Cara Membuat Kesimpulan yang Benar, Lengkap dengan Contoh

- Penulis

Rabu, 1 Maret 2023 - 13:49 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Cara Membuat Kesimpulan yang Benar, Lengkap dengan Contoh

Masih bingung membuat kesimpulan yang benar? Atau masih sering menggunakan bahasa yang bertele-tele?

Anda telah sampai pada artikel yang tepat dimana artikel ini akan membahas tentang cara membuat kesimpulan yang benar disertai dengan contoh-contohnya.

Jadi, baca sampai akhir!

Apa itu Kesimpulan?

Kesimpulan adalah satu atau dua kalimat terakhir yang merangkum sebuah tulisan, merangkum poin-poin utama dan memberikan kesimpulan bagi pembaca. Penting untuk memastikan kesimpulan yang Anda buat spesifik, jelas, dan ringkas.

Untuk membuat kesimpulan yang baik, kesimpulan harus logis dan memenuhi harapan yang telah ditetapkan sebagai bagian dari argumen, harus meninjau paragraf tubuh dan menentukan poin mana yang perlu ditekankan untuk mendapatkan dampak yang maksimal.

Setelah ini selesai, saatnya meringkas poin-poin ini dalam satu paragraf.

Tujuan paragraf ini adalah untuk menutup topik dengan menyatukan semua ide secara ringkas. Terakhir, memberikan satu atau dua contoh akan membantu pembaca mendapatkan perspektif lebih lanjut tentang masalah yang sedang dibahas.

Tujuan dan Manfaat Kesimpulan

Tujuan utama dalam menyimpulkan karya ilmiah dan makalah adalah untuk membuktikan secara singkat suatu hipotesis dari awal hingga akhir.

Sedangkan manfaat kesimpulan adalah membuat pembaca memahami isi laporan atau makalah penelitian secara keseluruhan.

Ciri-Ciri Simpulan Yang Baik

Untuk menulis kesimpulan yang terstruktur dengan baik, ada beberapa elemen yang harus Anda pertimbangkan.

  1. Buat poin utama
  2. Gunakan kalimat pendek
  3. Berisi seluruh konten utama berupa kata-kata yang sederhana dan mudah dipahami
  4. Induktif
  5. Dapat digabungkan dengan kalimat utama
  6. Menggunakan kata baku

Untuk memastikan kesimpulan Anda lebih efektif, hindari memperkenalkan ide-ide baru yang sebelumnya tidak tercakup dalam tubuh esai, artikel, atau metode ilmiah.

Selain itu, jangan membuat pernyataan keras atau menggunakan frasa yang dapat ditafsirkan sebagai menghakimi atau kontroversial.

Oleh karena itu, penting untuk selalu memperhatikan bagaimana kata-kata disampaikan kepada pembaca agar tulisan Anda dapat diterima dengan baik.

Kiat untuk Membuat Kesimpulan yang Efektif

Sampai pada kesimpulan yang jelas dan berdampak adalah komponen penting dari semua jenis tulisan. Untuk menarik kesimpulan yang efektif, berikut adalah beberapa tips yang harus Anda ingat:

  1. Ulangi Gagasan Utama: Sebagai kesimpulan, rangkum poin-poin utama yang dibuat dalam karya tersebut untuk mengingatkan pembaca tentang apa karya tersebut.
  2. Soroti Alasan Utama: Nyatakan dengan jelas mengapa poin itu penting dan mengapa pembaca harus memperhatikannya.
  3. Berikan Solusi: Jika memungkinkan, hubungkan pernyataan tesis dengan solusi atau saran untuk tindakan lebih lanjut. Ini akan membantu melibatkan pembaca dan membuat mereka merasa bahwa mereka dapat mengambil langkah untuk membuat perbedaan.
  4. Terhubung ke Riset: Buat hubungan antara riset Anda dan topik potensial untuk eksplorasi di masa mendatang. Ini akan menunjukkan bahwa Anda telah mempertimbangkan semua kemungkinan dan menyimpulkan topik dengan hati-hati.

Dengan mengikuti tip-tip ini, Anda akan dapat menghasilkan kesimpulan yang bijaksana dan efektif yang menyatukan semua bagian yang belum selesai dan membuat pembaca merasa puas!

Kesalahan Umum yang Harus Dihindari dalam Kesimpulan

Saat menulis kesimpulan, ada beberapa kesalahan umum yang harus dihindari. Salah satu kesalahan terbesar yang dapat Anda lakukan hanyalah menyatakan kembali apa yang dikatakan di bagian pendahuluan.

Baca Juga :  Pengertian Debit Air: Rumus, Konversi, Aplikasi, Contoh Soal

Untuk membuat kesimpulan yang kuat, Anda perlu melakukan lebih dari sekadar meringkas poin-poin utama esai.

Kesalahan lain yang harus dihindari adalah memasukkan terlalu banyak informasi baru.

Anda tidak boleh memasukkan ide-ide baru ke dalam kesimpulan Anda; sebagai gantinya, Anda harus fokus menggunakan informasi yang disajikan dalam paragraf isi untuk menjelaskan dan mendukung argumen lebih lanjut.

Terakhir, pastikan untuk tidak membuat pernyataan definitif atau menjawab pertanyaan yang sebelumnya tidak tercakup dalam esai. Semua kesalahan ini dapat melemahkan kesimpulan yang sudah kuat.

Bagaimana Menghubungkan Kesimpulan Kembali ke Pendahuluan

Kesimpulan adalah tahap akhir dari proses penulisan, dan penting untuk mengaitkannya kembali dengan pendahuluan untuk membangun hubungan antara argumen dan topik awal.

Ini membantu membuat tulisan terasa lebih kohesif dan memungkinkan transisi yang lebih mulus bagi pembaca.

Untuk membuat hubungan antara pengantar dan kesimpulan, coba rangkum beberapa poin utama yang telah Anda bahas di badan makalah dalam beberapa kalimat.

Misalnya, jika Anda membahas tiga poin, pilih satu kalimat dari setiap poin dan tekankan pada kesimpulan.

Anda juga dapat mengambil beberapa tema utama dari pendahuluan dan mendiskusikan bagaimana tema-tema ini dieksplorasi di seluruh teks.

Melakukan hal ini menyatukan semua aspek makalah sehingga pembaca memiliki pemahaman yang jelas tentang bagaimana aspek-aspek ini berhubungan satu sama lain.

Contoh Kesimpulan Yang Baik

Kesimpulan yang baik harus ringkas dan jelas. Kesimpulan ini harus menangkap ide-ide utama dari argumen dan memberikan jalan untuk eksplorasi masa depan. Misalnya, kesimpulan yang bagus bisa seperti ini:

“Melalui analisis yang cermat terhadap bukti yang tersedia, jelaslah bahwa perencanaan pandemi yang tepat dapat membantu melindungi masyarakat dari pandemi seperti COVID-19. Untuk memastikan hal ini terjadi, pemerintah perlu fokus pada penyediaan sumber daya yang memadai bagi populasi yang rentan dan memastikan bahwa sistem layanan kesehatan siap menghadapi potensi wabah.”

Kesimpulan ini tidak hanya merangkum poin-poin utama dari argumen tersebut, tetapi juga memberikan seruan kepada pemerintah untuk mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk melindungi warganya dari pandemi di masa mendatang.

Kesimpulan seperti ini membuat pembaca merasa bahwa ada sesuatu yang diperoleh dari membaca artikel tersebut—serta pesan yang jelas tentang apa yang perlu dilakukan untuk memastikan bencana seperti COVID-19 tidak terjadi lagi.

Contoh Kesimpulan Tema Kesehatan

Saat menulis kesimpulan tema kesehatan, sangat penting untuk meringkas poin-poin utama argumen dan menjelaskan mengapa poin-poin tersebut penting.

Misalnya, jika esai Anda tentang pentingnya aktivitas fisik, Anda dapat meringkas poin-poin utamanya dengan membahas bagaimana olahraga teratur dapat meningkatkan fokus mental dan mengurangi stres.

Singkatnya, membuat kesimpulan tentang kesehatan yang baik melibatkan meringkas argumen dan menunjukkan bagaimana poin yang dibuat relevan dengan kehidupan sehari-hari.

Saat membuat kesimpulan, usahakan singkat dan fokus pada poin-poin penting yang ingin Anda sampaikan.

Baca Juga :  Konsep dan Prosedur Karya Seni Rupa

Kesimpulan juga harus memberi pembaca tindakan yang dapat ditindaklanjuti – sesuatu yang dapat mereka lakukan atau pertimbangkan setelah membaca makalah.

Terakhir, pastikan kesimpulannya ringkas dan diakhiri dengan pernyataan yang kuat. Dengan tips di atas, kini Anda siap menulis kesimpulan tema kesehatan yang menarik!

Contoh Simpulan Tema Bahasa Indonesia

Contoh kesimpulan yang baik untuk diingat adalah kesimpulan tema bahasa Indonesia. Kesimpulan ini merangkum poin-poin utama esai sambil memberikan konteks yang lebih luas:

“Sejarah budaya Indonesia telah memberikan wawasan tentang variasi pertunjukan ritual lintas wilayah dan iklim ekonomi, dengan setiap variasi memberikan lapisan pemahaman baru tentang bagaimana masyarakat membentuk satu sama lain.

Nilai abadi dari penelitian ini tidak hanya dalam mengonfirmasi detail rumit ini, tetapi juga dalam memberikan wawasan tentang bagaimana kebiasaan tradisional dapat ditransfer dan diadaptasi dari waktu ke waktu, terlepas dari tingkat kemajuan teknologi.”

Contoh ini dapat digunakan sebagai panduan sukses untuk menarik kesimpulan esai tentang topik serupa.

Contoh kesimpulan makalah tentang sumber daya manusia

Mari kita lihat contoh kesimpulan yang bagus untuk makalah Sumber Daya Manusia:

“Penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa keterlibatan karyawan sangat penting untuk bisnis yang sukses karena menghasilkan peningkatan produktivitas, komunikasi yang lebih baik, dan kepuasan kerja yang lebih tinggi.

Perusahaan yang menumbuhkan lingkungan kolaborasi, pengakuan, dan rasa hormat lebih mungkin untuk menarik dan mempertahankan talenta terbaik. Untuk memastikan keberhasilan departemen sumber daya manusia organisasi mana pun, penting untuk mengembangkan strategi yang disesuaikan dengan kebutuhan khusus mereka.

Ini termasuk menetapkan sasaran kinerja, melatih karyawan untuk mengikuti tren industri, dan mengenali nilai anggota staf.”

Seperti yang dapat Anda lihat dari contoh di atas, kesimpulan yang ditulis dengan baik harus meringkas poin-poin utama yang dibuat dalam makalah sambil memberikan informasi tambahan untuk memperkuat poin-poin tersebut.

Kesimpulan yang baik juga harus memberikan arahan atau menyarankan tindakan potensial yang dapat diambil berdasarkan temuan di makalah.

Contoh kesimpulan makalah tentang penulisan fiksi

Kesimpulan dari makalah yang baik dalam penulisan fiksi harus meringkas poin-poin utama dari makalah tersebut.

Kesimpulan juga harus memberikan penilaian akhir dari temuan dan argumen makalah. Misalnya, dalam sebuah makalah yang meneliti bagaimana karakter berkembang dalam cerita, Anda dapat menyimpulkan dengan mencatat bahwa meskipun karakter dapat distereotipkan, mereka seringkali dinamis dan memiliki banyak segi.

Anda kemudian dapat melanjutkan dengan memberikan penilaian tentang bagaimana temuan penelitian mendukung atau menantang penelitian yang ada di lapangan.

Kesimpulan juga harus menyarankan peluang penelitian lebih lanjut atau jalan untuk eksplorasi masa depan yang dapat membawa topik ke arah yang baru.

Itulah informasi tentang cara menulis kesimpulan dan contoh.

Bagaimana cukup mudah untuk menulis kesimpulan? Cukup menjaga kesimpulan Anda ringkas, mudah diingat, dan relevan dengan isi makalah Anda, Anda dapat dengan mudah menulis kesimpulan kuat yang beresonansi dengan pembaca.

www.quipper.com

Berita Terkait

Untuk Jenjang SMA Tahun Depan 2024/2025 Sudah tidak Ada Lagi Penjurusan, Ini Kebijakan Baru Dari Nadiem makarim
Pasti dari Jokowi, Tahun Depan tidak Ada Perbedaan Antara PNS dan PPPK, Semua Akan Satu Nama Menjadi ASN
Contoh Doa Penutup MPLS 2024 Dalam Bahasa Indonesia
Contoh Materi MPLS SMP Kurikulum Merdeka Tahun Anggaran 2024/2025
Implementasi Pembelajaran Sosial dan Emosional di Kelas dan Sekolah
Contoh Modul Ajar Kurikulum Merdeka PAUD-TK Terbaru 2024
6 Daftar Kegiatan Ketika MPLS Bersama Peserta Didik Baru, Jangan Sampai Terlewatkan !
Ada Perlakuan Khusus untuk PPPK 2024, Semua Guru Akan Diberi Tunjangan Lebih Hingga 3 Juta
Berita ini 0 kali dibaca

Berita Terkait

Sabtu, 20 Juli 2024 - 10:33 WIB

Untuk Jenjang SMA Tahun Depan 2024/2025 Sudah tidak Ada Lagi Penjurusan, Ini Kebijakan Baru Dari Nadiem makarim

Jumat, 19 Juli 2024 - 10:42 WIB

Pasti dari Jokowi, Tahun Depan tidak Ada Perbedaan Antara PNS dan PPPK, Semua Akan Satu Nama Menjadi ASN

Jumat, 12 Juli 2024 - 21:32 WIB

Contoh Doa Penutup MPLS 2024 Dalam Bahasa Indonesia

Sabtu, 6 Juli 2024 - 11:26 WIB

Contoh Materi MPLS SMP Kurikulum Merdeka Tahun Anggaran 2024/2025

Senin, 1 Juli 2024 - 16:57 WIB

Implementasi Pembelajaran Sosial dan Emosional di Kelas dan Sekolah

Berita Terbaru

Viral

Jangan Ya Dek Ya Yang Viral Di Tiktok Asli

Rabu, 24 Jul 2024 - 06:53 WIB