PusatDapodik
Home Guru Cara Cek Panggilan PPG Daljab 2024 di PMM, Berikut Langkah-Langkahnya!

Cara Cek Panggilan PPG Daljab 2024 di PMM, Berikut Langkah-Langkahnya!

PUSAT DAPODIK – Kabar gembira untuk para guru yang menantikan Program Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan (PPG Daljab) 2024. Pada saat ini, Anda sudah bisa melakukan pengecekan apakah Anda termasuk menjadi peserta yang terpanggil untuk mengikuti program ini melalui Learning Management System (LMS) di Platform Merdeka Mengajar (PMM).

Sebelum Anda mengetahui cara cek panggilan PPG 2024, ada baiknya Anda mengetahui lebih dulu terkait apa itu PPG Daljab dan apa itu PMM. Dibawah ini merupakan penjelasan lengkapnya.

Apa Itu PPG Daljab?

Program PPG Dalam Jabatan adalah sebuah program pendidikan yang diselenggarakan oleh pemerintah untuk mempersiapkan lulusan S-1 Kependidikan dan S-1/D-IV Non Kependidikan yang mempunyai bakat dan minat menjadi guru agar dapat menguasai kompetensi guru secara utuh sesuai Standar Pendidikan Guru.

Adapun PPG Dalam Jabatan diharapkan bisa menjawab berbagai macam permasalahan pendidikan, seperti: (1) kualifikasi di bawah standar (under qualification), dan (2) guru-guru yang masih kurang kompeten (low competence).

Selain itu, guru di era revolusi industri 4.0 juga harus mempunyai kemampuan melaksanakan pembelajaran yang inovatif dan menyenangkan yakni dengan mengintegrasikan critical thinking,problem solving, communication and colaborative skill, creativity and inovative skill, information and communication technology literacy, contextual learning skill, serta information and media literacy.

Perlu diketahui, Program PPG Dalam Jabatan ini dirancang secara sistematis dan menerapkan prinsip mutu mulai dari seleksi, proses pembelajaran, dan penilaian, sampai uji kompetensi. Sehingga diharapkan akan menghasilkan guru-guru masa depan yang profesional yang mana bisa menghasilkan lulusan yang unggul, kompetitif, sera berkarakter, dan cinta tanah air serta dalam waktu yang bersamaan.

Dan diharapkan mampu menjawab permasalahan pendidikan yang dihadapi oleh bangsa Indonesia pada saat ini. PPG Dalam Jabatan juga diketahui dirancang agar dapat membekali kemampuan problem solving, kritis, dan kreatif kepada para calon guru profesional. Yakni dengan melalui implementasi model pembelajaran serta kegiatan berbasis masalah (problem-based learning) dan proyek (project-based learning).

Mengenal PMM

Platform Merdeka Mengajar atau yang lebih sering disingkat PMM merupakan sebuah platform edukasi yang menyajikan beragam referensi bagi guru untuk dapat mengajar sesuai dengan Kurikulum Merdeka. Dengan melalui platform ini, Anda bisa menyelaraskan pembelajaran sesuai kemampuan siswa.

Tidak hanya itu, PMM Kurikulum Merdeka juga diketahui menghadirkan pelatihan-pelatihan yang bisa meningkatkan kompetensi guru. Pendeknya, PMM merupakan sebuah ekosistem yang dapat memudahkan guru untuk mengakses berbagai macam informasi, referensi, dan inspirasi.

Salah satu karakteristik utama pada Kurikulum Merdeka yaitu fleksibilitas guru dalam mengajar. Pada praktiknya, fleksibilitas dan diferensiasi pembelajaran ini akan menuntut guru untuk menjadi guru yang resourceful agar bisa mengajar sesuai capaian dan perkembangan siswa.

Dengan melalui Platform Merdeka Mengajar, guru mempunyai ruang yang memadai untuk berbagi dan berkolaborasi bersama dengan guru-guru lain se-Indonesia. Dengan begitu, guru mempunyai akses terhadap sumber daya yang begitu melimpah, sehingga bisa melakukan pembelajaran sesuai dengan tahapan dan kebutuhan belajar siswa.

Platform Merdeka Mengajar diketahui dapat memberikan kesempatan yang setara untuk seluruh guru di Indonesia guna terus belajar dan mengembangkan potensi. PMM Merdeka belajar bisa diakses di mana pun dan kapan pun guru memerlukan “partner” dalam Implementasi Kurikulum Merdeka.

Cara Cek Panggilan PPG Daljab 2024

Cara Cek Panggilan PPG Daljab 2024 di PMM- Berikut Langkah-Langkahnya! (3)

Dibawah ini merupakan penjelasan lengkap terkait cara cek panggilan PPG Daljab 2024. Bagi bapak dan ibu guru bisa simak penjelasannya baik-baik.

  1. Silahkan Anda kunjungi tautan disamping: https://guru.kemdikbud.go.id/sertifikasi-pendidik/checking/
  2. Silahkan Anda masukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) Anda dengan benar dan tekan “Cek”.
  3. Anda nantinya akan diarahkan untuk masuk ke PMM dengan menggunakan akun belajar.id Anda.
  4. Setelah masuk, maka Anda akan melihat konfirmasi apakah Anda terpanggil sebagai peserta PPG Daljab 2024 atau tidak.
  5. Periksa data diri Anda yang telah ditampilkan. Jika sesuai, maka Anda bisa klik “Ya, Data Benar”. Jika tidak, maka Anda bisa tekan “Data Tidak Sesuai” dan perbaiki dengan melalui Dapodik.
  6. Selamat Datang di Program Sertifikasi Pendidik!

Jika saat melakukan pengecekan Anda melihat pesan “Selamat datang di Program Sertifikasi Pendidik”, maka hal ini artinya Anda selangkah lebih maju untuk mengikuti PPG Daljab 2024. Walaupun konten LMS saat ini masih belum tersedia karena program belum dimulai, Anda bisa bersiap diri untuk mengikuti tiga tahap PPG Daljab yakni sebagai berikut:

  • Pelatihan Mandiri: Pelajari modul-modul PPG Daljab di PMM dengan melalui menu Pelatihan Mandiri.
  • UKMPPG: Setelah Anda menyelesaikan semua modul, maka silahkan ikuti Uji Kompetensi Mahasiswa PPG (UKMPPG) sesuai dengan jadwal.
  • Sertifikat Pendidik: Nantinya Anda akan mendapatkan sertifikat pendidik setelah berhasil menyelesaikan UKMPPG.

PPG Daljab 2024 ini dirancang dengan alur yang jauh lebih mudah dan fleksibel dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Manfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya untuk dapat meningkatkan kompetensi Anda sebagai seorang guru profesional.

Kesimpulan

Perlu diingat, jika data Anda tidak sesuai, maka Anda harus segera perbaiki dengan melalui Dapodik agar bisa diverifikasi dan divalidasi oleh tim terkait. Semoga informasi yang disampaikan di atas ini bermanfaat bagi Anda. Selamat bagi Anda para guru yang terpanggil untuk mengikuti PPG Daljab Tahun 2024!

Comment
Share:

Ad