6 Keutamaan Membaca Doa Nabi Yunus AS Yang Jarang Diketahui Padahal Pahalanya Setara Orang Mati Syahid

- Penulis

Rabu, 19 Juni 2024 - 12:00 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Dzikir mengingat Allah SWT merupakan salah satu ibadah yang memiliki pahala besar. Dari sekian banyak bacaan doa yang bisa menjadi dzikir yang bisa diucapkan, salah satunya terkenal karena keistimewaannya adalah Keutamaan Membaca Doa Nabi Yunus AS yang berlafadzkan “ Laa Ilaha illa anta inni kuntu minadzolimin.

Bacaan ini diucapkan oleh Nabi Yunus AS ketika dirinya terjebak didalam perut ikan paus. Alin-alin menyerah dan putus asa, Nabi yunus AS melakukan dzikir satu ini, dirinya menyadari bahwa tentunya ada penyebab sampai dirinya diberikan ujian tersebut.

Lafadz doa satu ini merupakan potongan surat Al Anbiya ayat ke 87. Mari simak bersama seperti apa doa selengkapnya dan apa saja keutamaan dalam mengamalkan dzikir satu ini.

Arti dan Tulisan Arab Keutamaan Membaca Doa Nabi Yunus AS

 لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ سُبْحَانَكَ إِنِّي كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِينَ

Artinya: “Bahwa tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) selain Engkau. Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku adalah termasuk orang-orang yang zalim.” (QS. Al-Anbiya ayat 87).

Keutamaan Membaca Doa Nabi Yunus AS

Meskipun bacaan doa satu ini terlihat sederhana dan sangat singkat sehingga mudah untuk diamalkan. Namun keutamaan mengamalkan doa satu ini sangat luar biasa dan tidak diragukan lagi. Beberapa manfaat tersebut antara lain adalah :

1. Pujian Kepada Allah SWT

Keutamaan Membaca Doa Nabi Yunus AS pertama, bacaan satu ini merupakan sebuah pujian kepada sang maha pencipta. Lafadz La ilaha illa anta memiliki artian bahwa seorang hamba mengakui keesaan Allah SWT. Mengakui bahwa segala sesuatu yang ada di dunia ini hanya kepunyaan Allah SWT dan apapun yang terjadi merupakan kehendak-Nya.

Baca Juga :  6 Doa Memulai Pekerjaan Arab, Latin & Artinya Agar Rejeki Lancar

2. Meminta Pengampunan Allah SWT

Dalam kisah Nabi yunus AS, ketika dirinya terperangkap berhari-hari dalam perut ikan paus. Dirinya bertaubat dan memohon ampunan Allah SWT apapun yang terjadi, sang nabi hanya ingin pengampunan. Nabi Yunus sadari bahwa apa yang terjadi bisa saja ujian dan juga balasan akan kesalahan yang mungkin saja diperbuat.

Sama dengan nabi Yunus AS, sebagai seorang hamba tentunya kita tidak bisa lepas dari kesalahan. Bahkan seorang manusia, sehari saja tidak bisa tidak membuat kesalahan baik yang disengaja maupun tidak. Kesalahan-kesalahan tersebut seperti menyakiti hati orang lain, perkataan yang mencela, ghibah dan lain sebagainya.

Sebagai seorang hamba, kita haruslah mengakui kesalahan yang diperbuat dan bertaubat atasnya. Dengan mengucapkan lafadz doa nabi yunus AS ini, kita hamba yang berharap agar taubatnya diterima oleh Allah SWT dan juga diampuni segala dosa-dosa yang sudah diperbuat di masa lampau maupun masa yang akan datang.

3. Berserah Diri Kepada Allah SWT

Setelah memohon pengampunan dan taubat diterima, maka sebagai seorang hamba tentunya harus berserah diri kepada Allah SWT. Apalagi yang bisa kita perbuat? Kita hanyalah seorang hamba yang mengharapkan yang terbaik, selebihnya apapun yang terjadi merupakan kehendak Allah SWT.

Tunjukan bentuk kepasrahan diri ini kepada Allah SWT sang pemilik hidup dan mati semua makhluk hidup yang ada di alam semesta ini. tidak ada satupun daya maupun upaya yang bisa dilakukan oleh seorang hamba untuk mendahului kehendak Allah SWT.

4. Dipermudah Menghadapi Kesulitan

Jika seorang hamba sudah mendapatkan pengampunan dan cinta dari Allah SWT, apalagi yang perlu ditakutkan? Bahkan ketika sedang menghadapi masalah dan kesulitan yang dianggap berat sekalipun Allah SWT akan membukakan jalan keluar dari semua permasalahan tersebut. Maka jangan heran bila rasulullah SAW juga menganjurkan membaca doa ini ketika sedang dilanda ujian apapun itu.

Baca Juga :  Memahami 3 Jenis Otot pada Manusia, Pengertian, Fungsi dan Ciri-cirinya

Dalam hadits riwayat Al-Hakim, Rasulullah SAW bersabda: “Maukah aku beritahukan kepadamu sesuatu jika kamu ditimpa suatu masalah atau ujian dalam urusan dunia ini, kemudian berdoa dengannya (yaitu doa Dzun Nun atau Nabi Yunus).” Hal ini sebagaimana yang tertulis dalam buku Tadabbur Doa Sehari-hari karya Jumal Ahmad.

Dalam segala kondisi bahkan kondisi yang paling terpuruk sekalipun jangan tinggalkan dzikir satu ini. anda bisa memohon pertolongan Allah SWT dengan membaca dzikir tadi.

5. Mendapatkan Pahala Mati Syahid

Menurut hadits riwayat Al-Hakim yang dishahihkan oleh Adz-Dzahabi, barangsiapa yang membaca lafadz “La ilaha illa anta inni kuntu minadzolimin” sebanyak 40 kali ketika sakit, maka ia akan mendapatkan pahala mati syahid apabila meninggal akibat sakitnya tersebut. Adapun jika seseorang yang mengamalkan doa ini akhirnya sembuh dari sakitnya, maka dosa-dosanya akan diampuni oleh Allah SWT.

Itulah beberapa keutamaan yang bisa didapatkan dengan mengamalkan membaca doa nabi Yunus AS. Karena banyak sekali keutamaan membaca doa nabi Yunus AS tadi sehingga jangan sampai anda ketinggalan mengamalkannya.

Disclaimer : Saksikan informasi update terbaru tentang pendidikan, CPNS, ASN dan informasi penting bagi guru lainnya dengan bergabung di channel telegram kami. KLIK LINK BERIKUT dan pilih JOIN.

Berita Terkait

Contoh Doa Penutup MPLS 2024 Dalam Bahasa Indonesia
Contoh Materi MPLS SMP Kurikulum Merdeka Tahun Anggaran 2024/2025
Implementasi Pembelajaran Sosial dan Emosional di Kelas dan Sekolah
Contoh Modul Ajar Kurikulum Merdeka PAUD-TK Terbaru 2024
6 Daftar Kegiatan Ketika MPLS Bersama Peserta Didik Baru, Jangan Sampai Terlewatkan !
Ada Perlakuan Khusus untuk PPPK 2024, Semua Guru Akan Diberi Tunjangan Lebih Hingga 3 Juta
Alhamdulillah!! Tenaga Honorer Yang Mengabdi Lebih dari 20 Tahun Akan Langsung Ditetapkan NIP Pegawai
Urutan Prosedur Penilaian Hasil Belajar oleh Satuan Pendidikan adalah
Berita ini 0 kali dibaca

Berita Terkait

Jumat, 12 Juli 2024 - 21:32 WIB

Contoh Doa Penutup MPLS 2024 Dalam Bahasa Indonesia

Sabtu, 6 Juli 2024 - 11:26 WIB

Contoh Materi MPLS SMP Kurikulum Merdeka Tahun Anggaran 2024/2025

Senin, 1 Juli 2024 - 16:57 WIB

Implementasi Pembelajaran Sosial dan Emosional di Kelas dan Sekolah

Sabtu, 29 Juni 2024 - 16:30 WIB

Contoh Modul Ajar Kurikulum Merdeka PAUD-TK Terbaru 2024

Kamis, 27 Juni 2024 - 18:28 WIB

6 Daftar Kegiatan Ketika MPLS Bersama Peserta Didik Baru, Jangan Sampai Terlewatkan !

Berita Terbaru