Contoh Rapor P5 Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka

- Penulis

Selasa, 18 Juni 2024 - 20:30 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Pusat dapodik – Pendidikan di Indonesia terus mengalami perubahan dan perkembangan, salah satunya adalah penerapan Kurikulum Merdeka. Kurikulum ini dirancang untuk memberikan kebebasan lebih kepada sekolah dan guru dalam menentukan metode pengajaran yang paling efektif bagi siswa. Salah satu komponen penting dalam Kurikulum Merdeka adalah P5 atau Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Di artikel ini, kita akan membahas contoh rapor P5 kelas 1 SD Kurikulum Merdeka secara lengkap dan mudah dipahami.

1. Apa itu P5 dalam Kurikulum Merdeka?

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan bagian integral dari Kurikulum Merdeka yang bertujuan untuk membentuk karakter siswa sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. P5 tidak hanya fokus pada aspek kognitif, tetapi juga pada pengembangan karakter, keterampilan sosial, dan nilai-nilai moral.

Pilar P5:

  • Beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME serta berakhlak mulia.
  • Berkebhinekaan global.
  • Bergotong royong.
  • Mandiri.
  • Bernalar kritis.
  • Kreatif.

Dengan adanya P5, diharapkan siswa dapat tumbuh menjadi individu yang tidak hanya cerdas secara akademis, tetapi juga memiliki karakter yang kuat dan berintegritas.

2. Tujuan P5 untuk Siswa Kelas 1 SD

Pada tahap awal pendidikan dasar, tujuan utama P5 adalah membentuk fondasi karakter yang kuat. Siswa kelas 1 SD diajak untuk mengenal dan memahami nilai-nilai Pancasila melalui kegiatan yang menyenangkan dan relevan dengan kehidupan sehari-hari mereka.

Tujuan P5 untuk Kelas 1 SD:

  • Mengenal nilai-nilai Pancasila secara sederhana dan praktis.
  • Mengembangkan keterampilan sosial seperti kerjasama, empati, dan tanggung jawab.
  • Menumbuhkan rasa percaya diri dan kemandirian.
  • Meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif.

3. Struktur Rapor P5 Kelas 1 SD

Rapor P5 memiliki struktur yang berbeda dengan rapor akademis konvensional. Rapor ini lebih fokus pada pencapaian siswa dalam aspek karakter dan keterampilan. Berikut adalah struktur umum rapor P5 kelas 1 SD:

Baca Juga :  Guru PPPK Golongan I sampai XVII Akan dapat Tunjangan Lebih Dari Nadiem Makarim, Intin Tunjangan Apa Itu ?

a. Identitas Siswa dan Sekolah

  • Nama lengkap siswa
  • Nomor Induk Siswa
  • Nama sekolah
  • Tahun ajaran

b. Deskripsi Pencapaian Profil Pelajar Pancasila Setiap pilar P5 akan dijelaskan pencapaiannya dalam bentuk deskripsi yang detail namun mudah dipahami.

c. Komentar Guru Guru memberikan komentar khusus tentang perkembangan siswa, baik dari segi akademis maupun non-akademis.

d. Rekomendasi untuk Pengembangan Lebih Lanjut Guru memberikan saran atau rekomendasi untuk pengembangan karakter dan keterampilan siswa di masa mendatang.

4. Contoh Deskripsi Pencapaian dalam Rapor P5

Untuk memberikan gambaran yang lebih jelas, berikut adalah contoh deskripsi pencapaian P5 dalam rapor kelas 1 SD:

a. Beriman dan Bertakwa kepada Tuhan YME serta Berakhlak Mulia “Siti menunjukkan sikap beriman dan bertakwa dengan rajin berdoa sebelum dan sesudah belajar. Ia juga berakhlak mulia dengan selalu menyapa teman-teman dan guru dengan sopan.”

b. Berkebhinekaan Global “Ananda menunjukkan sikap toleransi dan menghargai perbedaan dengan baik. Saat bermain bersama, ia tidak membeda-bedakan teman berdasarkan latar belakang atau agama.”

c. Bergotong Royong “Dalam setiap kegiatan kelompok, Budi selalu berperan aktif dan membantu teman-temannya dengan tulus. Ia sering menjadi contoh baik dalam hal kerjasama.”

d. Mandiri “Rina menunjukkan kemandirian dalam menyelesaikan tugas-tugasnya. Ia jarang sekali meminta bantuan kecuali jika benar-benar membutuhkan.”

e. Bernalar Kritis “Rizky sering bertanya dan memberikan pendapatnya dengan kritis. Ia tidak hanya menerima informasi begitu saja, tetapi berusaha memahaminya dengan baik.”

f. Kreatif “Ananda sangat kreatif dalam mengerjakan proyek seni. Ia seringkali memiliki ide-ide unik dan berani mencoba hal-hal baru.”

5. Tips untuk Guru dalam Menyusun Rapor P5

a. Observasi yang Mendalam Guru harus melakukan observasi yang mendalam dan kontinu terhadap siswa untuk mendapatkan data yang akurat tentang perkembangan mereka.

Baca Juga :  Ingat, Guru Penggerak Lebih Mudah Sertifikasi, Cukup Lakukan Ini di PPG, Ada 2 Keuntungan Besar

b. Kolaborasi dengan Orang Tua Melibatkan orang tua dalam proses pengamatan dan evaluasi bisa memberikan pandangan yang lebih holistik tentang siswa.

c. Gunakan Bahasa yang Mudah Dipahami Deskripsi dalam rapor harus menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh orang tua agar mereka bisa mengerti perkembangan anak mereka dengan baik.

d. Fokus pada Hal Positif Meskipun harus jujur, deskripsi dalam rapor sebaiknya lebih menekankan pada hal-hal positif dan memberikan dorongan bagi siswa untuk terus berkembang.

6. Peran Orang Tua dalam Mendukung P5

Orang tua memiliki peran penting dalam mendukung pelaksanaan P5 di rumah. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan orang tua:

a. Mengajarkan Nilai-nilai Pancasila Orang tua bisa mengajarkan nilai-nilai Pancasila melalui contoh nyata dalam kehidupan sehari-hari, seperti kejujuran, toleransi, dan gotong royong.

b. Membantu dalam Proyek Terlibat dalam proyek sekolah anak, seperti membantu dalam tugas-tugas rumah yang berkaitan dengan P5.

c. Memberikan Dukungan Moral Memberikan pujian dan dukungan moral ketika anak menunjukkan sikap atau tindakan yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

d. Komunikasi dengan Guru Secara rutin berkomunikasi dengan guru untuk mengetahui perkembangan anak dan berdiskusi tentang cara-cara terbaik untuk mendukungnya.

7. Kesimpulan

Kurikulum Merdeka dengan P5-nya menawarkan pendekatan yang lebih holistik dalam pendidikan dasar. Melalui rapor P5, baik guru maupun orang tua dapat memantau perkembangan karakter dan keterampilan siswa dengan lebih detail. Dengan kerjasama yang baik antara sekolah dan rumah, diharapkan siswa dapat tumbuh menjadi generasi penerus yang tidak hanya cerdas secara akademis, tetapi juga memiliki karakter yang kuat sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

Berita Terkait

Ini Yang Harus Bapak/ibu Lakukan Jika sudah Terpanggil PPG Daljab 2024 di SIMPKB
Cara Melihat Penilaian Pengelolaan Kinerja PMM di E- Kinerja BKN Untuk Guru
Selamat untuk Guru Jateng, TPG TW 2 Akan Segera di Kirimkan ke Rekening Pertengahan Juli Ini
Tirta Dalam Coaching Guru Penggerak, Yuk Pahami Alurnya!
Piloting PPG Daljab 2024 (Sistem Baru Menuju Sertifikasi Guru Profesional)
Kontrak Honorer Akan Diperpanjang Sampai 2027? Pertanda Kuat Honorer Tidak Jadi Dihapus
Ada beberapa Tunjangan Guru Yang nantinya Akan di Hapus Mulai Tahun 2025, Apa saja itu ?
Bukan Tanggal 15 Juli, MenpanRB Targetkan Seleksi CPNS 2024 Tetap Dibuka Bulan Juli
Berita ini 13 kali dibaca

Berita Terkait

Jumat, 19 Juli 2024 - 13:46 WIB

Ini Yang Harus Bapak/ibu Lakukan Jika sudah Terpanggil PPG Daljab 2024 di SIMPKB

Kamis, 18 Juli 2024 - 13:50 WIB

Cara Melihat Penilaian Pengelolaan Kinerja PMM di E- Kinerja BKN Untuk Guru

Rabu, 17 Juli 2024 - 05:24 WIB

Selamat untuk Guru Jateng, TPG TW 2 Akan Segera di Kirimkan ke Rekening Pertengahan Juli Ini

Senin, 15 Juli 2024 - 19:23 WIB

Tirta Dalam Coaching Guru Penggerak, Yuk Pahami Alurnya!

Senin, 15 Juli 2024 - 11:13 WIB

Piloting PPG Daljab 2024 (Sistem Baru Menuju Sertifikasi Guru Profesional)

Berita Terbaru