Contoh Modul Ajar Kurikulum Merdeka PAUD-TK Terbaru 2024

- Penulis

Sabtu, 29 Juni 2024 - 16:30 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

PUSAT DAPODIK – Modul Ajar Kurikulum Merdeka untuk PAUD dan TK bisa diunduh dan didapatkan untuk dapat memperlancar proses belajar-mengajar. Modul Ajar sendiri adalah salah satu perangkat ajar yang biasanya digunakan dalam Kurikulum Merdeka.

Perangkat ajar terbagi menjadi 2 bentuk, selain Modul Ajar ada perangkat ajar lain yaitu Modul Projek, dan ada juga Bahan Ajar. Modul Ajar digunakan sebagai acuan tenaga pendidik untuk dapat mengembangkan materi sesuai karakteristik dari peserta didik yang diampu. Sebelum mengetahui contoh modul ajar kurikulum merdeka PAUD-TK, ada baiknya guru mengenal lebih jauh terkait kurikulum merdeka.

Pengertian Kurikulum Merdeka

Kurikulum Merdeka merupakan sebuah kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler dengan konten yang sangat beragam agar siswa bisa lebih optimal dan mempunyai cukup waktu untuk dapat mendalami konsep serta menguatkan kompetensi.

Kurikulum Merdeka pertama dihadirkan sekitar pada tahun 2022 yang bersifat opsional. Hal ini berarti, sekolah dapat memilih untuk mengadopsi Kurikulum Merdeka, atau tetap dalam Kurikulum 2013.

Latar Belakang Kurikulum Merdeka

Kurikulum Merdeka dihadirkan dengan tepat pada momen pandemi COVID-19. Mengacu pada Programme for International Student Assessment (PISA) yang menunjukkan bahwa 70% siswa berusia 15 tahun berada di bawah kompetensi minimum dalam memahami bacaan sederhana maupun dalam menerapkan konsep matematika dasar. Skor PISA ini tidak mengalami peningkatan dengan signifikan dalam sepuluh sampai dengan lima belas tahun terakhir.

Dilansir dari laman Kemdikbud, studi tersebut menunjukan bahwa adanya kesenjangan besar antarwilayah dan antarkelompok sosial-ekonomi khususnya dalam hal kualitas belajar. Hal ini diperparah dengan terjadinya pandemi COVID-19.

Untuk dapat mengatasi hal tersebut, Kemdikbud melakukan penyederhanaan kurikulum dalam keadaan khusus bernamadengan Kurikulum Darurat. Efektivitas kurikulum dalam kondisi khusus semakin mendorong peran pentingnya perubahan kurikulum secara lebih strategis serta komprehensif.

Baca Juga :  Selamat! Kementerian Keuangan membawa kabar gembira bagi para pensiunan PNS, rapelan kenaikan gaji akan segera dicairkan.

Setelah dirumuskan, pada akhirnya Kurikulum Merdeka mulai disosialisasikan sekitar pada tahun 2022. Kemendikbudristek mulai membuka pendaftaran implementasi Kurikulum Merdeka kepada setiap satuan pendidikan.

Dari pendaftaran tersebut, ada sebanyak 140 ribu satuan pendidikan dengan sukarela mengimplementasikan Kurikulum Merdeka. Pada tahun ini lebih dari 300 ribu satuan pendidikan telah menerapkan Kurikulum Merdeka.

Kriteria Modul Ajar Kurikulum Merdeka

Contoh Modul Ajar Kurikulum Merdeka PAUD-TK Terbaru 2024 (1)

Sebelum mulai menyusun, guru perlu memperhatikan sederet kriteria dari Modul Ajar Kurikulum Merdeka, yaitu sebagai berikut:

  • Esensial, materi yang disampaikan harus didasarkan dari pengalaman belajar dan lintas disiplin
  • Menarik,Bermakna dan Menantang, materi harus dikemas untuk menumbuhkan semangat belajar murid dan menjadikan murid menjadi pemeran utama dalam kegiatan belajar.
  • Relevan dan Kontekstual, materi disesuaikan pada konteks yang ada di waktu serta tempat peserta didik.
  • Berkesinambungan, materi harus berhubungan erat dengan alur kegiatan pembelajaran sesuai pada fase belajar peserta didik.

Perlu diketahui, komponen yang ada di dalam Modul Ajar di Kurikulum Merdeka antara lain yaitu Informasi Umum, Komponen Inti, serta Lampiran. Modul Ajar ini tersedia untuk seluruh fase di satuan pendidikan seperti SD yang meliputi fase A/fase B, SMP, SMK dan tidak terkecuali PAUD dan TK.

Link Unduh Modul Ajar PAUD-TK Kurikulum Merdeka

Perlu diketahui, pembelajaran harian di PAUD dan TK sarat dengan kegiatan bermain yang bersifat edukatif, periode ini dapat membantu membangun keterampilan kreasi serta sosialisasi siswa. Meski begitu, tetap dibutuhkan perencanaan supaya tujuan pembelajaran lebih terukur serta terarah.

Untuk tenaga pendidik yang mengampu jenjang pendidikan PAUD-TK bisa mengunduh Modul Ajar Kurikulum Merdeka dengan melalui link sebagai berikut:

Baca Juga :  Pengumuman Seleksi Pengadaan PPPK Provinsi Sulawsi Selatan Tahun 2023

Cara Membuat Modul Ajar

Contoh Modul Ajar Kurikulum Merdeka PAUD-TK Terbaru 2024 (2)

Untuk dapat membuat Modul Pembelajaran ada sejumlah prinsip penyusunan yang wajib diikuti dan diperhitungkan oleh tenaga pendidik. Prinsip tersebut antara lain adalah sebagai berikut.

  • Karakteristik dari peserta didik dalam masing-masing fase
  • Tingkat pemahaman, serta variasi jarak (gap) dari peserta didik di masing-masing fase
  • Menyusun dengan cara melihat dari sudut pandang peserta didik, di mana setiap individu mempunyai keunikan
  • Menyeimbangkan intelektual, sosial serta personal
  • Memperhatikan pengalaman belajar sebelumnya, karena tingkat kematangan peserta didik berbeda berdasarkan dengan proses perkembangan yang dilalui.

Setelah mengetahui prinsip penyusunan, tenaga pendidik PAUD-TK bisa mulai menyusun Modul Ajar. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat diikuti untuk membuat Modul Pembelajaran:

  • Yang pertama, guru atau tenaga pendidik perlu melakukan analisa kebutuhan dan situasi pembelajaran yang meliputi kondisi guru, peserta didik sampai dengan satuan pendidikan
  • Melakukan identifikasi dan menentukan dimensi Profil Pelajaran Pancasila, disesuaikan pada kemampuan masing-masing satuan pendidikan
  • Menentukan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) yang ingin dikembangkan untuk dapat menjadi Modul Ajar dengan mengacu pada ATP hasil pengembangan sekolah ataupun ATP yang sudah ada
  • Menyusun Modul Ajar sesuai komponen yang tersedia, guru juga bisa memilih komponen selain komponen inti yang sesuai pada kebutuhan pembelajaran
  • Melakukan pembelajaran berdasarkan pada Modul Ajar yang telah disusun guru/tenaga pendidik
  • Setelah dilakukan guru/tenaga pendidik perlu melaksanakan evaluasi dari efektivitas modul sebagai bentuk tindak lanjut atau pertimbangan untuk pembelajaran berikutnya.

Kesimpulan

Itulah di atas pembahasan lengkap mengenai Contoh Modul Ajar Kurikulum Merdeka PAUD-TK Terbaru 2024. Demikian pembahasan kali ini, semoga informasi terkait modul ajar yang di sampaikan di atas bermanfaat.

Berita Terkait

Untuk Jenjang SMA Tahun Depan 2024/2025 Sudah tidak Ada Lagi Penjurusan, Ini Kebijakan Baru Dari Nadiem makarim
Pasti dari Jokowi, Tahun Depan tidak Ada Perbedaan Antara PNS dan PPPK, Semua Akan Satu Nama Menjadi ASN
Contoh Doa Penutup MPLS 2024 Dalam Bahasa Indonesia
Contoh Materi MPLS SMP Kurikulum Merdeka Tahun Anggaran 2024/2025
Implementasi Pembelajaran Sosial dan Emosional di Kelas dan Sekolah
6 Daftar Kegiatan Ketika MPLS Bersama Peserta Didik Baru, Jangan Sampai Terlewatkan !
Ada Perlakuan Khusus untuk PPPK 2024, Semua Guru Akan Diberi Tunjangan Lebih Hingga 3 Juta
Alhamdulillah!! Tenaga Honorer Yang Mengabdi Lebih dari 20 Tahun Akan Langsung Ditetapkan NIP Pegawai
Berita ini 42 kali dibaca

Berita Terkait

Sabtu, 20 Juli 2024 - 10:33 WIB

Untuk Jenjang SMA Tahun Depan 2024/2025 Sudah tidak Ada Lagi Penjurusan, Ini Kebijakan Baru Dari Nadiem makarim

Jumat, 19 Juli 2024 - 10:42 WIB

Pasti dari Jokowi, Tahun Depan tidak Ada Perbedaan Antara PNS dan PPPK, Semua Akan Satu Nama Menjadi ASN

Jumat, 12 Juli 2024 - 21:32 WIB

Contoh Doa Penutup MPLS 2024 Dalam Bahasa Indonesia

Sabtu, 6 Juli 2024 - 11:26 WIB

Contoh Materi MPLS SMP Kurikulum Merdeka Tahun Anggaran 2024/2025

Senin, 1 Juli 2024 - 16:57 WIB

Implementasi Pembelajaran Sosial dan Emosional di Kelas dan Sekolah

Berita Terbaru