PusatDapodik
Home Dapodik Tips & Trick Dapodik Cara Mencari Kode Registrasi Dapodik

Cara Mencari Kode Registrasi Dapodik

Cara Menemukan Kode Registrasi Dapodik – Banyak sekali pertanyaan yang ditujukan kepada aplikasi Dapodik. Salah satunya adalah Bagaimana cara mengetahui atau menemukan kode registrasi? Sebab, kode ini sangat dibutuhkan saat install aplikasi Dapodik baru maupun saat download Data Prefill terbaru.

Tanpa kode ini tentunya Anda tidak bisa masuk ke aplikasi Dapodik. Tidak hanya itu, proses registrasi pun tidak bisa dilakukan, jika hanya memiliki satu saja nama belakang dan juga kata sandi hanya. Anda juga tidak dapat mengunduh data pra-pengisian jika Anda tidak memiliki Kode Pendaftaran.

Jadi, dalam ulasan ini, RumuRumus.com akan membagikan materi yang wajib diketahui dan dipelajari oleh setiap operator sekolah yaitu Cara Menemukan Kode Pendaftaran di aplikasi Dapodik.

Kalau dipikir-pikir, Operator Sekolah seharusnya sudah memiliki kode itu. Namun karena telah terjadi hal lain seperti lupa kode registrasinya dan lain sebagainya. Membuat operator sekolah wajib mengetahui cara menemukan kode tersebut.

Apa itu Kode Registrasi?

Kode Pendaftaran adalah kumpulan angka unik yang memiliki fungsi memuat data sekolah. Artinya, antara satu sekolah dengan sekolah lainnya tidak akan memiliki kode yang sama. Selain itu, Kode Registrasi juga memiliki beberapa kegunaan lain, antara lain:

  • Diperlukan saat mengunduh Prefill Dapodik dan Prefill Rapor.
  • Hal ini diperlukan saat install aplikasi Dapodik baik online maupun offline.
  • Digunakan saat akan melakukan proses sinkronisasi pada aplikasi Dapodik.
  • Digunakan untuk melihat data masing-masing sekolah dalam progres pengiriman.

Kode ini dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah bagi sekolah yang telah terdaftar di PDSP-K dan memiliki NPSN.

Cara Menemukan Kode Registrasi Dapodik

Seperti yang telah dibahas di atas, bahwa pada kesempatan hari ini RumusRumus.com akan menyampaikan ulasan tentang cara-cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui Kode Registrasi. Diantaranya adalah :

  • Pertama-tama kamu buka windows explorer yang ada di pojok kiri laptop atau komputer kamu. Kemudian klik “File Explorer”. Disini saya menggunakan Windows 10.
Cara Menemukan Kode Registrasi Dapodik
  • Setelah itu buka C/System C: Directory, lalu klik “Program Files (x86)”.
Cara mengetahui Kode Registrasi Dapodik
  • Kemudian, cari dan buka folder Dapodik.
Kode Registrasi Dapodik 2021
  • Kemudian, lakukan double klik pada file Webserver tersebut.
Cara Menemukan Kode Pendaftaran Dapodik 2021
  • Setelah itu, klik dua kali lagi pada file “Log”.
Cara Menemukan Kode Registrasi Dapodik
  • Selanjutnya, klik sekali pada file “Access.log”, lalu klik kanan pada file tersebut. Setelah itu klik “Buka dengan Notepad”.
Cara Menemukan Kode Registrasi Dapodik
  • Jika sudah berhasil masuk ke file Access.logs, selanjutnya cari tulisan “Code_Reg” dengan menekan tombol Ctrl+F secara bersamaan di keyboard laptop Anda. Kode registrasi daaan juga ditemukan.

FAQ

Apakah satu Kode Pendaftaran Dapodik dapat digunakan untuk dua sekolah?

Tidak bisa, karena satu kode registrasi hanya bisa digunakan oleh satu sekolah. Jika digunakan untuk dua sekolah, akibatnya bisa fatal dan data dari dua sekolah tersebut akan tercampur menjadi satu.

Kode Pendaftaran dapat diubah atau tidak?

Ya, tetapi untuk alasan keamanan data, dan sekolah dapat melakukannya melalui Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota di wilayah tempat sekolah tersebut berada.

Fungsi dari Kode Registrasi Dapodik adalah?

1. Diperlukan saat mengunduh Prefill Dapodik dan Prefill Rapor.
2. Diperlukan saat install aplikasi Dapodik baik online maupun offline.
3. Digunakan saat sinkronisasi aplikasi Dapodik.
4. Digunakan untuk melihat data masing-masing sekolah pada progres pengiriman.

Cukup sekian bahan review dari saya, semoga pembahasan ini bermanfaat ya sobat.

Comment
Share:

Ad