PusatDapodik
Home Guru Pembelajaran Cara Menghitung Rumus Luas dan Keliling Trapesium

Cara Menghitung Rumus Luas dan Keliling Trapesium

Rumus Trapesium – Rumus matematika trapesium termasuk dalam bentuk datar yang memiliki sifat dua dimensi dan memiliki empat sisi, dua di antaranya dapat saling sejajar tetapi tidak sama panjangnya. Trapesium dapat dianggap sebagai jenis segiempat dan siku. Siku trapesium adalah tiga tulang rusuk yang tegak lurus dengan tulang rusuk paralel lainnya.

Sebelum lebih jauh menjelaskan tentang Trapesium Ada baiknya jika kita jelaskan terlebih dahulu jenis-jenis trapesium karena trapesium terbagi menjadi tiga jenis, yang di antaranya adalah sebagai berikut: Trapesium arbitrer, yaitu trapesium yang keempat sisinya tidak sama panjang, sedangkan trapesium sama kaki adalah trapesium yang memiliki sepasang rusuk yang sama panjang dan yang terakhir adalah Trapesium Siku.

Namun dari ketiga jenis Trapesium diatas tidak banyak perubahan untuk soal Rumus Trapesium Matematika karena yang terpenting adalah Cara Menghitung Rumus Luas Trapesium dan Rumus Keliling Trapesium. Nah untuk melihat lebih jelas tentang penjelasan Rumus Trapesium berikut ini telah kami buatkan yang telah dilengkapi dengan Contoh Soal Trapesium.

Rumus trapesium mencari luas dan keliling bangun datar

Gambar di atas adalah yang ketiga Tipe trapesium yang telah kami jelaskan dan Rumus Bentuk Datar Trapesium memiliki turunan dari Rumus Matematika lainnya seperti Rumus Menghitung Luas Trapesium dan Rumus Menghitung Keliling Trapesium, kedua Rumus Trapesium tentunya memiliki aturan dan aturan yang berbeda. bentuk formula satu sama lain.

Rumus Luas Trapesium

Luas = ½ x Jumlah Rusuk Paralel x Tinggi

Penjelasan Menghitung Luas Rumus Trapesium di atas adalah banyaknya rusuk sejajar yang merupakan sisi-sisi yang saling berhadapan dan jika ditarik garis lurus sisi-sisi tersebut tidak akan pernah dapat dipotong. Sedangkan jumlah rusuk sejajar dikalikan tinggi trapesium dibagi 2.

Keliling Trapesium

Maka cara menghitung keliling trapesium dapat dilihat seperti dibawah ini.

Keliling = AB + BC + CD + DA

Contoh Masalah Matematika Trapesium

1. Sebuah Trapesium memiliki panjang sisi sejajar 5 cm dan 20 cm serta tinggi 5 cm. Lalu cari luas trapesium?

Menjawab

Luas = ½ x Jumlah Rusuk Paralel x Tinggi

Luas = ½ x (a1 + a2) xt

Luas = ½ x (5 cm + 20 cm) x 5 cm

Luas = ½ x 100 x 5

Luas = 250 cm

Penjelasan Trapesium diatas mungkin cukup sekian karena menurut saya Rumus Bentuk Trapesium Datar masih mudah untuk kalian pahami dan hafalkan jadi semoga kalian bisa mengerjakannya jika ada Soal Trapesium yang menimpa kalian di sekolah.

Comment
Share:

Ad