PusatDapodik
Home Guru Pembelajaran Besaran Dalam Gelombang

Besaran Dalam Gelombang

besaran pada gelombang

Gelombang adalah getaran yang merambat dalam suatu medium dan merupakan fenomena perambatan energi karena gelombang hanya meneruskan getaran dan energi. Dalam sebuah gelombang, pasti ada besaran-besaran gelombang utama yang harus dipahami sehingga dapat dihitung dengan pasti besarnya gelombang yang ada. Apa pun?

Pada dasarnya gelombang yang ada saat ini sering digunakan untuk kebutuhan manusia sehari-hari, seperti gelombang laut, gelombang radio, dan masih banyak lagi.

Untuk ukuran gelombang setidaknya ada 5, antara lain amplitudo gelombang, periode gelombang, frekuensi gelombang, panjang gelombang, dan kerapatan gelombang.

  1. Amplitudo Gelombang

Ukuran gelombang pertama adalah amplitudo. Amplitudo biasanya dilambangkan dengan (A) adalah deviasi maksimum gelombang. Semakin besar amplitudo gelombang, semakin besar energi yang disebarkan.

  1. Periode Gelombang

Sama halnya dengan getaran, gelombang juga memerlukan periode untuk merambat. Periode gelombang atau biasa dilambangkan dengan (T) yang memiliki satuan detik adalah waktu yang diperlukan untuk menempuh satu gelombang.

  1. Frekuensi Gelombang

Frekuensi gelombang dilambangkan dengan (f) adalah jumlah gelombang yang terjadi dalam satu detik. Satuan frekuensi adalah hertz (Hz). Siklus gelombang sama dengan siklus getaran yang menyusunnya.

Baca juga: Cari Tahu Lebih Banyak Tentang Ombak

  1. Panjang gelombang

Panjang gelombang adalah panjang satu siklus gelombang yang memiliki satuan meter atau jarak yang ditempuh gelombang dalam satu periode. Pada gelombang transversal dan gelombang longitudinal, panjang gelombang adalah jarak antara dua titik yang memiliki fase gelombang yang sama.

Dalam gelombang transversal, satu panjang gelombang sama dengan satu bukit dan satu palung, jarak antara dua bukit, atau dua palung. Adapun gelombang longitudinal, satu panjang gelombang sama dengan satu kerapatan dan satu bentangan, atau jarak antara dua kerapatan atau jarak antara dua bentangan.

  1. Rapat Gelombang Cepat

Ukuran gelombang terakhir adalah kerapatan gelombang. Dimana, cepat rambat gelombang memiliki satuan m/s dan dilambangkan dengan (v) adalah jarak yang ditempuh gelombang per satuan waktu. Untuk mendapatkan kecepatan rambat gelombang berhubungan dengan frekuensi, periode, dan panjang gelombang.

Ikuti dan sukai kami:


www.kelaspintar.id

Comment
Share:

Ad