Panduan Lengkap Cara Cek Batas Usia CPNS 2024 di Laman SSCASN

- Penulis

Selasa, 2 Juli 2024 - 13:08 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

PUSAT DAPODIK – Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) 2024 baik untuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) menjadi salah satu rekrutmen yang paling ditunggu oleh masyarakat Indonesia. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB) menegaskan bahwa rencananya seleksi CASN akan diadakan mulai bulan Juli mendatang.

“Untuk pelaksanaan seleksi CASN tahun 2024, rencananya akan dilaksanakan mulai bulan Juni atau Juli setelah instansi menerima Surat Keputusan Menteri PANRB tentang penetapan kebutuhan/formasi pegawai ASN,” tegas Anas pada, Jumat (31/5/2024).

Nantinya akan ada sebanyak 1.289.824 formasi CASN yang akan dibuka untuk tahun 2024. Adapun, jumlah ini tersebar di instansi pusat dengan sebesar 427.650 formasi dan instansi daerah 862.174 formasi.

Walaupun telah disebutkan acuan bulan pelaksanaan, Anas menegaskan bahwa jadwal ini masih bersifat dinamis untuk mengikuti perkembangan yang ada. Dengan demikian, jadwal ini bisa berubah mengingat pada saat ini seleksi Sekolah Kedinasan 2024 juga masih berlangsung.

Untuk dapat menunggu kepastian tersebut, peserta yang nantinya akan mendaftar CPNS sudah bisa mempersiapkan diri. Salah satunya adalah untuk mengetahui ketentuan tentang batas usia pendaftar masing-masing instansi. Berikut ini merupakan informasi lengkapnya.

Cara Cek Syarat Usia di CPNS 2024

Sama seperti yang telah disebutkan sebelumnya, masing-masing instansi mempunyai syaratnya tersendiri untuk batas usia pendaftar. Walaupun sebagian besar akan mensyaratkan batas umum yaitu 18-35 tahun.

Akan tetapi, agar lebih lengkap Anda bisa melihat syarat usia masing-masing instansi dan jumlah formasinya di laman resmi sscasn.bkn.go.id. Berikut ini merupakan langkah-langkahnya:

  1. Silahkan Anda buka laman sscasn.bkn.go.id
  2. Selanjutnya akan muncul laman Portal ASN Karier.
  3. Silahkan Anda masukkan tingkat pendidikan yang sesuai (baik itu lulusan SMA/ S1, S2 atau lainnya).
  4. Selanjutnya, Anda bisa pilih jurusan pendidikan sesuai dengan riwayat pendidikan yang diperoleh.
  5. Silahkan masukkan nama instansi yang dituju.
  6. Silahkan isi Jenis Pengadaan kemudian tekan “CPNS” atau “PPPK
  7. Selanjutnya tekan “Cari
  8. Jumlah formasi yang tersedia nantinya akan segera muncul.
  9. Selanjutnya, Anda bisa tekan salah satu formasi dengan melalui tombol “Lihat
  10. Nantinya laman akan menampilkan informasi terkait Nama Formasi, Kualifikasi Pendidikan, Uraian Tugas Jabatan, Keahlian Spesifik yang Diharapkan, sampai dengan Persyaratan.
Baca Juga :  Pemerintah Berikan Hadiah Istimewa untuk Guru PPPK dan Non Guru: Gaji Setara PNS dan Kontrak Seumur Hidup

Batas Usia Pendaftaran CPNS 2024

Panduan Lengkap Cara Cek Batas Usia CPNS 2024 di Laman SSCASN (1)

Jika melihat seleksi CPNS pada tahun-tahun sebelumnya, berbagai macam instansi menetapkan batas usia pendaftar yaitu paling rendah adalah berusia 18 tahun dan maksimal 35 tahun. Akan tetapi, ternyata batas usia ini bisa saja menyentuh 40 tahun lho.

Pada umumnya, batas usia pelamar CPNS telah ditetapkan di dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 11 Tahun 2017 Tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil Pasal 23 ayat (1) poin a, (2), dan (3).

Berikut ini merupakan bunyi PP Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil Pasal 23 ayat (1) poin a, (2), dan (3), yaitu:

“Setiap Warga Negara Indonesia mempunya kesempatan yang sama untuk melamar menjadi PNS dengan memenuhi persyaratan sebagai berikut: Usia paling rendah 18 (delapan belas) tahun dan paling tinggi 35 (tiga puluh lima) tahun pada saat melamar,” demikian bunyi Pasal 23 ayat (1).

Meski demikian, ada jabatan-jabatan tertentu yang mengecualikan usia pelamar sampai dengan umur 40 tahun. Jabatan tertentu tersebut dijelaskan dalam aturan tersebut yang berbunyi:

“Batas usia sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf a dapat dikecualikan bagi Jabatan tertentu, yaitu paling tinggi 40 tahun,” bunyi Pasal 23 ayat (2).

“Jabatan tertentu sebagaimana dimaksud pada ayat (2) ditetapkan oleh Presiden,” bunyi Pasal 23 ayat (3).

Baca Juga :  Curhat Bupati, Anggaran Bengkak Buat Gaji PPPK

Sehingga jika ingin disimpulkan, maka batas umum persyaratan usia untuk mendaftar CPNS yaitu paling rendah adalah berusia 18 tahun dan maksimal 35 tahun. Namun, ada jabatan tertentu yang telah ditetapkan oleh Presiden yang memungkinkan pendaftar berusia 40 tahun.

Berkas CPNS Wajib Disiapkan di Awal

Dibawah ini merupakan daftar berkas CPNS 2024 yang wajib dipersiapkan oleh para calon pelamar. Apabila melihat pengalaman tahun sebelumnya sebagaimana yang terlampir di dalam situs SSCASN 2023, berikut ini merupakan sejumlah berkas yang wajib disiapkan untuk pendaftaran CPNS.

  1. Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  2. Pas foto berlatar belakang merah
  3. Swafoto
  4. Ijazah
  5. Transkrip nilai
  6. Akta kelahiran
  7. Surat lamaran
  8. Dokumen lain yang dipersyaratkan oleh pihak instansi masing-masing

Kapan Pendaftaran CPNS 2024 Dibuka?

Kapan pendaftaran CPNS 2024 resmi dibuka? Kabarnya, pembukaan pendaftaran CPNS 2024 sempat ditunda dalam beberapa kali. Perlu diketahui, sebelumnya muncul narasi dari sebuah unggahan di media sosial (medsos) terkait informasi jadwal seleksi CPNS 2024.

Disebutkan dalam unggahan tersebut pendaftaran dibuka mulai pada tanggal 15-29 Juli 2024. Validkah informasi tersebut? Nah berikut ini merupakan penjelasan dari Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Menurut Plt. Kepala Biro Humas, Hukum, dan Kerja Sama BKN, Vino Dita Tama, mengklarifikasi bahwa terkait kepastian jadwal pendaftaran CPNS 2024 saat ini masih menunggu finalisasi dari Panitia Seleksi Nasional (Panselnas).

Pihaknya juga pada saat ini masih membahas terkait pembukaan seleksi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK).

“Untuk pembukaan seleksi CPNS/PPPK, sampai saat ini masih dibahas oleh Panselnas. Silakan ditunggu,” tegas dia, Senin (24/6/2024).

Kesimpulan

Itulah pembahasan lengkap mengenai Panduan Lengkap Cara Cek Batas Usia CPNS 2024 di Laman SSCASN. Demikian pembahasan kali ini, semoga informasi yang disampaikan terkait Panduan Cara Cek Batas Usia CPNS 2024 di Laman SSCASN diatas bermanfaat.

Berita Terkait

Ini Yang Harus Bapak/ibu Lakukan Jika sudah Terpanggil PPG Daljab 2024 di SIMPKB
Cara Melihat Penilaian Pengelolaan Kinerja PMM di E- Kinerja BKN Untuk Guru
Selamat untuk Guru Jateng, TPG TW 2 Akan Segera di Kirimkan ke Rekening Pertengahan Juli Ini
Bukan Tanggal 15 Juli, MenpanRB Targetkan Seleksi CPNS 2024 Tetap Dibuka Bulan Juli
Tenaga honorer Makin Rumit, Sekarang Gaji Akan di Potong 3% Untuk Tapera ?
Semua Honorer Yang Terdata di BKN Akan Diangkat Menjadi ASN, Begini Cara Melihat Terdata di BKN
Informasi Seleksi CPNS dan PPPK Kemenag 2024: Semua Honorer Jadi ASN, Berikut Formasinya
Mulai Meredup!! Nasib Tenaga Honorer Makin Tidak Jelas, Jadi di angkat PPPK Tahun 2024 ini ?
Berita ini 87 kali dibaca
Tag :

Berita Terkait

Jumat, 19 Juli 2024 - 13:46 WIB

Ini Yang Harus Bapak/ibu Lakukan Jika sudah Terpanggil PPG Daljab 2024 di SIMPKB

Kamis, 18 Juli 2024 - 13:50 WIB

Cara Melihat Penilaian Pengelolaan Kinerja PMM di E- Kinerja BKN Untuk Guru

Rabu, 17 Juli 2024 - 05:24 WIB

Selamat untuk Guru Jateng, TPG TW 2 Akan Segera di Kirimkan ke Rekening Pertengahan Juli Ini

Minggu, 14 Juli 2024 - 10:59 WIB

Bukan Tanggal 15 Juli, MenpanRB Targetkan Seleksi CPNS 2024 Tetap Dibuka Bulan Juli

Sabtu, 13 Juli 2024 - 10:15 WIB

Tenaga honorer Makin Rumit, Sekarang Gaji Akan di Potong 3% Untuk Tapera ?

Berita Terbaru