PusatDapodik
Home Berita 5 Universitas Spesialis Ortodonti Terbaik di Indonesia, Unair Peringkat 3

5 Universitas Spesialis Ortodonti Terbaik di Indonesia, Unair Peringkat 3

ortodonti trias 1516507929

pusatdapodik.com – Tertarik berkarir di bidang kedokteran gigi? Anda bisa mengambil jurusan spesialis ortodonti. Diketahui bahwa ortodontik merupakan salah satu cabang ilmu kedokteran gigi yang fokus pada diagnosis, pencegahan dan pengobatan kelainan gigi dan rahang serta maloklusi.

Orang yang mempelajari jurusan spesialis ortodontik memiliki fokus utama pada pemahaman dan penerapan teknik ortodontik untuk meluruskan gigi dan memperbaiki posisi rahang. Mereka menggunakan perangkat seperti kawat gigi, kabel lingual, dan alat lain untuk memperbaiki hubungan gigi dan rahang.

Prospek kerja lulusan spesialis ortodonti sangat menjanjikan. Lulusan dapat menjadi praktisi ortodontik di klinik swasta, bekerja di rumah sakit atau klinik gigi, dosen atau peneliti di perguruan tinggi, konsultan ortodontik, bekerja di industri ortodontik dan masih banyak lagi.

Dikutip smol.id pada 17 Januari 2024, berikut daftar 5 universitas spesialis ortodonti terbaik di Indonesia versi EduRank 2023. Simak ulasan singkatnya.

5. Universitas Hasanuddin

Peringkat Indonesia: 5
Peringkat Asia: 312
Peringkat dunia: 1075

Universitas Hasanuddin juga berkontribusi dalam menyelenggarakan pendidikan spesialis ortodontik di Indonesia. Program studi ini mencakup dasar-dasar ortodontik hingga pengembangan keterampilan klinis diagnostik dan terapeutik.

4. Universitas Padjadjaran (Unpad)

Peringkat Indonesia: 4
Peringkat Asia: 190
Peringkat dunia: 733

Unpad terkenal dengan program spesialis ortodonti yang komprehensif, termasuk pemahaman mendalam tentang berbagai teknik ortodontik dan penerapannya dalam merawat pasien. Mahasiswa Unpad mendapatkan pelatihan praktik dengan fasilitas modern.

3. Universitas Airlangga (Unair)

Peringkat Indonesia: 3
Peringkat Asia: 140
Peringkat dunia: 565

Unair memiliki program spesialis ortodonti yang memadukan teori dan praktik. Dengan berfokus pada inovasi perawatan ortodontik, Unair menciptakan lingkungan belajar yang memungkinkan mahasiswa berkembang menjadi praktisi ortodontik yang terampil.

2. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Peringkat Indonesia: 2
Peringkat Asia: 123
Peringkat dunia: 511

UGM menawarkan program spesialis ortodontik yang berfokus pada pengembangan keterampilan dan pengetahuan klinis di bidang ortodontik. Mahasiswa UGM mendapatkan pengalaman langsung dalam merencanakan dan memberikan perawatan ortodontik kepada pasien.

1. Universitas Indonesia (UI)

Peringkat Indonesia: 1
Peringkat Asia: 120
Peringkat dunia: 497

UI menonjol sebagai pemimpin dalam menyediakan program spesialis ortodontik yang unggul di Indonesia. Dengan fasilitas dan kurikulum terkini, UI memberikan pendidikan klinis dan teori yang mempersiapkan mahasiswa menjadi dokter gigi ortodontis yang kompeten dan berkualitas.

Itulah daftar 5 universitas spesialis ortodonti terbaik di Indonesia menurut EduRank 2023. Tertarik untuk bergabung di departemen spesialis ini?***

Comment
Share:

Ad