PusatDapodik
Home Guru Pembelajaran Bunyi Hukum Faraday 1 dan 2, Beserta Rumus Faraday

Bunyi Hukum Faraday 1 dan 2, Beserta Rumus Faraday

Bunyi Hukum Faraday – Definisi Hukum Faraday adalah salah satu hukum yang menyatakan bahwa hubungan antara jumlah listrik yang digunakan dan Massa Zat yang dihasilkan dalam proses Elektrolisis baik di Katoda maupun Anoda, dan Teori Faraday sering disebut sebagai Teori Kuantitatif Elektrolisa. Adapun Hukum Faraday pertama kali diperkenalkan oleh seorang ilmuwan Inggris yang dijuluki Bapak Kelistrikan bernama Michael Faraday pada tahun 1834 Silam.

Sekilas Tentang Bapak Kelistrikan Michael Faraday Penemu Hukum Pertama Faraday dan Hukum Kedua Faraday adalah Ilmuwan Fisika dan Kimia dari Inggris dan lahir di Kota Newington Butts (Inggris) pada tanggal 22 September 1791 dan meninggal di Hampton Court (Inggris) pada tanggal 25 Agustus 1867 Lalu. Selain dikenal dengan Hukum Faraday, Michael Faraday dikenal dengan Efek Faraday, Elektrokimia, Hukum Elektrolisis Faraday, Paradoks Faraday, Gelombang Faraday dan Efek Efisiensi Faraday.

Kemudian kembali ke Hukum Faraday bahwa Michael Faraday sebelum menemukan Teori Hukum ini telah melakukan pengamatan tentang peristiwa Elektrolisis melalui berbagai percobaan yang dia (Michael Faraday) lakukan. Dalam proses pengamatannya, ia menemukan bahwa arus listrik langsung mengalir ke dalam larutan elektrolit, menyebabkan perubahan kimia dalam larutan, dan ia menemukan hubungan antara massa yang diendapkan dengan arus listrik. Hubungan ini dikenal sebagai hukum Faraday.

Oleh karena itu pada kesempatan kali ini kami selaku penulis rumus online yang membahas tentang matematika, fisika dan kimia akan menjelaskan lebih detail tentang Hukum Faraday dan Rumus yang telah ditulis beserta contoh soal tentang hukum Faraday. Hal ini tentu saja dimaksudkan agar Anda sebagai siswa (pelajar dan mahasiswa) pada jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) di Indonesia dapat memahami dan memahami teori dan bunyi hukum Faraday secara lebih detail.

hukum faraday 1 dan 2

Untuk bunyi Hukum Faraday 1 berbunyi, “Massa zat yang dikeluarkan dan dihasilkan pada elektroda selama elektrolisis berbanding lurus dengan jumlah (muatan) listrik yang dialirkan ke elektroda. Maka besaran listrik tersebut merupakan muatan listrik yang memiliki satuan Coulomb (C).

Kemudian Hukum Faraday 2 berbunyi, “Jika jumlah muatan listrik yang sama diterapkan pada dua atau lebih elektroda, massa zat yang dilepaskan (diproduksi) di elektroda berbanding lurus dengan berat ekuivalen (e) unsur tersebut.

Rumus Faraday (Rumus Hukum Faraday)

Maka untuk rumus Faraday adalah m = (Q/F) (M/z) dan penjelasan lengkapnya ada di bawah ini

m adalah massa zat yang dilepaskan atau diproduksi

Q adalah jumlah muatan listrik yang dilalui oleh zat tersebut

F adalah konstanta atau konstanta Faraday

M adalah Massa Molar Zat

z adalah jumlah valensi ion Zat (Elektron yang ditransfer per ion).

Perlu Anda ketahui bahwa dalam Hukum Faraday Pertama dinyatakan bahwa M, F dan z konstan sehingga semakin besar nilai Q maka m juga semakin besar. Sedangkan pada Hukum Faraday Kedua menyatakan bahwa Q, F dan z konstan sehingga semakin besar M/z (Massa Setara), maka m juga akan semakin besar.

Contoh Soal dan Jawaban Hukum Faraday

Sebuah benda logam yang dilapisi tembaga ditempatkan dalam larutan CuSO4. Pertanyaannya adalah berapa massa tembaga yang dihasilkan jika arus 0,22 A mengalir melalui sel selama hampir 1,5 jam (90 menit) ????

Jawabannya

Muatan listrik yang dilalui sel adalah

(0,22 A) x (5400 detik) = 1200 C

atau dapat ditulis dengan

(1200 C) + (96599 cF´¹) = o.012 F

Karena pengurangan 1 Mol CU² Ion membutuhkan penambahan 2 Mol Elektron, massa Cu yang dihasilkan adalah sebagai berikut

(63,54 g mol¹) (0,5 mol Cu/F) (0,012 F) = 0,39 g tembaga.

Jadi jawaban dari pertanyaan Berapa Massa Tembaga dari Contoh Soal Rumus Faraday diatas adalah 0,39 g tembaga.

Itulah pembahasan lengkap tentang Hukum, Rumus dan Contoh Soal Faraday, tentunya semoga pembahasan ini dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda para pembaca Pelajar Indonesia. Kemudian jika ingin mengetahui tentang Hukum Fisika lainnya seperti Hukum Archimedes dan Hukum Gerak Newton maka anda bisa langsung cek dan lihat reviewnya karena sudah kami bahas dan tulis lengkap juga.

rumusrumus.com

Comment
Share:

Ad