Contoh Pidato Singkat – Pengertian, Jenis, & Struktur Lengkap!

- Penulis

Sabtu, 6 Januari 2024 - 19:11 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

contoh pidato

contoh pidato

Contoh pidato – Pernahkah Anda melihat seseorang berpidato? Kalaupun pernah, pasti bingung kalau disuruh berpidato seperti itu bukan? Baiklah kalau begitu, disini kami akan memberikan contoh pidato yang bisa kamu gunakan lho.

Memang benar untuk membuat sebuah pidato kita harus banyak melihat referensi-referensi seperti itu, karena nantinya jika tidak melihat referensi-referensi seperti itu, kita tidak akan bisa menebak seperti apa sebuah pidato yang baik dan benar. Apalagi jika Anda baru pertama kali berpidato seperti itu, pasti merasa bingung bukan?

Namun tidak apa-apa, kini Anda tidak perlu merasa bingung karena banyak sekali contoh yang bisa Anda dapatkan. Bukan hanya contoh di media cetak saja, tapi contohnya juga bisa kamu lihat di internet ya. Seperti sesuatu yang telah kami katakan.

Dimana nantinya kalian akan bisa menemukan banyak hal yang kalian perlukan pada artikel tersebut ayovaksidinkeskdi.id. Bagaimana Anda ingin mengetahuinya secara langsung? Jika iya, kami akan sampaikan kepada anda dibawah ini. Jangan sampai ketinggalan pembahasan pidatonya ya.

Penjelasan Pidato

contoh pidato

Siapa yang baru masuk pembelajaran dengan materi pidato? Pastinya Anda masih bingung dengan penjelasan pidato ini bukan? Baiklah kalau begitu, disini kami akan memberi tahu Anda tentang apa pidato ini. Jadi Anda bisa memahami maksud pidato ini.

Jadi, pidato ini adalah sebuah teks yang memuat gagasan, pemikiran, atau pengetahuan seseorang yang nantinya akan disampaikan di hadapan orang banyak atau khalayak umum. Orang yang menyampaikan pidato ini biasa disebut orator ya.

Jadi menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), pidato adalah suatu ungkapan pikiran yang diwujudkan dalam bentuk kata-kata atau wacana yang telah dipersiapkan dan nantinya akan diungkapkan di hadapan khalayak banyak. Nah, sudah paham kan penjelasan pidato ini?

Dalam pidato tersebut akan terdapat pesan-pesan yang akan ditujukan kepada pendengarnya. Pesan atau perintah yang disampaikan dalam pidato ini dapat disampaikan melalui dua cara. Ada yang menggunakan metode tersirat dan ada pula yang menggunakan metode langsung.

Jika pesan disampaikan secara langsung, biasanya pidato tersebut berisi himbauan atau ajakan, namun jika pesan disampaikan secara tersirat akan berada di balik kata-kata yang ada dalam teks pidato. Oleh karena itu, Anda harus mengetahuinya. Oke, langsung saja ke bagian lainnya.

Apa tujuan pidato yang disampaikan kepada banyak orang?

Jika anda sudah mengetahui penjelasan pidato ini, selanjutnya kami akan memberitahukan kepada anda tentang tujuan pidato tersebut. Penasaran dengan maksud dari pidato ini? Tentu saja, segala sesuatu yang Anda lakukan akan memiliki tujuannya masing-masing. Seperti contoh pidato ini.

Jika kita perhatikan, pidato ini merupakan salah satu hal yang selalu disampaikan dalam setiap acara. Pastinya Anda bertanya-tanya lagi bukan? Apa tujuan pidato ini? Mengapa setiap acara selalu diisi dengan pidato? Bukankah begitu? Oke, berikut beberapa alasan kenapa pidato selalu diadakan di acara seperti itu. Berikut rincian maksud pidatonya ya.

  • Pidato mempunyai tujuan untuk dapat menyampaikan fakta baik untuk menolak suatu hal maupun untuk mendukung suatu pernyataan yang ada.
  • Seringkali pidato dibuat untuk menghibur penonton.
  • Untuk menyampaikan informasi yang penting dan perlu didengar masyarakat.
  • Pidato juga mempunyai tujuan untuk meyakinkan pendengarnya agar melakukan tindakan tertentu atau menyampaikan pendapat yang memang perlu disampaikan.
  • Dengan berpidato, pembicara atau pendengar akan mampu menciptakan suasana yang lebih akrab dan tidak terkesan janggal atau membatasi.
Baca Juga :  Info GTK Update Lebih Cepat, Tunjangan Guru Akan Cair Lebih Cepat Akhir februari ini ?

Itulah beberapa tujuan yang dapat dicapai dengan memberikan pidato pada suatu acara. Jika dilihat-lihat, banyak sekali tujuan yang bisa dicapai dalam pembuatan pidato ini.

Bagian-bagian yang Wajib Ada dalam Pidato

contoh pidato

Oke, bagian ini adalah beberapa hal penting yang harus Anda ketahui sebelum Anda berpidato. Saat berpidato, perlu diketahui bahwa ada beberapa bagian yang harus ada dalam pidato. Untuk berpidato harus berpegang pada bagian-bagian yang ada juga.

Karena jika tidak, pidato Anda akan menjadi tidak lengkap. Bisa jadi pidato Anda kurang bagus, bukan? Akan kurang enak didengarkan karena bagian yang seharusnya ada hilang. Oleh karena itu pembahasannya akan kami sampaikan kepada anda.

Di bawah ini adalah bagian-bagian yang perlu Anda ketahui dalam sebuah pidato. Dimana nantinya jika menggunakan sebuah pidato akan dapat mencakup 3 bagian tersebut yaitu pembuka, isi dan penutup. Agar lebih jelas, berikut penjelasannya.

Pembuka

Hal pertama yang harus ada dalam setiap pidato adalah pembukaan. Tampaknya pembukaan ini tidak hanya diadakan dalam pidato saja, namun dalam beberapa kasus pembukaan ini harus ada. Dalam sebuah pidato, pembukaannya berada di awal yang meliputi salam pembuka.

Selain sambutan pembukaan, dalam pidato ini juga akan disampaikan ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, ungkapan rasa hormat kepada hadirin pada acara tersebut dan juga sambutan. Oh iya, untuk membuat pernyataan pembuka yang bagus kamu bisa menggunakan kata-kata yang menarik ya.

Isi

Setelah Anda menulis salam pembuka, nanti Anda harus menulis isinya juga. Dalam pidato anda jika tidak ada isi maka tidak mencerminkan pidato yang baik. Bagian tubuh ini merupakan salah satu bagian terpenting dalam pidato.

Bagaimana jika suatu pidato tidak mempunyai isi didalamnya, maka pidato yang disampaikan tidak akan mempunyai pesan. Oh ya, isi pidato ini harus Anda sesuaikan dengan tujuan Anda. Apakah Anda ingin membuat pidato seperti itu, Anda bisa mengaturnya sendiri.

Penutupan

Bagian terakhir yaitu bagian penutup dimana nantinya anda bisa menuliskan ucapan terima kasih di dalamnya. Nantinya Anda akan bisa mengucapkan terima kasih kepada pendengar yang telah memberikan perhatiannya kepada Anda. Selain itu, Anda juga dapat meminta maaf atas kesalahan pengiriman dan hal lainnya.

Bagian-bagian yang sudah anda baca diatas merupakan hal penting yang harus anda perhatikan ketika akan berpidato, seperti contoh pidato yang akan kami berikan dibawah ini.

Beberapa Jenis Pidato Dibedakan Berdasarkan Tujuannya

contoh pidato

Anda sudah memahami struktur pidato ini bukan? Sekarang Anda harus memahami jenis-jenis pidato. Dimana jenis-jenis pidato tersebut nantinya bisa Anda sesuaikan dengan isi pidato yang Anda sampaikan lho.

Jenis pidato ini juga akan dibuat berdasarkan tujuannya, apakah untuk perpisahan, pendidikanlingkungan sekitar, dan lain sebagainya, jadi bagi anda yang memang ingin menggunakan pidato ini, anda bisa menggunakan pidato tersebut sesuai dengan jenisnya saja.

Ada 4 jenis yang nantinya bisa anda dapatkan, yuk simak sekarang sebelum anda membaca contoh pidato yang baik dan benar menurut jenisnya masing-masing.

Baca Juga :  Cara untuk Kenali Ciri-Ciri Siswa yang Tidak Paham Pelajaran

Pidato Informatif

Jenis pidato yang pertama ini merupakan pidato informatif dimana pidato ini mempunyai tujuan untuk memberikan informasi penting kepada pembacanya. Jenis pidato informatif ini akan dibedakan menjadi tiga, yaitu instruksi lisan, laporan lisan, ceramah informatif. Pidato ini sering sekali digunakan oleh orang-orang lho.

Pidato argumentatif

Jenis tuturan selanjutnya adalah tuturan argumentatif, yaitu tuturan yang digunakan untuk mendukung suatu argumentasi. Dimana argumen tersebut nantinya akan didukung oleh data yang valid. Anda juga akan dapat mendukung argumen dengan statistik atau hal lainnya. Tidak hanya mendukung, pidato ini juga dapat menolak suatu argumen.

Pidato Rekreasi

Jenis tuturan yang ketiga yaitu tuturan rekreasional merupakan tuturan yang dapat dibuat untuk memberikan kesenangan atau hiburan kepada pembacanya.

Pidato Persuasif

Jenis pidato yang terakhir ini adalah pidato persuasif, dimana pidato tersebut akan meyakinkan pendengarnya untuk melakukan sesuatu atau membuat seseorang melakukan sesuatu.

Contoh pidato persuasif singkat dengan struktur lengkap

Budaya Bersih di Lingkungan Sekolah

Salam,

Yang terhormat Bapak/Ibu, Kepala Sekolah SMP Indah Jaya dan Bapak/Ibu. Guru, dan jangan lupakan semua teman-temanku yang aku sayangi.

Tentunya yang paling utama kita lakukan adalah mengucap syukur kehadirat Allah SWT, berkat limpahan nikmat dan karunia-Nya, kita bisa berkumpul disini, di tempat ini pada siang hari ini untuk memperingati Hari Lingkungan Hidup.

Oleh karena itu, izinkan saya menyampaikan kepada hadirin segala ulasan mengenai pentingnya bagi kita menjaga kebersihan lingkungan dan juga menjadikan kebersihan sebagai budaya bersih dalam kehidupan kita sehari-hari.

Perlu diketahui, kebersihan lingkungan sangat penting untuk bisa menjaga kesehatan lingkungan dan juga kesehatan Anda sendiri. Dengan lingkungan yang sehat maka kita akan mampu meminimalisir penyebaran penyakit dan kita juga akan merasa nyaman dan aman saat berada di lingkungan tersebut.

Selain itu, lingkungan juga menjadi faktor yang dapat mendorong keberhasilan proses belajar mengajar di sekolah, khususnya di kelas. Karena lingkungan sekolah yang bersih dan nyaman maka seluruh warga sekolah akan merasa nyaman dalam melaksanakan pembelajaran sehingga terjadi pembelajaran yang efektif.

Untuk itu kita sebagai warga SMP Indah Jaya dapat menjaga kebersihan lingkungan sekolah dimulai dari diri kita sendiri. Kita bisa memulainya dari hal kecil seperti tidak membuang sampah sembarangan, tidak meninggalkan barang di sekolah terutama di laci meja karena dapat menjadi sarang nyamuk. Jika hal ini sudah kita lakukan maka kita sebagai warga sekolah juga akan merasakan hasil dari lingkungan yang bersih dan lebih nyaman.

Saya rasa cukup sekian pidato yang saya sampaikan, semoga seluruh warga SMP Indah Jaya dapat menjadi masyarakat yang aktif menjaga dan menjadikan kebersihan lingkungan sebagai budaya bersih dimanapun kita berada.

Saya mengucapkan terima kasih atas perhatian yang diberikan dan apabila dalam penyampaiannya terdapat hal-hal yang kurang berkenan, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Wassalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh.

Anda dapat mendownload contoh pidato —> Unduh di sini secara gratis

Baca artikel lainnya:

Berita Terkait

Untuk Jenjang SMA Tahun Depan 2024/2025 Sudah tidak Ada Lagi Penjurusan, Ini Kebijakan Baru Dari Nadiem makarim
Pasti dari Jokowi, Tahun Depan tidak Ada Perbedaan Antara PNS dan PPPK, Semua Akan Satu Nama Menjadi ASN
Contoh Doa Penutup MPLS 2024 Dalam Bahasa Indonesia
Contoh Materi MPLS SMP Kurikulum Merdeka Tahun Anggaran 2024/2025
Implementasi Pembelajaran Sosial dan Emosional di Kelas dan Sekolah
Contoh Modul Ajar Kurikulum Merdeka PAUD-TK Terbaru 2024
6 Daftar Kegiatan Ketika MPLS Bersama Peserta Didik Baru, Jangan Sampai Terlewatkan !
Ada Perlakuan Khusus untuk PPPK 2024, Semua Guru Akan Diberi Tunjangan Lebih Hingga 3 Juta
Berita ini 0 kali dibaca

Berita Terkait

Sabtu, 20 Juli 2024 - 10:33 WIB

Untuk Jenjang SMA Tahun Depan 2024/2025 Sudah tidak Ada Lagi Penjurusan, Ini Kebijakan Baru Dari Nadiem makarim

Jumat, 19 Juli 2024 - 10:42 WIB

Pasti dari Jokowi, Tahun Depan tidak Ada Perbedaan Antara PNS dan PPPK, Semua Akan Satu Nama Menjadi ASN

Jumat, 12 Juli 2024 - 21:32 WIB

Contoh Doa Penutup MPLS 2024 Dalam Bahasa Indonesia

Sabtu, 6 Juli 2024 - 11:26 WIB

Contoh Materi MPLS SMP Kurikulum Merdeka Tahun Anggaran 2024/2025

Senin, 1 Juli 2024 - 16:57 WIB

Implementasi Pembelajaran Sosial dan Emosional di Kelas dan Sekolah

Berita Terbaru

Viral

Jangan Ya Dek Ya Yang Viral Di Tiktok Asli

Rabu, 24 Jul 2024 - 06:53 WIB