakukan sesuatu di hari Anda untuk merayakan diri Anda yang sebenarnya dan bukan hanya guru Anda, seperti bergabung dengan komunitas online berdasarkan hobi Anda atau pergi ke kelas keterampilan di pusat komunitas pada akhir pekan. Memasukkan perayaan ini ke dalam rutinitas Anda dapat membantu mengembangkan pemisahan kritik terhadap guru Anda dan diri Anda yang sebenarnya.

Temukan cara untuk pulih dari kesalahan

Aspek penting lainnya untuk bangkit kembali dari kesalahan adalah mengidentifikasi apa yang akan mengubah kesalahan Anda. Ini terlihat berbeda untuk setiap skenario, tetapi mengembangkan solusi daripada bertindak berdasarkan dorongan pasti akan memberikan hasil yang lebih baik. Rutinitas terbaik yang menurut saya efektif untuk pemulihan adalah membuat rencana tindakan untuk kali berikutnya muncul situasi serupa. Jika kesalahan atau situasi terjadi lagi, saya menyelamatkan diri dari sakit hati mempertanyakan diri sendiri dengan menggunakan langkah-langkah rencana saya.

Baca Juga :  Memahami Kingdom Protista dan Klasifikasinya

Cara penting lainnya untuk mendukung diri sendiri selama tahun pencobaan ini adalah pulih dari kesalahan dengan cara yang berarti. Mengidentifikasi metode untuk belajar dari kesalahan, tetapi tidak menginternalisasinya, akan sangat bermanfaat, jadi penting untuk menetapkan cara mengatur emosi Anda. Ini akan mendukung Anda bergerak maju dan membantu menenangkan Anda. Salah satu metode yang saya gunakan adalah pernapasan sadar. Ada banyak cara untuk melatih pernapasan berkesadaran. Saya menggunakan saluran YouTube yang memiliki video penjelasan, dan latihannya bisa dilakukan sendiri atau bersama kelas Anda.

Ciptakan rutinitas perawatan diri yang bermakna

Setelah hari yang berat, penting untuk memiliki sesuatu untuk membangkitkan semangat Anda. Perawatan diri bisa berarti merawat diri Anda secara spiritual, emosional, fisik, dan sebagainya. Perawatan diri yang sebenarnya bukanlah perbaikan sekali pakai. Perawatan diri yang sejati akan membuahkan hasil hanya jika itu menjadi kebiasaan dan dimasukkan ke dalam rutinitas harian Anda. Itu juga hanya akan datang dari aktivitas yang memberi makan jiwa Anda.

Panggilan ke anggota keluarga dekat mungkin mendorong Anda untuk bertahan melewati stres dengan cara yang memperkaya jiwa. Penting untuk membangun aktivitas perawatan diri ke dalam rutinitas harian Anda. Perawatan diri yang sejati, mengetahui apa kebutuhan Anda dan membuat akomodasi spiritual dan emosional khusus untuk mereka, dapat membantu mengurangi kesepian, rendah diri, dan kecemasan.

Baca Juga :  Penjelasan Lengkap Tentang Struktur Atom

Mengembangkan identitas di luar kelas

Satu ide yang menjadi jelas setelah berbicara dengan banyak guru veteran adalah bahwa kebanyakan guru yang bertahan lama dalam karir mereka memiliki penanda identitas yang kuat di luar karir mereka. Selain menjadi guru, sebagian besar guru ini diidentifikasi sebagai ibu rumah tangga, kutu buku, advokat, atlet, dll.

Anda lebih dari seorang guru, dan mengidentifikasi aktivitas dan komunitas yang memvalidasi identitas Anda dapat membantu memberdayakan Anda untuk mengatasi tantangan. Menemukan waktu untuk aktivitas penting ini tidaklah mudah, tetapi jika bisa, cobalah memasukkannya ke dalam rutinitas Anda. Buat slot waktu dalam jadwal mingguan Anda yang tidak dapat dinegosiasikan. Dengan berkomitmen pada minat lain ini, Anda membiarkan diri Anda menemukan kepuasan dan kegembiraan dari hal-hal lain. Jangan lupa siapa dirimu dan ingin menjadi apa selain menjadi seorang guru.

Bangun jaring dukungan dengan rekan kerja Anda

Bagi guru, terutama guru tahun pertama, isolasi itu nyata. Lingkungan sekolah yang serba cepat dapat mempersulit guru untuk terhubung satu sama lain. Akan tetapi, berhubungan dengan guru lain adalah salah satu cara paling efektif untuk mengatasi kejenuhan. Memiliki guru yang dapat Anda jangkau dapat menjadi penyelamat.

Rekan kerja seringkali menjadi sumber kebijaksanaan terbaik dalam hal pengalaman yang sulit tetapi tidak dapat dihindari. Guru berpengalaman kemungkinan besar pernah berada di posisi itu dan dapat menawarkan cara terbaik untuk menanganinya. Cobalah duduk di ruang makan, menyapa guru yang berpapasan dengan Anda, dan berpartisipasi aktif dalam acara kerja. Dengan menempatkan diri Anda di luar sana untuk terhubung dengan guru lain, kemungkinan besar Anda akan menemukan orang lain yang juga ingin membangun jaringan dukungan.

Berita Terkait

Bagaimana Cara Membuat Media Pembelajaran Interaktif? Begini Penjelasannya
Bagaimana Pembelajaran Yang Sesuai Dengan Tahap Perkembangan Siswa SD Menurut Piaget?
Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka
Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka
Dalam Rantai Makanan Tumbuhan Hijau Berfungsi Sebagai…..
Contoh Soal IPA Kelas 8 SMP MTs Kurikulum Merdeka Bab 2 Struktur dan Fungsi Tubuh Makhluk Hidup
Materi Biologi Kelas 11 Kurikulum Merdeka Lengkap
20 Soal Matematika Kelas 4 Semester 2 Kurikulum Merdeka
Berita ini 1 kali dibaca

Berita Terkait

Kamis, 11 Juli 2024 - 21:23 WIB

Bagaimana Cara Membuat Media Pembelajaran Interaktif? Begini Penjelasannya

Sabtu, 6 Juli 2024 - 17:04 WIB

Bagaimana Pembelajaran Yang Sesuai Dengan Tahap Perkembangan Siswa SD Menurut Piaget?

Kamis, 27 Juni 2024 - 11:03 WIB

Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka

Rabu, 26 Juni 2024 - 20:15 WIB

Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka

Senin, 24 Juni 2024 - 16:11 WIB

Dalam Rantai Makanan Tumbuhan Hijau Berfungsi Sebagai…..

Berita Terbaru