Contoh Formulir Pemilihan Mata Pelajaran Pilihan Kurikulum Merdeka

- Penulis

Jumat, 19 Mei 2023 - 23:14 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Contoh Formulir Pemilihan Mata Pelajaran Pilihan Kurikulum Mandiri

Sudah paham apa mata pelajaran pilihan yang ada di Kurikulum Merdeka? Mata pelajaran pilihan adalah daftar mata pelajaran yang dipilih oleh siswa sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuannya.

Pemilihan mata pelajaran pilihan hanya dilakukan pada saat siswa berada pada tahap F (kelas XI dan XII) dan hanya tersedia pada jenjang pendidikan SMA/SMK. Sebelum memilih mata pelajaran, siswa perlu berkonsultasi terlebih dahulu dengan pembimbing agar mata pelajaran yang dipilih tidak hanya sesuai dengan bakat, minat dan kemampuannya, tetapi juga tujuan masa depannya setelah menyelesaikan pendidikan SMA/SMK.

Setelah itu, siswa harus mengisi formulir pemilihan mata pelajaran pilihan. Apa contoh formulir pemilihan mata pelajaran pilihan? Yuk, cari tahu di ulasan berikut ini.

Pengertian Mata Kuliah Pilihan

Ada berbagai istilah baru yang muncul dalam Kurikulum Mandiri. Salah satunya adalah mata pelajaran pilihan. Apa yang dimaksud mata pelajaran pilihan dalam Kurikulum Mandiri?

Secara sederhana mata pelajaran pilihan adalah mata pelajaran yang dipilih oleh siswa sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuannya untuk pengembangan diri, melanjutkan pendidikan, berwirausaha, atau bekerja di bidang yang dipilih.

Mata pelajaran pilihan ini hanya tersedia pada jenjang pendidikan SMA/SMK. Seleksi hanya dapat dilakukan ketika siswa sudah memasuki tahap F (kelas XI dan XII).

Meski begitu, pemilihan mata pelajaran pilihan harus diarahkan sejak siswa berada di kelas X. Pemilihan mata pelajaran tidak bisa dilakukan sembarangan. Siswa harus berkonsultasi dengan guru, guru BK, dan orang tua.

Hal ini dimaksudkan agar siswa benar-benar memilih mata pelajaran sesuai dengan minat, bakat dan kemampuannya sehingga lebih mantap dalam merencanakan karir karena mengenal dirinya secara utuh melalui eksplorasi karir yang mendalam.

Prinsip Pemilihan Mata Pelajaran

Sebelum membahas tentang contoh formulir pemilihan mata pelajaran pilihan, apakah Bapak dan Ibu guru sudah mengetahui prinsip-prinsip dalam memilih mata pelajaran pilihan?

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, dalam memilih mata pelajaran, salah satu hal penting yang harus diperhatikan oleh Anda dan guru adalah minat, bakat, dan kemampuan siswa. Guru dapat memfasilitasi siswa dalam menggali minat, bakat dan kemampuannya.

Berikut penjelasan lebih lanjut mengenai prinsip pemilihan mata pelajaran pilihan bagi siswa SMA/SMK sebagaimana dilansir dari Pedoman Pemilihan Mata Pelajaran Kemdikbud.

Baca Juga :  Pengumuman Pengadaan PPPK Guru DI Yogyakarta DIY 2022

1. Minat

Minat adalah ketertarikan terhadap suatu objek. Menurut Hurlock (2011), minat merupakan sumber motivasi individu untuk melakukan sesuatu.

Dalam Kurikulum Merdeka minat yang dimaksud adalah minat siswa dalam merencanakan dan menentukan berbagai alternatif karir dan kegiatan yang dapat menunjang pilihan karirnya. Dalam kurikulum ini, siswa diberi kesempatan untuk memilih mata pelajaran pilihan yang dapat menunjang rencana karirnya setelah lulus SMA/SMK.

2. Bakat

Bakat adalah kemampuan yang dimiliki individu yang ditampilkan secara produktif, dikuasai dengan cepat, dan berkinerja lebih baik dari yang lain. Bakat yang dimiliki siswa tidak hanya berupa kemampuan akademik, tetapi juga non akademik.

Kadang-kadang, beberapa siswa merasa bahwa mereka tidak memiliki bakat apapun. Oleh karena itu, untuk mengetahui dan memahami bakatnya, siswa perlu banyak melakukan eksplorasi dengan mencoba berbagai kegiatan produktif, terutama yang berkaitan dengan minat karirnya.

Selain itu, siswa juga dapat menggali bakat dengan mencoba kegiatan yang disukai dan menjadi kompeten.

3. Kemampuan

Kemampuan adalah kapasitas seseorang untuk melakukan berbagai tugas dalam suatu kegiatan atau pekerjaan. Robbins dan Judge (2013) membagi kemampuan menjadi dua jenis kemampuan, yaitu kemampuan intelektual dan kemampuan fisik.

Mata Pelajaran Pilihan di Kurikulum SMA Merdeka

Perubahan mencolok dari Kurikulum 2013 ke Kurikulum Merdeka untuk pendidikan SMA terlihat jelas pada mata pelajaran.

Pada Kurikulum 2013, siswa kelas X dapat memilih peminatan yaitu IPA, IPS, dan Bahasa dan Budaya. Namun pada Kurikulum Merdeka tidak ada lagi peminatan, sehingga siswa kelas X diharuskan mempelajari semua mata pelajaran yang disediakan sekolah.

Pemilihan mata pelajaran pilihan akan dilakukan pada saat siswa berada di kelas XI dan XII sesuai dengan minat, bakat dan kemampuannya.

Ada lima kelompok mata kuliah pilihan yang direkomendasikan, yaitu:

  • MIPA yang terdiri dari peminatan Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, dan Informatika.
  • IPS yang terdiri dari Ekonomi, Sosiologi, Geografi, dan Antropologi.
  • Bahasa dan Budaya yang terdiri dari Bahasa dan Sastra Indonesia, Bahasa dan Sastra Inggris, dan Bahasa Asing lainnya.
  • Vokasi/Kreatif yang terdiri dari Budidaya, Teknik, dan sebagainya.
  • Seni dan Olahraga, khusus untuk sekolah yang ditetapkan oleh pemerintah.
Baca Juga :  3 Hal Penting Tentang Etika Guru Dalam Menjalankan Tugasnya Sebagai Pendidik

Perlu diperhatikan bahwa mata pelajaran pilihan yang diambil siswa akan mempengaruhi rencana karir mereka setelah lulus SMA.

Apabila siswa berencana untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi yaitu perguruan tinggi, maka mata pelajaran pilihannya harus disesuaikan dengan jurusan yang akan dipilihnya. Sebaliknya, jika berencana melanjutkan pekerjaan, maka mata kuliah pilihan juga harus disesuaikan dengan pilihan karir yang ingin ditempuh mahasiswa.

Oleh karena itu, siswa kelas X harus sudah memiliki rencana karir yang diinginkan setelah menyelesaikan pendidikan di jenjang SMA/SMK untuk memudahkan pemilihan mata pelajaran pilihan.

Proses Pemilihan Mata Kuliah Pilihan

Ada beberapa langkah yang harus dilakukan oleh siswa dan guru sebagai proses pemilihan mata pelajaran pilihan. Berikut langkah-langkahnya.

  • Guru memberikan bimbingan kepada siswa mengenai pemilihan mata pelajaran pilihan. Bimbingan dapat diberikan dalam bentuk sosialisasi, pendampingan dalam menggali minat, bakat dan kemampuan siswa, pendampingan dalam pemilihan mata pelajaran pilihan, serta pendampingan untuk memantapkan pilihan mahasiswa sesuai rencana karir setelah SMA.
  • Setelah itu, guru perlu mensosialisasikan kepada orang tua siswa terkait pemilihan mata pelajaran pilihan ini.
  • Guru BK, guru mata pelajaran, dan wali kelas berkolaborasi untuk memberikan pendampingan dalam menggali minat, bakat, dan kemampuan siswa.
  • Setelah mengetahui minat, bakat, dan kemampuan siswa, guru BK, guru mata pelajaran, dan wali kelas membimbing siswa untuk membuat rencana karir.
  • Guru juga bekerjasama dengan orang tua siswa agar guru, siswa, dan orang tua siswa memiliki pemahaman yang sama tentang minat, bakat, dan kemampuan siswa, serta harapan orang tua terhadap anaknya.
  • Siswa mengisi formulir mata pelajaran pilihan setelah menyelesaikan proses mengidentifikasi dan menggali minat, bakat, dan kemampuannya. Selain data diri, formulir ini juga memuat pernyataan siswa yang diketahui orang tua menyatakan mata pelajaran pilihan yang akan dipilih di kelas XI-XII atau tahap F.
  • Setelah mengisi formulir, guru selanjutnya akan mengolah data untuk pemilihan mata pelajaran pilihan yang diambil oleh siswa.

Contoh Formulir Pemilihan Mata Pelajaran Pilihan

Berikut ini adalah contoh formulir pemilihan mata pelajaran pilihan yang dapat Anda dan guru Anda unduh dalam dokumen Pedoman Pemilihan Mata Pelajaran Pilihan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

contoh formulir pemilihan mata kuliah pilihan

www.quipper.com

Berita Terkait

Contoh Surat Pernyataan Atau Pakta Integritas Lapor diri piloting PPG Daljab 2024
Pengumuman Piloting PPG 2024 Di Mulai Hari ini, Ayok Cek SIM PKB Bapak/ibu Guru Masing-masing
Guru Kategori Berikut Tidak Usah Khawatir, Ada Bantuan TPP Tambahan Untuk Yang Mengajar Lebih dari 24 Jam
Download Surat Edaran Piloting PPG Guru 2024
Ini Yang Harus Bapak/ibu Lakukan Jika sudah Terpanggil PPG Daljab 2024 di SIMPKB
Cara Melihat Penilaian Pengelolaan Kinerja PMM di E- Kinerja BKN Untuk Guru
Selamat untuk Guru Jateng, TPG TW 2 Akan Segera di Kirimkan ke Rekening Pertengahan Juli Ini
Tirta Dalam Coaching Guru Penggerak, Yuk Pahami Alurnya!
Berita ini 25 kali dibaca

Berita Terkait

Selasa, 23 Juli 2024 - 05:12 WIB

Contoh Surat Pernyataan Atau Pakta Integritas Lapor diri piloting PPG Daljab 2024

Senin, 22 Juli 2024 - 19:11 WIB

Pengumuman Piloting PPG 2024 Di Mulai Hari ini, Ayok Cek SIM PKB Bapak/ibu Guru Masing-masing

Senin, 22 Juli 2024 - 12:59 WIB

Guru Kategori Berikut Tidak Usah Khawatir, Ada Bantuan TPP Tambahan Untuk Yang Mengajar Lebih dari 24 Jam

Minggu, 21 Juli 2024 - 13:08 WIB

Download Surat Edaran Piloting PPG Guru 2024

Jumat, 19 Juli 2024 - 13:46 WIB

Ini Yang Harus Bapak/ibu Lakukan Jika sudah Terpanggil PPG Daljab 2024 di SIMPKB

Berita Terbaru