Cara Menuliskan Gelar (Gr) Pada Guru Profesional

- Penulis

Jumat, 14 April 2023 - 04:52 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

1681422767 5

1681422767 5

Salam Guru Profesional,

Pada kesempatan yang berbahagia ini saya akan memberikan penjelasan terkait masalah predikat yang didapatkan bagi mereka yang telah berhasil mengikuti program pendidikan profesi guru (PPG) dan dinyatakan lulus dalam program PPG.
Program Pendidikan Profesi Guru atau yang lebih dikenal dengan Pendidikan Profesi Guru (PPG) diperuntukkan bagi semua guru yang telah menyelesaikan program sarjana atau S1.
Seperti kita ketahui, saat ini Pendidikan Profesi Guru (PPG) dibagi menjadi 2 yaitu Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan dan Pendidikan Profesi Guru (PPG Dalam Jabatan).

Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan diberikan kepada mereka yang telah menyelesaikan program sarjana tetapi belum mengajar di satuan Pendidikan, sedangkan Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan ditujukan bagi mereka yang pernah mengajar di satuan Pendidikan baik mengajar di tingkat SD, SMP, SMA dan SMK.

Cara Menuliskan Gelar Gr Pada Guru Profesional
Kedua jenis Pendidikan Profesi Guru (PPG) baik melalui PPG Prajabatan maupun PPG Dalam Jabatan sama-sama merupakan program Pendidikan yang diakui oleh Kementerian Pendidikan meskipun prosedur dan pelaksanaannya berbeda.
Jika Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan membutuhkan waktu 6-12 bulan, berbeda dengan Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan yang masa pendidikannya hanya sekitar 3-6 bulan.
Pendidikan Profesi Guru (PPG) dalam jabatan baru dimulai pada tahun 2018 dan yang telah mengikuti Pendidikan Profesi Guru (PPG) dalam jabatan adalah guru yang telah mengajar baik guru yang berstatus sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) maupun guru yang belum berstatus PNS. terlatih. menjadi Pegawai Negeri Sipil (Non PNS).
Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan (PPG) adalah program pemerintah yang bertujuan untuk menjadikan guru sebagai ahli di bidangnya sehingga dapat menjadi guru yang profesional di bidangnya. Tujuan seorang guru mengikuti Pendidikan Profesi Guru (PPG) adalah untuk mendapatkan gelar Profesi Guru (Gr) agar dapat memperoleh tunjangan profesi dan yang lebih penting untuk meningkatkan mutu pendidikan agar lebih profesional dalam sesuai dengan jurusannya masing-masing.
Perlu diketahui bahwa bagi yang telah mengikuti Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan dan Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan dan telah dinyatakan lulus akan mendapat sebutan baru yang akan dilampirkan namanya masing-masing, yaitu sebutan sebagai Guru. Profesional (Gr).
Bagi yang telah mengikuti Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan, pemerintah telah memberikan bantuan pendidikan berupa anggaran yang dikeluarkan baik melalui APBD maupun APBD agar guru yang berhasil lulus PPG pretest berhak mendapatkan bantuan PPG Pendidikan sampai dengan selesai.
Sampai saat ini masih banyak guru yang belum berhasil mengikuti Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan sehingga pemerintah juga membuka kesempatan bagi yang ingin mengikuti Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan untuk menjadi dapat memilih apakah ingin mengikuti jalur bantuan PPG Pendidikan atau melalui jalur mandiri sesuai dengan aturan yang ditetapkan pemerintah.
Saat ini bagi yang telah mengikuti Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan dilaksanakan dalam beberapa tahapan mulai dari modus daring (online learning) hingga pembelajaran tatap muka di masing-masing LPTK yang ditunjuk.
Selain itu, untuk dapat lulus Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan (PPG), Anda harus memenuhi nilai ambang batas kelulusan yang ditentukan melalui Ujian Kinerja (UKIN) dan Ujian Pengetahuan (UP).
Bagi yang telah lulus berhak mendapatkan sebutan baru dalam jabatan profesionalnya sebagai guru yaitu memiliki sebutan guru profesional atau disingkat (Gr).
Sampai saat ini, sebutan tersebut menjadi polemik bagi banyak guru, karena mereka tidak tahu harus meletakkan gelar Gr di mana pada nama mereka masing-masing.
Jika mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 87 Tahun 2013 tentang Program Pendidikan Guru Prajabatan, kita dapat melihat informasi mengenai penulisan judul Gr atas nama seseorang yang telah berhasil. memegang penunjukan sebagai guru profesional yang terletak pada pasal 14 yang berbunyi dari pasal tersebut adalah sebagai berikut:
“Sebutan profesi lulusan program PPG adalah guru yang pemakaiannya dalam bentuk singkatan Gr diletakkan di belakang nama yang berhak atas sebutan profesi yang bersangkutan”
1681422766 223 Cara Menuliskan Gelar Gr Pada Guru Profesional
Dari penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa gelar guru profesi (Gr) dapat diletakkan di belakang nama yang berhak menyandang gelar Gr.
Seperti yang kita ketahui, seorang guru dipastikan tidak akan dapat mengikuti Pendidikan Profesi Guru (PPG) jika belum menyelesaikan pendidikan sarjananya atau belum menyelesaikan pendidikan sarjananya.
Jadi untuk dapat mengikuti Pendidikan Profesi Guru (PPG) maka orang tersebut harus sudah bergelar sarjana.
Dari penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa penulisan gelar atau sebutan sebagai Guru Profesional (Gr) tentunya akan tersimpan di belakang nama dan gelar yang telah dilampirkan sebelumnya pada nama yang berhak.
Menjadi guru profesional memang menjadi kebanggaan tersendiri bagi mereka yang sudah menyandang gelar Gr, karena melalui Pendidikan Profesi Guru (PPG) mereka yang telah lulus dan menyandang gelar guru profesional (Gr) akan mendapatkan tunjangan profesi guru yaitu PNS akan mendapatkan gaji 2 kali gaji pokok, sedangkan yang masih non PNS mendapatkan tunjangan gaji Rp 1.500.000 per bulan.
Semoga anda yang telah berhasil menjadi Guru Profesional dapat menjadi guru kebanggaan negara Indonesia tercinta dan benar-benar dapat menjadi guru yang bekerja mencerdaskan anak bangsa sehingga dapat melahirkan generasi manusia yang lebih cerdas dan cerdas. lebih berkualitas.

Demikian postingan yang dapat saya bagikan pada kesempatan kali ini, semoga melalui artikel ini anda yang membaca dapat menambah wawasan tentang pentingnya mengikuti Pendidikan Profesi Guru (PPG).

Baca Juga :  Cara Menghapus Otomatis Text Yang Sama di Word

www.pusatdapodik.com

Berita Terkait

Bagaimana Cara Membuat Media Pembelajaran Interaktif? Begini Penjelasannya
Bagaimana Pembelajaran Yang Sesuai Dengan Tahap Perkembangan Siswa SD Menurut Piaget?
Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka
Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka
Dalam Rantai Makanan Tumbuhan Hijau Berfungsi Sebagai…..
Contoh Soal IPA Kelas 8 SMP MTs Kurikulum Merdeka Bab 2 Struktur dan Fungsi Tubuh Makhluk Hidup
Materi Biologi Kelas 11 Kurikulum Merdeka Lengkap
20 Soal Matematika Kelas 4 Semester 2 Kurikulum Merdeka
Berita ini 14 kali dibaca

Berita Terkait

Kamis, 11 Juli 2024 - 21:23 WIB

Bagaimana Cara Membuat Media Pembelajaran Interaktif? Begini Penjelasannya

Sabtu, 6 Juli 2024 - 17:04 WIB

Bagaimana Pembelajaran Yang Sesuai Dengan Tahap Perkembangan Siswa SD Menurut Piaget?

Kamis, 27 Juni 2024 - 11:03 WIB

Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka

Rabu, 26 Juni 2024 - 20:15 WIB

Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka

Senin, 24 Juni 2024 - 16:11 WIB

Dalam Rantai Makanan Tumbuhan Hijau Berfungsi Sebagai…..

Berita Terbaru