PusatDapodik
Home Guru Alur Pendaftaran, Timeline, dan Rincian Beban SKS pada Program PPG Prajabatan Tahun 2024 yang Perlu Diketahui dan Diperhatikan Oleh Calon Peserta

Alur Pendaftaran, Timeline, dan Rincian Beban SKS pada Program PPG Prajabatan Tahun 2024 yang Perlu Diketahui dan Diperhatikan Oleh Calon Peserta

5 Hal Yang Akan Kamu Rindukan Setelah Lulus Kuliah

PUSATDAPODIK.COM – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) resmi membuka pendaftaran untuk Program Pendidikan Profesi Guru atau Program PPG Prajabatan Tahun 2024. Kemendikbud membuka pendaftaran PPG Prajabatan 2024 mulai tanggal 4 April hingga 15 Mei 2024 mendatang. Pilihan studi pada PPG Prajabatan 2024 juga lebih bervariasi dan telah dibahas pada artikel sebelumnya.

Bagi anda yang berniat untuk mendaftarkan diri sebagai peserta PPG Prajabatan Tahun 2024 wajib memahami alur pendaftaran, timeline, serta rincian beban SKS yang akan ditempuh selama mengikuti program.

Alur Pendaftaran Program PPG Prajabatan

Alur Pendaftaran yang wajib diperhatikan oleh calon peserta PPG Prajabatan Tahun 2024 yaitu sebagai berikut:

  1. Calon peserta PPG Prajabatan dapat melakukan registrasi dan login pada akun SIMPKB
  2. Seleksi tahap 1 yang meliputi pengisian data diri, esai, pemilihan bidang studi, dan preferensi lokasi pengabdian
  3. Pembayaran biaya pendaftaran
  4. Pengumuman hasil seleksi tahap 1 sekaligus cetak kartu peserta
  5. Seleksi tahap 2 berupa tes substantif
  6. Pengumuman hasil seleksi tahap 2 sekaligus penentuan jadwal wawancara
  7. Seleksi tahap 3 yang meliputi wawancara
  8. Pengumuman hasil seleksi tahap 3 sekaligus konfirmasi kesediaan
  9. Penetapan mahasiswa PPG Prajabatan dan lapor diri di LPTK
  10. Orientasi dan awal perkuliahan mahasiswa PPG Prajabatan.

Timeline Program PPG Prajabatan

Berikut ini timeline yang harus diperhatikan oleh calon peserta PPG Prajabatan Tahun 2024:

  1. Pendaftaran seleksi calon mahasiswa: 4 April – 15 Mei 2024
  2. Pengumuman kelulusan seleksi administrasi: 27 Mei 2024
  3. Cetak kartu peserta: 27 Mei – 7 Juni 2024
  4. Pelaksanaan tes substantif: 3-7 Juni 2024
  5. Pengumuman kelulusan tes substantif: 20 Juni 2024
  6. Pengumuman jadwal wawancara: 24 Juni 2024
  7. Pelaksanaan tes wawancara: 1-31 Juli 2024
  8. Pengumuman kelulusan seleksi: 14 Agustus 2024
  9. Konfirmasi kesediaan mengikuti PPG Prajabatan Tahun 2024: 15-18 Agustus 2024
  10. Penetapan mahasiswa PPG Prajabatan Tahun 2024: 23 Agustus 2024
  11. Lapor diri mahasiswa PPG Prajabatan di LPTK: 26-31 Agustus 2024
  12. Orientasi mahasiswa: 2-6 September 2024
  13. Awal perkuliahan PPG Prajabatan 2024: 9 September 2024

Struktur Kurikulum dan Beban SKS PPG Prajabatan

Struktur kurikulum dan beban SKS yang akan ditempuh oleh mahasiswa PPG Prajabatan dibagi menjadi 3 macam, yaitu sebagai berikut:

1. Mata kuliah inti

Mata kuliah inti yaitu mata kuliah yang wajib diambil oleh calon guru dan harus lulus sebagai bagian dari pemenuhan persyaratan kelulusan program PPG Prajabatan. Untuk Mata kuliah inti yang wajib ditempuh oleh mahasiswa PPG Prajabatan yaitu terdiri dari 32 SKS.

2. Mata kuliah selektif

Mata kuliah selektif yaitu mata kuliah yang dipilih oleh calon guru dari sejumlah pilihan yang disediakan oleh perguruan tinggi penyelenggara program PPG Prajabatan. Untuk Mata kuliah selektif berasal dari daftar mata kuliah pilihan PPG Prajabatan yang telah ditetapkan secara nasional. Mata kuliah selektif yang dapat dipilih oleh mahasiswa PPG Prajabatan terdiri dari 4 SKS

3. Lalu Mata kuliah elektif

Mata kuliah pilihan elektif adalah mata kuliah yang dipilih oleh calon guru dari sejumlah pilihan yang disediakan oleh perguruan tinggi penyelenggara program PPG Prajabatan. mata kuliah pilihan elektif dapat berasal dari daftar mata kuliah pilihan program PPG Prajabatan secara nasional atau dari mata kuliah pilihan yang dikembangkan perguruan tinggi secara mandiri. Mata kuliah elektif yang dapat dipilih oleh mahasiswa PPG Prajabatan terdiri dari 2 SKS

Mahasiswa PPG Prajabatan menempuh program selama 2 semester dengan rincian sebagai berikut:

  • Semester 1 (Hybrid Learning) dengan perkuliahan berorientasi praktik sebanyak 12 SKS dan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di sekolah sebanyak 6 SKS. PPL yang dilakukan di sekolah yaitu Pengamatan Siswa (Observing Teaching) dan Belajar Mengajar Mata Pelajaran (Assisting Teaching)
  • Semester 2 (Hybrid Learning) dengan perkuliahan berorientasi praktik sebanyak 8 SKS, Proyek Kepemimpinan di Lingkungan Masyarakat sebanyak 2 SKS, dan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di sekolah sebanyak 8 SKS. PPL yang dilakukan di sekolah yaitu Proyek Inovasi Pengajaran (Collaborating Teaching) dan Proyek Studi Kasus Siswa yang Bermasalah (Leading Teaching)

Demikian informasi tentang alur pendaftaran, timeline, serta beban SKS yang harus ditempuh oleh peserta PPG Prajabatan Tahun 2024. Segera daftarkan diri anda dan jangan sampai terlewat, batas pendaftaran hingga 15 Mei 2024 mendatang. Selamat mencoba, semoga sukses!

Disclaimer : Saksikan informasi update terbaru tentang pendidikan, CPNS, ASN dan informasi penting bagi guru lainnya dengan bergabung di channel telegram kami. KLIK LINK BERIKUT dan pilih JOIN.

Comment
Share:

Ad