Adjective Clause: Memahami Definisi dan Jenis, Rumus, dan Contohnya

- Penulis

Senin, 20 Maret 2023 - 20:18 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Adjective Clause Pengertian Pengertian dan Jenis, Rumus, dan Contohnya

Memahami struktur dan fungsi tata bahasa Inggris dapat membantu membuat tugas menulis lebih efisien. Salah satu komponen penting tata bahasa Inggris ini dikenal sebagai klausa kata sifat.

Jenis klausa khusus ini, bila digunakan dengan benar, dapat menambah variasi pada teknik penulisan, memungkinkan Anda menghidupkan tulisan Anda dengan detail dan kehalusan.

Klausa kata sifat sering muncul dalam kalimat yang lebih panjang atau bahkan seluruh klausa independen. Klausa kata sifat berfungsi sebagai frasa kata keterangan atau klausa kata benda, menambahkan informasi deskriptif tambahan tentang kata benda atau kata ganti yang dimodifikasi.

Agar tidak bingung, mari kita bahas selengkapnya di bawah ini. Baca terus untuk panduan komprehensif dalam memahami definisi, komponen, fungsi, jenis, dan contoh klausa kata sifat.

Apa itu Adjective Clauses?

Klausa kata sifat, juga dikenal sebagai klausa relatif, adalah frasa yang mengikuti kata benda atau kata ganti dan memberikan deskripsi tambahan tentang sesuatu.

Mereka terdiri dari klausa yang berisi subjek dan predikat. Klausa kata sifat membantu kami memberikan lebih banyak informasi tentang suatu objek, membuat komunikasi menjadi lebih spesifik.

Mereka berfungsi sebagai pengubah dalam kalimat di mana informasi tambahan yang disebutkan di dalamnya akan sesuai dengan subjek awal atau karakter utama yang disebutkan di awal kalimat.

Tujuannya adalah untuk membantu pembaca atau pendengar untuk menjelaskan secara lebih rinci pokok bahasan sehingga mereka dapat lebih memahami apa yang ingin disampaikan oleh penulis.

Komponen Klausa Adjektiva

Klausa kata sifat, juga dikenal sebagai klausa relatif, terdiri dari kata ganti relatif (siapa, siapa, siapa, itu atau yang mana) dan informasi yang dirujuknya. Informasi ini dapat bersifat restriktif atau non-restriktif.

Adjective clause restriktif memberikan penjelasan lebih lanjut tentang nomina yang penting untuk makna kalimat, sedangkan klausa adjektiva nonrestriktif memberikan informasi tambahan yang tidak penting untuk memahami kalimat.

Untuk mengidentifikasi klausa kata sifat restriktif, pertimbangkan apakah kalimat tersebut dapat dimengerti tanpanya. Jika tidak, maka klausa dianggap membatasi dan tidak dapat dipisahkan dengan koma.

Baca Juga :  Mengenal Rumah Adat Maluku: Nama dan Bentuk Arsitektur

Klausa kata sifat non restriktif dapat dipisahkan dengan koma karena tidak mempengaruhi makna kalimat apakah termasuk atau tidak.

Sebagai contoh:

  • Anak laki-laki yang berlarian di sekitar ruangan adalah adik laki-laki saya. (Membatasi)
  • Saya selesai membaca Harry Potter, yang dijadikan film. (non restriktif))

Fungsi Adjective Clause

Klausa kata sifat menawarkan banyak manfaat dengan menambahkan informasi yang sesuai ke bagian kalimat.

Klausa kata sifat adalah klausa yang terdiri dari subjek dan predikat, yang berfungsi sebagai kata sifat dalam sebuah kalimat.

Misalnya: “Dia adalah orang yang saya temui kemarin”. Dua komponen yang melengkapi fungsi Adjective Clause adalah: ‘yang” mengacu pada ‘orang‘ Dan ‘Kemarin‘ menunjukkan waktu ketika Subjek berinteraksi dengan Objek.

Kedua komponen ini membuat teks lebih menarik dan menambah gambaran luas tentang suatu objek atau karakter. Seperti halnya penentu, klausa kata sifat juga memberikan informasi tambahan tentang sesuatu yang disebutkan dalam kalimat utama.

Formula Adjective Clause

Dalam membuat kalimat yang panjang, Anda harus mengetahui rumus atau rumus apa saja yang ada di dalamnya, seperti:

Relative Pronoun atau Adverb* + Subject + Verb

Relative Pronoun* sebagai Subjek + Kata Kerja

*Kata ganti relatif (siapa, yang, siapa, siapa)

* Kata keterangan relatif (kapan, mengapa, di mana).

Contoh kalimat Adjective Clause dalam bahasa Inggris

Akan sangat membantu jika kita melihat beberapa contoh kalimat klausa kata sifat dalam bahasa Inggris untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang penggunaannya. Klausa kata sifat biasanya diperkenalkan dengan kata ganti relatif seperti “siapa”, “yang”, “di mana”, atau “itu”.

Berikut adalah beberapa contoh untuk membantu Anda mengenali penggunaan klausa kata sifat dalam kalimat:

  • Wanita yang mengenakan gaun merah sedang mengantri di sebuah toko kelontong.
  • Sepeda yang dibeli secara online tiba kemarin.
  • Brokoli yang sering dibiarkan orang tidak dimakan ternyata sangat bergizi.
  • Yuna, siswa yang mengajari saya bahasa Inggris di sekolah, sekarang sudah pensiun
  • Saya menyukai aktor yang berperan sebagai Southa di serial anime
  • Rozak, anak laki-laki yang berbicara lebih dulu, mendapat hadiah ketiga.
  • Ayah saya membenci tas yang saya beli dari Paris.
Baca Juga :  Doa Selamat Dunia Akhirat Arab, Latin dan Artinya (Lengkap)

Tip untuk Menemukan dan Menggunakan Adjective Clauses

Adjective Clause mungkin sulit ditemukan dan digunakan, tetapi dengan tips yang tepat, Anda akan dapat mengenali dan memahaminya dengan cepat. Berikut adalah beberapa tip untuk menemukan dan menggunakan klausa kata sifat:

Mengidentifikasi Adjective Clauses

Klausa kata sifat dimulai dengan kata ganti relatif (misalnya, siapa, siapa, siapa, itu, yang mana) atau kata keterangan relatif (misalnya, kapan, di mana). Jika klausa dimulai dengan salah satu dari kata-kata ini dan termasuk kata kerja, kemungkinan besar itu adalah klausa kata sifat.

Memahami Fungsi

Setelah Anda mengidentifikasi klausa kata sifat, penting untuk memahami fungsinya. Klausa kata sifat memberikan detail tambahan tentang kata benda atau kata ganti yang dimodifikasi. Misalnya, “Anjing yang tinggal di sebelah rumah saya sangat ramah” Klausa kata sifat “yang tinggal di sebelah rumah saya” memberi tahu kami lebih banyak informasi tentang anjing mana yang sedang dibahas.

Jenis Klausa Adjektiva

Ada dua jenis utama klausa kata sifat: klausa kata sifat restriktif & non-restriktif. Klausa restriktif memberikan informasi penting tentang kata benda atau kata ganti yang mereka ubah dan harus tetap dalam kalimat agar masuk akal.

Klausa non-restriktif memberikan detail tambahan tentang kata benda atau kata ganti tetapi tidak harus disertakan agar kalimat masuk akal

Dengan mengikuti tip berikut dan mengenali berbagai jenis klausa kata sifat, Anda akan dapat mengidentifikasi dan menggunakannya secara efektif dalam tulisan Anda!

Kesimpulan

Klausa kata sifat adalah alat yang efektif untuk menambahkan detail dan konteks pada kalimat, dan ini membuatnya sangat berharga bagi siapa saja yang ingin menulis dengan jelas dan efektif. Memahami definisi dan komponen klausa kata sifat, serta mengenal berbagai jenis dan kegunaannya, dapat membantu Anda menyusun kalimat yang menyampaikan banyak informasi dalam bentuk yang ringkas. Dengan sedikit latihan dan kreativitas, Anda dapat memanfaatkan klausul yang kuat dan serbaguna ini.

www.quipper.com

Berita Terkait

Untuk Jenjang SMA Tahun Depan 2024/2025 Sudah tidak Ada Lagi Penjurusan, Ini Kebijakan Baru Dari Nadiem makarim
Pasti dari Jokowi, Tahun Depan tidak Ada Perbedaan Antara PNS dan PPPK, Semua Akan Satu Nama Menjadi ASN
Contoh Doa Penutup MPLS 2024 Dalam Bahasa Indonesia
Contoh Materi MPLS SMP Kurikulum Merdeka Tahun Anggaran 2024/2025
Implementasi Pembelajaran Sosial dan Emosional di Kelas dan Sekolah
Contoh Modul Ajar Kurikulum Merdeka PAUD-TK Terbaru 2024
6 Daftar Kegiatan Ketika MPLS Bersama Peserta Didik Baru, Jangan Sampai Terlewatkan !
Ada Perlakuan Khusus untuk PPPK 2024, Semua Guru Akan Diberi Tunjangan Lebih Hingga 3 Juta
Berita ini 3 kali dibaca

Berita Terkait

Sabtu, 20 Juli 2024 - 10:33 WIB

Untuk Jenjang SMA Tahun Depan 2024/2025 Sudah tidak Ada Lagi Penjurusan, Ini Kebijakan Baru Dari Nadiem makarim

Jumat, 19 Juli 2024 - 10:42 WIB

Pasti dari Jokowi, Tahun Depan tidak Ada Perbedaan Antara PNS dan PPPK, Semua Akan Satu Nama Menjadi ASN

Jumat, 12 Juli 2024 - 21:32 WIB

Contoh Doa Penutup MPLS 2024 Dalam Bahasa Indonesia

Sabtu, 6 Juli 2024 - 11:26 WIB

Contoh Materi MPLS SMP Kurikulum Merdeka Tahun Anggaran 2024/2025

Senin, 1 Juli 2024 - 16:57 WIB

Implementasi Pembelajaran Sosial dan Emosional di Kelas dan Sekolah

Berita Terbaru