Contoh Pantun Nasehat, Jenaka, Kiasan, Kanak-Kanak & Makna

- Penulis

Rabu, 20 September 2023 - 07:17 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Contoh Pantun Nasehat Jenaka Kiasan Kanak Kanak Makna

Contoh Pantun Nasehat Jenaka Kiasan Kanak Kanak Makna

Jika anda salah satu orang yang membutuhkan informasi mengenai pantun, maka kami akan memberikan contoh pantun yang ada. Jika anda ingin mengetahui berbagai macam pantun maka kali ini ayovaksindinkeskdi.id Saya kasih contoh langsungnya ya.

Memang saat ini bagi anda yang sedang mencari referensi sastra akan mudah menemukannya. Tidak perlu menggunakan banyak hal untuk mencari banyak literatur. Karena internet sendiri menyediakan banyak sekali bahan bacaan yang akan memberikan anda wawasan.

Sama seperti artikel kami kali ini, dimana nantinya kami akan memberi tahu Anda beberapa hal yang sangat-sangat penting tentang pantun. Tentunya bagi anda yang membutuhkan informasinya akan sangat membantu bukan? Oleh karena itu, silakan baca pembahasan ini sampai selesai.

Pasalnya banyak sekali yang akan kami sampaikan secara detail mulai dari pengertian, jenis, unsur dalam pantun dan juga contohnya. Oleh karena itu, pembahasan penting ini tidak boleh Anda lewatkan. Oke? Yuk langsung saja kita masuk ke pembahasannya sekarang juga.

Pengertian Pantun

contoh pantun

Bagi kamu pembaca ayovaksindinkeskdi.id pasti sudah tahu dan familiar dengan pantun ya. Pasalnya di televisi banyak sekali yang menggunakan pantun. Salah satu bukaan pantun yang paling terkenal sampai saat ini adalah “masak air biar mati” seperti itu, kan?

Namun kebanyakan orang hanya mengetahuinya saja, tanpa mengetahui secara jelas apa sebenarnya pantun itu. Bukankah begitu? Oleh karena itu, agar Anda dapat mengetahuinya dengan jelas, kami akan memberi tahu Anda beberapa hal yang nantinya dapat Anda ketahui tentang pantun ini.

Mari kita mulai, mari kita bahas mengenai pengertian pantun ini. Jadi, pantun ini merupakan karya sastra yang sangat terikat dengan kaidah-kaidah yang ada. Ya, jadi jika ingin membuat pantun, maka harus mematuhi ketentuan dalam pantun tersebut.

Namun tahukah anda kalau pantun ini merupakan sebuah karya sastra yang diciptakan untuk penggunaan lisan. Karya sastra pantun ini juga merupakan karya yang sudah digunakan sejak zaman dahulu lho. Orang zaman dahulu juga sudah terbiasa membalas pantun seperti itu.

Nah nantinya akan ada sebuah event yang menyangkut beberapa hal pada event tersebut. Misalnya, Anda akan bisa menanggapi pantun seperti itu di sebuah acara. Bahkan orang jaman dahulu pun biasa membalas pantun ini tanpa pikir panjang lho.

Jadi, sepertinya hanya spontan saja balas dendam terhadap pantun ini. Namun seiring berjalannya waktu, karya sastra tersebut menjelma menjadi karya sastra tulis dan dipelajari di dunia pendidikan. Bagaimana Anda ingin segera mengetahui hal-hal lain tentang pantun bukan?

Nah dibawah ini kami akan memberi tahu anda beberapa hal penting tentang pantun dan tentunya ada beberapa contoh pantun. Simak saja dibawah ini, karena seperti yang kami sampaikan, banyak sekali pembahasan tentang pantun yang sangat penting. Oke?

Jenis-jenis Pantun yang sering dijumpai di masyarakat luas

contoh pantun

Nah selain dari pengertiannya, anda juga harus tahu bahwa di dalam pantun ini anda akan menemukan banyak sekali jenisnya. Jadi, jika anda ingin membuat pantun seperti itu dan sebelum melihat contoh pantunnya, anda harus mencocokkan jenisnya. Jadi, tidak aneh untuk membuatnya.

Baca Juga :  Miris & Bertaruh Nyawa! Siswa SD di Sikka NTT ke Sekolah Lewati Hutan Sejauh 3 Km dan Seberangi Sungai

Nah, selain itu kalau kamu melihat pantun seperti itu, nanti kamu bisa mengklasifikasikannya, pantunnya jenis apa. Atau jika anda mendapat tugas sekolah untuk membedakan pantun pasti bisa jika anda sudah mengetahuinya.

Oleh karena itu pembahasan dibawah ini akan memberikan anda penjelasan mengenai beberapa jenis pantun. Ada tujuh jenis pantun yang bisa Anda gunakan dalam membuat pantun ini. Kamu juga bisa memilih lho, tipe apa saja yang ingin kamu gunakan nantinya. Oke, langsung saja kita lihat.

Puisi cinta

Jenis yang pertama adalah pantun cinta, dimana nantinya pantun ini berisi hal-hal yang hangat. Ya, pantun cinta ini bisa tentang percintaan, perasaan rindu pada seseorang dan orang lain. Intinya pantun ini mengandung makna cinta.

Tak jarang orang menggunakan pantun ini untuk merayu kekasihnya lho. Karena di dalamnya terdapat romansa yang mampu membuat sepasang kekasih merasa bahagia bukan? Anda juga dapat mencoba membuat sajak ini sendiri.

Puisi Teka-teki

Jika ingin membuat pantun yang dapat digunakan untuk bersenang-senang, maka pantun yang cocok digunakan adalah pantun teka-teki. Dalam pantun ini nantinya bisa membuat orang yang mendengarnya berpikiran seperti itu lho.

Anda juga bisa menjadikan pantu ini untuk acara atau permainan karena nantinya pantun teka-teki ini akan berisi pertanyaan-pertanyaan di dalam pantun tersebut. Jadi, tidak diakhiri dengan kata-kata yang menjadi isinya, melainkan dengan pertanyaan-pertanyaan yang benar-benar membuat pendengarnya berpikir, ya.

Puisi Kiasan

Jenis rima yang ketiga ini merupakan jenis rima yang dapat digunakan untuk menciptakan rima yang tersirat. Nah kalau bikin pantun biasanya sudah ada di isi pantunnya, tapi yang ini beda banget lho.

Sajak kiasa jenis ini merupakan pantun yang nantinya mengandung isi seperti kata-kata yang tersirat ya. Anda juga dapat menggunakan beberapa kata atau kalimat indah dalam sajak ini. Jadi, jangan langsung dijelaskan maksud atau isi pantun ini ya.

Peribahasa

Mungkin Anda sudah tahu pepatah ini kan? Yap, peribahasa ini merupakan kumpulan kata yang mengandung makna yang meliputi nilai-nilai kehidupan, prinsip, cara berperilaku dan lain-lain. Pada hakikatnya peribahasa menggunakan kata-kata kiasan yang nantinya dapat digunakan untuk menyampaikan suatu makna.

Nah, jika ini adalah jenis pantun, tentu di dalam pantun tersebut kalian akan diberikan banyak jenis pantun. Nah, kalau kamu menggunakan pantun jenis ini, kamu harus tahu berbagai macam peribahasa yang ada ya. Kalau begitu, kamu tinggal membuat pantun menggunakan jenis ini saja, ya.

Puisi Lelucon

Siapa yang sebenarnya suka jalan-jalan bersama teman? Mungkin jika menggunakan pantun jenis ini akan membuat anda lebih bahagia bukan? Memang benar jika kamu membuat pantun lucu ini, akan banyak mengandung hal-hal yang lucu lho. Anda juga bisa berbagi hal-hal lucu dengan semua orang.

Tidak hanya itu, dalam pantun ini Anda juga akan bisa menggunakan beberapa hal. Anda bisa menggunakan sajak jenis ini untuk menjadi sarkastik. Namun, simpanlah di tempat yang hangat dan jangan digunakan untuk memperburuk suasana ya.

Baca Juga :  Letak Indonesia Secara Astronomis Geografis dan Pengaruhnya

puisi religi

Nah, pantun jenis ini nampaknya sudah jelas, pantun religi ini merupakan pantun yang biasa digunakan untuk berzikir. Yap karena pantun religi ini sendiri akan mengandung beberapa pengingat agama yang kuat.

Bisa tentang hubungan pencipta dengan umatnya atau yang lainnya. Tentunya dengan pantun religi ini Anda bisa menyampaikan ajaran agama dengan cara yang sedikit berbeda. Bagaimana, apakah Anda ingin segera menciptakan pantun religi ini? Lakukan saja segera.

Nasehat Pantun

Jika anda menggunakan pantun nasehat seperti ini, nantinya anda akan mampu mengajarkan beberapa hal yang berkaitan dengan akhlak. Dimana dalam pantun tersebut anda akan dapat menggunakan berbagai jenis atau berbagai hal mengenai nasehat. Anda bisa menjadikannya sebagai pengingat akan perilaku atau norma seperti itu.

Tak hanya itu, berbagai nasehat bermanfaat juga bisa Anda sampaikan kepada orang-orang di sekitar Anda dengan menggunakan pantun ini. Jenis pantun itu banyak sekali ya? Bagaimana Anda memilih tema atau jenis sajak yang akan Anda tulis?

Dua Elemen dalam Puisi

contoh pantun

Jadi, ketika membuat pantun, akan ada dua unsur di dalamnya. Sebelum mengetahui contoh pantun, tentunya dalam membuat sebuah karya juga harus memperhatikan unsur-unsur yang sudah terkandung dalam pantun. Nah, kalau mau membuat pantunnya lebih bagus, bisa dipahami dulu ya.

Unsur intrinsik

Unsur intrinsik dalam pantun ini merupakan unsur-unsur yang sebenarnya dimiliki pantun tersebut, seperti tema, latar, alur atau alur dan lain-lain. Untuk unsur ini, hal yang juga menjadi ciri khasnya adalah rima. Dimana pantun ini akan memberikan nada dan ketertarikan tersendiri pada karya sastra puisi ya.

Unsur Ekstrinsik Pantun

Nah, unsur ekstrinsik tersebut merupakan unsur yang dijadikan sebagai latar belakang pembuatan sebuah pantun. Tentu saja nanti tentang apa yang membuat pantun ini. Tentunya hal ini akan mempengaruhi isi dan juga pesan yang akan disampaikan kepada pendengarnya ya.

Ciri-ciri yang dapat membedakan pantun dengan karya lainnya

Selain unsur-unsur pantun, nantinya Anda juga akan menemukan ciri-ciri pantun ini. Tentu saja suatu ciri khas nantinya dapat menjadi pembeda suatu pantun dengan karya lainnya. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui ciri-ciri berikut ini.

  • Setiap baris akan terdiri dari 8 hingga 12 kata serupa.
  • Pantun ada endingnya aaaa, abab, dan juga endingnya baba ya.
  • Pantun terdiri dari 2 baris sampiran dan 2 baris isi, yang nantinya menjadi 4 baris.

Contoh Puisi Untuk Orang Tua dan Anak Lengkap Artinya

Nah anda sudah mengetahui beberapa hal yang penting dan bisa digunakan untuk membuat pantun. Kalau sudah begitu, maka Anda bisa langsung membuat pantunnya.

Untuk membuat pantun anda bisa melihat contoh pantun yang akan kami sampaikan kepada anda ya. Kami akan memberi tahu Anda beberapa jenis pantun yang dapat Anda unduh. Download saja menggunakan contoh sajak di bawah ini.

Contoh berbagai jenis pantun dalam bentuk file dokumen -> Unduh disini

Baca juga artikel lainnya:

www.ayovaksindinkeskdi.id

Berita Terkait

Pasti dari Jokowi, Tahun Depan tidak Ada Perbedaan Antara PNS dan PPPK, Semua Akan Satu Nama Menjadi ASN
Contoh Doa Penutup MPLS 2024 Dalam Bahasa Indonesia
Contoh Materi MPLS SMP Kurikulum Merdeka Tahun Anggaran 2024/2025
Implementasi Pembelajaran Sosial dan Emosional di Kelas dan Sekolah
Contoh Modul Ajar Kurikulum Merdeka PAUD-TK Terbaru 2024
6 Daftar Kegiatan Ketika MPLS Bersama Peserta Didik Baru, Jangan Sampai Terlewatkan !
Ada Perlakuan Khusus untuk PPPK 2024, Semua Guru Akan Diberi Tunjangan Lebih Hingga 3 Juta
Alhamdulillah!! Tenaga Honorer Yang Mengabdi Lebih dari 20 Tahun Akan Langsung Ditetapkan NIP Pegawai
Berita ini 2 kali dibaca

Berita Terkait

Jumat, 19 Juli 2024 - 10:42 WIB

Pasti dari Jokowi, Tahun Depan tidak Ada Perbedaan Antara PNS dan PPPK, Semua Akan Satu Nama Menjadi ASN

Jumat, 12 Juli 2024 - 21:32 WIB

Contoh Doa Penutup MPLS 2024 Dalam Bahasa Indonesia

Sabtu, 6 Juli 2024 - 11:26 WIB

Contoh Materi MPLS SMP Kurikulum Merdeka Tahun Anggaran 2024/2025

Senin, 1 Juli 2024 - 16:57 WIB

Implementasi Pembelajaran Sosial dan Emosional di Kelas dan Sekolah

Sabtu, 29 Juni 2024 - 16:30 WIB

Contoh Modul Ajar Kurikulum Merdeka PAUD-TK Terbaru 2024

Berita Terbaru