Baru Purna Tugas? Ini 5 Kegiatan Positif yang Cocok Dilakukan Saat Pensiun

- Penulis

Kamis, 23 Mei 2024 - 14:47 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

PUSAT DAPODIK – Setelah setiap hari disibukan dengan aktivitas pengabdian terhadap negara, momen pensiun adalah moment yang paling ditunggu-tunggu para ASN karena di momen ini artinya mereka sudah dibebastugaskan. Meskipun harus diakui ada beberapa orang yang harus melakukan adaptasi lagi ketika pensiun karena tidak mudah menerima dirinya yang selama ini harus sibuk kemudian tiba-tiba beristirahat dengan total.

Untuk menikmati waktu pensiun ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan tentunya yang bermanfaat. Kegiatan ini yang sebelumnya tidak bisa dilakukan karena tugas negara kini bisa dilakukan sepanjang hari karena sudah pensiun. Apa saja kegiatan positif yang cocok dilakukan saat pensiun? Simak ulasannya berikut ini:

1. Melakukan Hobi Yang Selama Ini Terbengkalai

Setiap orang tentunya memiliki hobi yang senang ketika mereka lakukan. Begitupun ASN, setiap ASN tentunya memiliki hobi namun selama ini terkendala dilakukan karena sibuknya aktivitas di instansi pekerjaan. Setelah pensiun, tentunya sangat banyak waktu yang bisa digunakan untuk melakukan hobi tersebut.

Beberapa hobi yang umumnya disukai diantaranya seperti memancing, memasak, berkebun, mendaki gunung, bersepeda, traveling dan lain sebagainya. Melakukan hobi pun memiliki banyak manfaat, seperti :

  • Mengurangi stress : melakukan hobi bisa mengurangi stress yang dialami seseorang, karena fokus pada hobi yang disukai membuat otak melepaskan hormon endorphin yang membuat manusia bahagia dan rileks.
  • Meningkatkan kreativitas : melakukan hobi bisa membuat seseorang lebih kreatif dari sebelumnya karena otak terus berpikir hal-hal baru dan yang berbeda. Sehingga bisa menciptakan ide-ide baru dalam kehidupan sehari-hari.
  • Mengurangi kebosanan : menjalani rutinitas yang berbeda dari sebelumnya bukan hal yang mudah. Orang yang terbiasa sibuk kemudian tiba-tiba harus berhenti tentunya bisa bosan. Dengan melakukan hobi kebosanan ini bisa dihilangkan.
  • Meningkatkan kesehatan mental : ini dia hal yang paling penting,melakukan hobi sangat penting untuk meningkatkan kesehatan mental. Karena diri menjadi tetap beraktifitas meskipun santai, pikiranpun lebih tenang dan terhindar dari resiko depresi, kecemasan dan masalah mental lainnya.
Baca Juga :  Kabar Gembira Dari KEMENKEU, Tunjangan Profesi Guru Triwulan 1 Dibayarkan April 2023 Tahap 1

2. Aktif Melakukan Kegiatan Keagamaan

Kegiatan positif yang cocok dilakukan ketika pensiun yang selanjutnya adalah melakukan kegiatan keagamaan. Mungkin selama ini anda terlalu sibuk bekerja dan ikut kegiatan keagamaan ketika ada waktu luang saja. Kini kesempatan anda untuk aktif melakukan berbagai kegiatan keagamaan. Bersyukurlah karena ini artinya Tuhan memberikan satu kesempatan bagi anda untuk mendekatkan diri padaNya dan tidak semua orang bisa mendapatkan kesempatan ini.

Beberapa kegiatan keagamaan yang bisa diikuti untuk kaum muslimin seperti :

  • Aktif mengikuti pengajian di lingkungan sekitar yang diadakan secara terjadwal.
  • Jika belum ada TPQ maka membuka TPQ dengan murid anak-anak warga sekitar.
  • Rutin menyaksikan kajian secara online maupun offline juga bisa melakukan aplikasi streaming.

3. Menekuni Bisnis

Sebenarnya yang selanjutnya ini tidak harus menunggu pensiun untuk mulai terjun di dunia bisnis. Namun ketika pensiun anda bisa lebih fokus ke bisnis yang sebelumnya sudah dirintis terlebih dahulu. Selain bisa jadi aktivitas penghilang rasa bosan, dengan memiliki bisnis anda juga bisa mendapatkan tambahan penghasilan sendiri.

Jika anda ketika pensiun belum juga memiliki bisnis, jangan pesimis ada banyak bisnis yang bisa dimulai di usia pensiun. Contohnya saja membuka rumah makan, membuka warung sembako, atau menjual produk dari hasil melakukan hobi anda.

Baca Juga :  Jawaban Soal Bagaimana Anda Sebagai Guru Mengintegrasikan Muatan Life Skill dalam Pembelajaran di Kelas Anda?

Bisnis yang dijalani harus sesuai dengan kondisi finansial anda, jangan sampai anda nekat untuk berhutang padahal belum pernah terjun ke dunia bisnis. Anda tidak inginkan menanggung beban hutang di usia yang tidak lagi muda?

4. Menjalin Silaturahmi

Kemudian, usia pensiun adalah usia yang paling ideal untuk mulai mempererat hubungan social dengan orang sekitar atau teman-teman ketika sekolah dulu yang sulit anda temui ketika sudah bekerja. Tidak ada salahnya anda mulai mengunjungi satu persatu teman-teman masa lalu yang mungkin sudah lama sekali anda tidak mendengar lagi kabarnya.

5. Memulai Rutinitas Berolahraga

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya bahwa bisa merasakan pensiun adalah salah satu nikmat yang tidak semua orang bisa mendapatkannya oleh karenanya harus anda syukuri dan jaga. Salah satu bentuk menjaga diri dari anugerah ini adalah dengan memulai rutinitas berolahraga.

Pilihlah olahraga yang ringan dan bisa dilakukan setiap hari. Tidak perlu lama, cukup 30 menit setiap harinya namun dilakukan secara konsisten. Misalnya saja senam aerobic, jalan-jalan maupun bersepeda. Selain menyehatkan, kegiatan ini juga menyenangkan lho.

Itulah beberapa kegiatan yang cocok dilakukan ketika sudah pensiun selain menyenangkan juga bermanfaat. Ingat, meskipun anda saat ini pensiun namun jangan batasi diri untuk terus beraktivitas, karena dengan aktivitas maka tubuh dan otak terus bekerja dan manfaatnya anda terhindar dari kepikunan.  

Disclaimer : Saksikan informasi update terbaru tentang pendidikan, CPNS, ASN dan informasi penting bagi guru lainnya dengan bergabung di channel telegram kami. KLIK LINK BERIKUT dan pilih JOIN.

Berita Terkait

Ada Jaminan Pensiun Untuk Guru Honorer Swasta, Namun Syaratnya cukup Bikin geleng-geleng
Contoh Surat Pernyataan Atau Pakta Integritas Lapor diri piloting PPG Daljab 2024
Pengumuman Piloting PPG 2024 Di Mulai Hari ini, Ayok Cek SIM PKB Bapak/ibu Guru Masing-masing
Guru Kategori Berikut Tidak Usah Khawatir, Ada Bantuan TPP Tambahan Untuk Yang Mengajar Lebih dari 24 Jam
Download Surat Edaran Piloting PPG Guru 2024
Ini Yang Harus Bapak/ibu Lakukan Jika sudah Terpanggil PPG Daljab 2024 di SIMPKB
Cara Melihat Penilaian Pengelolaan Kinerja PMM di E- Kinerja BKN Untuk Guru
Selamat untuk Guru Jateng, TPG TW 2 Akan Segera di Kirimkan ke Rekening Pertengahan Juli Ini
Berita ini 1 kali dibaca

Berita Terkait

Rabu, 24 Juli 2024 - 12:21 WIB

Ada Jaminan Pensiun Untuk Guru Honorer Swasta, Namun Syaratnya cukup Bikin geleng-geleng

Selasa, 23 Juli 2024 - 05:12 WIB

Contoh Surat Pernyataan Atau Pakta Integritas Lapor diri piloting PPG Daljab 2024

Senin, 22 Juli 2024 - 19:11 WIB

Pengumuman Piloting PPG 2024 Di Mulai Hari ini, Ayok Cek SIM PKB Bapak/ibu Guru Masing-masing

Senin, 22 Juli 2024 - 12:59 WIB

Guru Kategori Berikut Tidak Usah Khawatir, Ada Bantuan TPP Tambahan Untuk Yang Mengajar Lebih dari 24 Jam

Minggu, 21 Juli 2024 - 13:08 WIB

Download Surat Edaran Piloting PPG Guru 2024

Berita Terbaru

Viral

Jangan Ya Dek Ya Yang Viral Di Tiktok Asli

Rabu, 24 Jul 2024 - 06:53 WIB