PusatDapodik
Home Berita 7 Tips Memperkenalkan Diri yang Baik Saat Interview Kerja

7 Tips Memperkenalkan Diri yang Baik Saat Interview Kerja

7 Tips Memperkenalkan Diri yang Baik Saat Interview Kerja.webp

Gugup adalah hal yang sering dirasakan banyak orang saat akan menghadapi wawancara atau wawancara kerja. Padahal ini adalah langkah terakhir untuk menentukan apakah Anda layak atau tidak bekerja di perusahaan tersebut. Makanya kamu perlu belajar cara memperkenalkan diri dengan baik saat interview agar HRD bisa tertarik sama kamu dan kamu bisa lulus dengan sempurna dan bekerja disana.

Bagi Anda yang baru saja lulus sekolah dan akan melakukan panggilan wawancara kerja dan bingung pertanyaan apa yang akan diajukan HRD nanti saat wawancara kerja, Anda harus membaca artikel ini sampai akhir agar semuanya tidak berantakan. ke atas. OKE?

Meskipun alur pertanyaan saat wawancara kerja akan berbeda-beda, semua perusahaan pasti akan mengajukan pertanyaan yang hampir sama isinya. Berikut adalah beberapa tips pengenalan diri yang baik selama wawancara kerja.

Anda harus fokus dan melakukan kontak mata yang baik

Fokus adalah kunci utama keberhasilan wawancara kerja. Fokus pada apa yang HRD katakan, jangan memikirkan hal lain terlebih dahulu.

Selain itu, usahakan untuk selalu melakukan kontak mata dengan HRD karena hal ini sering dianggap remeh. Jangan pernah melihat ke bawah atau melihat ke atas saat sedang diwawancarai. Ini akan menimbulkan kesan tidak sopan.

Berikan gestur tubuh yang baik

Selain fokus, Anda juga harus memperhatikan gestur tubuh. Anda harus mempelajari cara menggerakkan tangan dengan benar saat berbicara dan cara duduk yang benar.

Ini akan menjadi salah satu poin penilaian apakah Anda termasuk orang yang percaya diri saat berbicara atau tidak.

Sampaikan salammu

Saat wawancara kerja, biasanya HRD akan menyapa Anda terlebih dahulu. Jika sudah merasa siap, HRD akan mengajak Anda untuk memperkenalkan diri.

Sedikit tips, sebelum memulai, ada baiknya sapa HRD kembali, meskipun sebelumnya sudah saling sapa dan perkenalkan.

Mohon berikan salam yang baik dengan tambahan ucapan terima kasih karena telah memberikan kesempatan untuk lolos ke tahap wawancara. Ini akan menjadi nilai yang baik bagi Anda karena Anda telah bersikap sopan dan menghargai kesempatan yang telah diberikan.

Perkenalkan diri Anda secara umum

Tips selanjutnya adalah memperkenalkan diri secara umum. Artinya, Anda bisa memberikan informasi seperti nama, umur, hingga tempat tinggal Anda sekarang. Ini akan menjadi informasi dasar yang akan diketahui HRD tentang Anda.

Data pribadi yang singkat ini dapat menghemat waktu agar wawancara tidak terlalu bertele-tele. Dengan demikian, pengenalan diri saat wawancara efisien dan efektif.

BACA JUGA : 5 Contoh Surat Lamaran Kerja Menarik Via Email HRD

Beri tahu saya dari sekolah mana Anda lulus dan jurusan apa

Anda juga bisa membedakan dari sekolah mana Anda lulus dan jurusan apa, karena ini mungkin salah satu persyaratan dan kualifikasi yang ditetapkan oleh perusahaan.

Namun jangan khawatir, saat ini sudah banyak lowongan kerja yang tidak mensyaratkan persyaratan pencari kerja dari lulusan jurusan tertentu. Jadi Anda bisa menggunakan tips ini sebagai tambahan.

Jelaskan Pengalaman Kerja

Jika Anda sudah memiliki pengalaman kerja, Anda bisa menjelaskan posisi apa saja yang pernah Anda duduki di perusahaan sebelumnya. Anda dapat mengatur deskripsi pengalaman kerja ini dengan:

  • Posisi Anda saat itu
  • Tanggung jawab yang Anda pikul
  • Kesulitan yang Anda hadapi di posisi itu

Tutup pengantar

Setelah menjelaskan segala sesuatu tentang diri Anda, jangan lupa untuk menutup perkenalan diri Anda dengan sopan saat wawancara berlangsung. Saat menutup, Anda harus memberi kesan bahwa Anda siap untuk setiap pertanyaan dari pewawancara.

Contoh penutupan perkenalan diri saat wawancara:

“Itulah hal-hal yang bisa saya perkenalkan kepada Anda. Tentunya perkenalan ini tidak bisa dijadikan acuan Bapak/Ibu untuk menilai saya. Jadi, saya siap menjawab semua yang ingin Anda tanyakan kepada saya.”

Comment
Share:

Ad