Contoh Jadwal Pelajaran SMA/SMK Kurikulum Merdeka

- Penulis

Sabtu, 20 Mei 2023 - 15:12 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

2

2

pusatdapodik.com – Cara menyusun jadwal pelajaran kurikulum mandiri SMA/SMK dan contoh pembuatan jadwal pelajaran kurikulum mandiri SMA/SMK.

Halo sobat pendidikan, selamat berjumpa kembali di website pendidikan ini. Kali ini mimin akan berbagi informasi tentang kurikulum mandiri khususnya dalam hal proses pembuatan jadwal pelajaran untuk jenjang SMA/SMK.

 

Contoh Jadwal Pelajaran SMASMK Kurikulum Merdeka

Banyak rekan guru, terutama yang berprofesi sebagai wakil kepala sekolah kurikulum di sekolah, merasa bingung membuat dan mengatur jadwal pelajaran saat menggunakan kurikulum mandiri. Hal ini sangat wajar mengingat kurikulum mandiri masih tergolong baru dan masih banyak yang belum menerapkan kurikulum mandiri di sekolahnya.

 

Nah atas dasar kebingungan para guru dalam mengatur jadwal pelajaran kurikulum mandiri khususnya pada jenjang SMA dan SMK maka melalui artikel ini admin akan mencoba untuk dapat berbagi informasi tentang cara mudahnya itu untuk mengatur jadwal pelajaran untuk tingkat yang berbeda. SMA/SMK dalam kurikulum mandiri.

 

Setiap wakil kepala sekolah yang menangani bagian kurikulum di sekolahnya tentu memiliki andil dalam pembuatan jadwal pelajaran di sekolahnya masing-masing. Nah, bagi anda yang di sekolah sudah sepenuhnya menggunakan dan menerapkan kurikulum mandiri di tingkat SMA/SMK, maka tentunya anda harus bisa membuat jadwal kelas untuk kurikulum mandiri kelas 10, membuat jadwal kelas untuk kelas 11 kurikulum mandiri, dan membuat jadwal pelajaran untuk kurikulum kelas 12. mandiri.

 

Kita semua tahu bahwa saat ini sudah banyak sekolah yang mulai menggunakan dan melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan kurikulum mandiri. Sekolah yang sudah mulai menggunakan kurikulum mandiri mulai dari jenjang PAUD, SD, SMP, SMA dan juga SMK. Khusus untuk sekolah mengemudi tentunya sudah menggunakan dan menerapkan kurikulum mandiri.

 

Sampai saat ini masih banyak sekolah yang memilih menerapkan kurikulum mandiri tetapi tidak memahami bagaimana struktur dalam kurikulum mandiri sehingga banyak sekolah yang telah menerapkan kurikulum mandiri tidak paham dan tidak mengetahui cara menyusun dan menjadwalkan pelajaran. dalam kurikulum mandiri. .

 

Pada kurikulum mandiri ada satu pembelajaran yang terasa baru jika dibandingkan dengan pembelajaran pada kurikulum 2013 yaitu pembelajaran proyek. Proyek pembelajaran yang dimaksud di sini adalah Proyek Penguatan Profil Mahasiswa Pancasila yang selanjutnya disingkat
P5.

 

Proyek Penguatan Profil Mahasiswa Pancasila (P5) adalah pembelajaran yang memberikan pengalaman langsung sesuai dengan karakteristik lingkungan sekitar agar anak memiliki kompetensi global dan berperilaku yang mencerminkan nilai-nilai pancasila di dalam kehidupan sehari-hari.

P5 merupakan pembelajaran lintas disiplin dalam mengamati dan memikirkan solusi permasalahan lingkungan untuk memperkuat berbagai kompetensi dalam Profil Mahasiswa Pancasila.

 

Dengan adanya pembelajaran Proyek Penguatan Profil Siswa Pancasila (P5), banyak guru terutama yang membidangi kurikulum di sekolah merasa kebingungan dalam menyusun dan membuat jadwal pelajaran untuk pelaksanaan pembelajaran pada kurikulum mandiri.

 

Sebagai informasi bagi anda yang baru akan menerapkan kurikulum mandiri di sekolahnya, anda bisa memilihnya secara mandiri.

Dalam pelaksanaan Kurikulum Mandiri, setiap satuan pendidikan dikelompokkan berdasarkan tiga kategori, yaitu:

§
Pembelajaran Mandiri – Sekolah menerapkan beberapa bagian dan prinsip Kurikulum Mandiri, tanpa mengubah kurikulum satuan pendidikan yang sedang dilaksanakan. Pada tahun ajaran baru, untuk satuan pendidikan PAUD kelas 1, 4, 7 dan 10 akan menggunakan kurikulum yang ada sambil belajar menerapkan beberapa prinsip dan metode dalam Kurikulum Merdeka.

§
Perubahan Mandiri – Sekolah menerapkan Kurikulum Mandiri dengan menggunakan perangkat pengajaran yang telah disediakan. Pada tahun ajaran baru, untuk satuan pendidikan PAUD, kelas 1, 4, 7 dan 10 menggunakan Kurikulum Mandiri, sedangkan selain kelas tersebut masih menerapkan kurikulum sebelumnya.

Baca Juga :  Materi PPKn Kelas 5 Kurikulum Merdeka

§
Berbagi Mandiri – Sekolah menerapkan Kurikulum Mandiri dengan mengembangkan alat ajar sendiri. Pada tahun ajaran baru, setiap satuan pendidikan PAUD kelas 1, 4, 7 dan 10 menggunakan Kurikulum Mandiri, untuk jenjang atau kelas lainnya tetap menerapkan kurikulum sebelumnya.

 

Dalam Struktur Kurikulum Merdeka baik satuan pendidikan PAUD, SD, SMP, SMA maupun SMK dibagi menjadi dua kegiatan utama, yaitu:

§
Pembelajaran intrakurikuler – Dirancang agar siswa dapat mencapai kemampuan yang terkandung dalam hasil belajar dari setiap mata pelajaran sesuai fasenya

§
Proyek Penguatan Profil Mahasiswa Pancasila (P5) – Ditujukan untuk memantapkan upaya pencapaian profil mahasiswa Pancasila yang mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan. P5 terdiri dari dimensi dan elemen. Dimensi yang dimaksud adalah 1) Iman, Takut Kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Akhlak Mulia, 2) Keberagaman Global, 3) Kemandirian, 4) Gotong Royong, 5) Penalaran Kritis, dan 6) Kemandirian. Sedangkan untuk elemen P5 disesuaikan dengan fase.

 

Khusus untuk struktur kurikulum tingkat SMA dan SMK sudah admin bagikan informasinya melalui artikel sebelumnya jadi bagi anda yang ingin melihat dan mengetahui struktur kurikulum pada tingkat SMA/SMK bisa mencarinya di website kherysuryawan.

 

Bagaimana Penyusunan Jadwal Proyek pada Kurikulum Mandiri Tingkat SMA/SMK

Untuk penyusunan jadwal proyek, ada tiga opsi pembagian waktu proyek penguatan profil mahasiswa Pancasila, yaitu sebagai berikut:

 

1. Setiap jam

Jika akan menggunakan sistem per jam, guru dapat mengalokasikan 1-2 jam pelajaran di penghujung hari yang merupakan waktu yang digunakan untuk mengerjakan proyek selain itu juga dapat digunakan untuk eksplorasi sekitar satuan pendidikan sebelum siswa berangkat. rumah.

 

2. Per Hari

Jika akan menggunakan sistem per hari, guru dapat menentukan satu hari dalam seminggu untuk pelaksanaan proyek (misalnya hari Jumat). Jika guru yang membuat jadwal telah memilih hari Jumat, maka seluruh jam belajar pada hari tersebut digunakan khusus untuk proyek.

 

3. Per Periode

Jika guru ingin menggunakan sistem per periode, maka dapat dilakukan dengan mengumpulkan dan memadatkan pelaksanaan tema dalam satu periode waktu, misalnya 2 minggu atau 1 bulan, dimana semua pendidik saling berkolaborasi dalam melaksanakan proyek pembelajaran.

 

Nah, setelah Anda memahami cara menyusun jadwal pembelajaran, khususnya untuk proyek pembelajaran penguatan profil siswa Pancasila (P5), selanjutnya Anda juga harus memahami hal berikut tentang cara menyusun jadwal pelajaran lain dalam kurikulum kemerdekaan.

 

Langkah-langkah Penyusunan Jadwal Pelajaran Kurikulum Mandiri SMA/SMK

Untuk menetapkan jam belajar per tahun dalam struktur Kurikulum Mandiri SMA/SMK, langkah-langkah yang harus dilakukan adalah sebagai berikut:

1.
Hitung jumlah jam belajar per tahun

2.
Tentukan minggu efektif setiap bulan dalam setahun

3.
Ubah jumlah pelajaran per mata pelajaran dari per tahun menjadi per minggu

4.
Menetapkan jam belajar untuk setiap mata pelajaran dengan berbagai alternatif sesuai dengan kebutuhan sekolah

5.
Membuat jadwal pelajaran (tabel roster) dalam satu minggu

Baca Juga :  Rangkuman Materi Matematika Kelas-1 Bab-14 Bilangan Besar – Kurikulum Merdeka

 

Berikut beberapa langkah mudah dalam menyusun jadwal pelajaran dalam kurikulum mandiri:

1.
Langkah pertama silahkan identifikasi jumlah jam belajar per minggu dalam struktur kurikulum mandiri terbaru (Kemdikbud no. 262 Tahun 2022)

2.
Langkah kedua adalah Anda harus menganalisis jumlah jam proyek per minggu dengan membagi jumlah jam per tahun dengan 36 minggu

Khusus untuk pembelajaran proyek seperti yang telah dijelaskan di atas, ada 3 bentuk pengaturan waktu. Bisa memakan waktu satu hari dalam seminggu. Dapat dikerahkan dalam beberapa hari. Dan bisa juga blok waktu 2-4 minggu. (Panduan Proyek KPBU, 2022: 39-41)

3. Langkah ketiga adalah setelah Anda memahami dan menjalankan instruksi pada langkah pertama dan kedua di atas, maka Anda dapat menyebarkan dan menyusun pelajaran ke dalam tabel daftar. Perlu dipahami bahwa agar daftar pelajaran yang disusun sesuai dengan kebutuhan masing-masing guru mata pelajaran/wali kelas, perlu duduk bersama dengan guru lain agar tidak terjadi bentrok jadwal dan apa yang telah disepakati dapat dilaksanakan. terlaksana dengan baik dan lancar.

 

Jika Anda sudah memahami semua penjelasan di atas, besar harapan Anda dapat dengan mudah mengatur jadwal pelajaran dalam kurikulum mandiri di sekolah Anda masing-masing. Memang terkadang membuat atau menyusun jadwal pelajaran bukanlah hal yang mudah, apalagi jika sekolah anda memiliki jumlah kelas yang banyak, tentunya diperlukan ketenangan dalam menyusun jadwal dan yang paling penting adalah menguasai tata cara dan tata cara menyusun jadwal pelajaran. jadwal yang baik dan benar.

 

Nah, untuk memudahkan Anda memahami cara menyusun jadwal, berikut ini admin akan bagikan contoh file jadwal pelajaran mandiri kurikulum tingkat SMA/SMK yang bisa dijadikan sebagai bahan referensi bagi guru yang akan membuat jadwal pelajaran. jadwal pelajaran kurikulum mandiri di sekolah mereka.

 

Admin sengaja membagikan contoh file jadwal pelajaran yang sudah jadi ini khusus untuk tingkat SMA dengan tujuan agar dapat menjadi referensi bagi para guru khususnya yang bertugas sebagai bagian dari kurikulum di sekolahnya atau sebagai penjadwal di sekolahnya masing-masing.

Sebagai informasi juga, file jadwal pelajaran SMA/SMK yang akan admin bagikan ini disimpan dalam format excel sehingga sangat mudah digunakan dan bagi anda yang ingin melakukan edit dapat dengan mudah mengeditnya dan menyesuaikannya sesuai kondisi dan keadaan yang ada di sekolah masing-masing. -masing-masing.

File jadwal belajar untuk jenjang SMA/SMK kurikulum mandiri versi terbaru yang akan admin bagikan terdiri dari 2 versi yaitu dapat digunakan oleh SMA/SMK yang menerapkan proses pembelajaran 5 hari kerja dan sekolah yang menerapkan proses pembelajaran 6 hari kerja.

 

Baiklah, berikut adalah contoh file jadwal pelajaran Kurikulum Mandiri Tingkat SMA yang file lengkapnya bisa anda miliki dibawah ini;

 

  • Kurikulum Mandiri Jadwal Pelajaran SMA/SMK (DI SINI)

DAPATKAN JUGA FILE INI:

???? JADWAL SD KURIKULUM MERDEKA (DI SINI)

???? JADWAL SMP KURIKULUM MERDEKA (DI SINI)

Demikian informasi penjelasan tentang cara menyusun jadwal pelajaran mandiri kurikulum dan juga contoh penyajian jadwal pelajaran mandiri kurikulum tingkat sma, semoga apa yang admin bagikan diatas dapat bermanfaat bagi para guru atau siapapun yang membutuhkan informasi tentang pembuatan jadwal pelajaran kurikulum mandiri.

Demikian dan terima kasih

www.pusatdapodik.com

Berita Terkait

Bagaimana Cara Membuat Media Pembelajaran Interaktif? Begini Penjelasannya
Bagaimana Pembelajaran Yang Sesuai Dengan Tahap Perkembangan Siswa SD Menurut Piaget?
Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka
Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka
Dalam Rantai Makanan Tumbuhan Hijau Berfungsi Sebagai…..
Contoh Soal IPA Kelas 8 SMP MTs Kurikulum Merdeka Bab 2 Struktur dan Fungsi Tubuh Makhluk Hidup
Materi Biologi Kelas 11 Kurikulum Merdeka Lengkap
20 Soal Matematika Kelas 4 Semester 2 Kurikulum Merdeka
Berita ini 74 kali dibaca

Berita Terkait

Kamis, 11 Juli 2024 - 21:23 WIB

Bagaimana Cara Membuat Media Pembelajaran Interaktif? Begini Penjelasannya

Sabtu, 6 Juli 2024 - 17:04 WIB

Bagaimana Pembelajaran Yang Sesuai Dengan Tahap Perkembangan Siswa SD Menurut Piaget?

Kamis, 27 Juni 2024 - 11:03 WIB

Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka

Rabu, 26 Juni 2024 - 20:15 WIB

Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka

Senin, 24 Juni 2024 - 16:11 WIB

Dalam Rantai Makanan Tumbuhan Hijau Berfungsi Sebagai…..

Berita Terbaru

Guru

Download Surat Edaran Piloting PPG Guru 2024

Minggu, 21 Jul 2024 - 13:08 WIB