PusatDapodik
Home Berita Pendidikan 7 Cara Maksimalkan CV agar Dilirik HRD

7 Cara Maksimalkan CV agar Dilirik HRD

PUSATDAPODIK.COM – Bagi para pencari kerja tentunya sudah tidak asing lagi dengan yang namanya CV atau Daftar Riwayat Hidup. Sebab, dari CV inilah profil Anda akan diketahui oleh HRD atau perekrut.

Meski begitu, masih banyak yang belum mengetahui bahwa CV itu penting saat melamar pekerjaan. Mengapa ini penting?

Bukan hanya informasi tentang latar belakang dan pengalaman yang harus kami cantumkan dalam satu lembar A4, tetapi banyak hal lain yang bisa kami coba untuk memperbesar peluang lolos ke tahap rekrutmen selanjutnya.

Namun, HRD atau perekrut selalu dibanjiri CV oleh para pelamar kerja. Jadi, usahakan untuk memaksimalkan waktu yang terbatas ini agar para perekrut tetap bisa meliriknya dengan informasi dan strategi yang tepat.

Baca juga: 10 Cara Membuat Lamaran Kerja Lewat Email dengan Cara yang Benar

Dilansir dari laman RevoU, berikut 7 cara memaksimalkan CV agar HRD atau rekruter meliriknya.

1. Sesuaikan CV Anda dengan posisi lowongan

Sebelum membuat atau mengedit CV, pastikan untuk membaca deskripsi pekerjaan secara detail. Identifikasi kualifikasi, tugas dan tanggung jawab pekerjaan, karena poin-poin ini akan secara khusus dicantumkan dalam CV.

Ini adalah salah satu strategi utama yang terkadang diabaikan. Perekrut akan mencari kandidat sesuai kriteria yang tertera, jadi calon kandidat juga harus cerdas.

2. Foto & Info Pribadi

Pastikan foto semi formal dan tersenyum, hindari menggunakan pas foto dengan pakaian rapi dan gaya formal, kecuali ada syarat foto khusus yang diminta oleh perusahaan (biasanya perusahaan Jepang memiliki kriteria khusus).

Untuk informasi calon, tidak memberikan detail alamat hingga nomor rumah, RT/RW, dan nama jalan. Lokasi domisili cukup memberikan informasi alamat.

Baca juga: Begini Cara Membuat Surat Lamaran Kerja di Bank yang Benar

Berikut adalah informasi penting yang harus dicantumkan dalam informasi kandidat:

edukasi.kompas.com

Comment
Share:

Ad