SKTM atau Surat Keterangan Disabilitas adalah surat keterangan yang diterbitkan oleh Kelurahan/Desa setempat untuk keperluan tertentu. SKTM biasanya dibuat untuk keperluan mengurus keringanan biaya kesehatan, beasiswa, pengajuan bantuan dan kebutuhan lainnya.

Pada artikel kali ini akan dibahas bagaimana proses pengajuan dan contoh SKTM yang baik untuk pengajuan KIP Perkuliahan.

Sebelum pergi ke diskusi utama, perlu dicatat bahwa meskipun tidak terdaftar di DTKS, calon Dosen KIP pelamar yang masih dalam kategori miskin/miskin tetap diperbolehkan mendaftar. Nah, untuk memperkuat aplikasi pendaftaran, Anda bisa lampirkan SKTM di kolom Ekonomi sebagai dokumen pendukung ekonomi.

Perguruan Tinggi KIP Prioritas

Berikut urutan kelompok prioritas penerima KIP Kuliah:

  • Kelompok prioritas utama meliputi: Mahasiswa pemegang KIP, KKS, BPNT, korban bencana alam, dan mahasiswa dari lembaga sosial.
  • Kelompok prioritas kedua meliputi: penerima PBI KIS, terdaftar di DTKS dengan <4 desil, yatim piatu atau yatim piatu.
  • Kelompok prioritas ketiga meliputi: dicatat dalam DTKS dengan Desil >4 dan tidak tercatat dalam DTKS tetapi dapat menunjukkan SKTM
  • Kelompok non-prioritas meliputi: kelompok yang memenuhi kuota KIP Perkuliahan yang memenuhi persyaratan berdasarkan total penghasilan bruto kedua orang tua.

Prioritas ditetapkan tidak hanya pada bukti pendukung ekonomi, tetapi juga dipengaruhi oleh hasil survey lapangan dan jumlah kuota Kuliah KIP disediakan oleh Kementerian Pendidikan.

Kampus umum umumnya dapat dengan mudah menerima pelamar dari kelompok prioritas utama terserah kamu prioritas ketiga. Namun, untuk kampus swasta, terkadang mereka hanya dapat menerima dari kelompok prioritas pertama dan kedua hanya karena terbatasnya kuota Kuliah KIP.

Syarat Pengajuan SKTM

  1. Membawa fotokopi KTP dan KK.
  2. Surat pengantar dari RT/RW (untuk Kelurahan).
  3. dan syarat lainnya sesuai dengan ketentuan di masing-masing daerah.

Prosedur Pengajuan

  1. Pengelolaan SKTM dilakukan di desa/kelurahan setempat. Anda hanya perlu membawa dokumen persyaratan kepada Kepala Dinas/Kesra untuk proses verifikasi.
  2. Jika dianggap memenuhi persyaratan, Desa/Kelurahan akan menerbitkan SKTM.
  3. Proses penerbitan SKTM biasanya dilakukan segera dan memakan waktu tidak lebih dari 1 hari kerja.

Jika ada kendala dalam proses pengurusan SKTM karena Desa/Kelurahan setempat tidak lagi menerbitkan SKTM, maka silakan ajak orang tua Anda untuk berunding dan memberikan pendidikan lebih lanjut.

Contoh SKTM untuk KIP Perguruan Tinggi

Pada umumnya Desa/Kelurahan memiliki format SKTM yang baku. Namun ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan agar SKTM Anda dapat digunakan untuk mendaftar Kuliah KIP. Simak beberapa poin berikut ini:

  • Cantumkan identitas Orang Tua/Wali
  • Cantumkan identitas siswa yang menyerahkan SKTM
  • Dibubuhi Stempel TTD dan stempel basah atas nama Kepala Desa/Lurah
  • Sertakan informasi “benar-benar berasal dari keluarga miskin/miskin”
  • Persyaratan: melamar beasiswa KIP College
  • Tidak perlu mencantumkan kampus tujuan karena SKTM dibuat sebelum diterima di universitas
  • Tahun pembuatan SKTM harus sama dengan tahun pengajuan KIP Kuliah. Contoh: KIP Kuliah 2022, maka SKTM yang boleh digunakan adalah SKTM yang dibuat tahun 2022.

Identitas minimal berisi Nama Lengkap, NIK, Tempat, Tanggal Lahir, Jenis Kelamin dan Alamat. Bisa dilengkapi dengan agama, pekerjaan, atau status perkawinan orang tua. Jika perlu, maka lengkapi dengan rata-rata pendapatan bulanan dan jumlah tanggungan dalam keluarga.

Download Format File DOC SKTM yang baik dan benar disini

Berikut ini adalah contoh SKTM yang baik dan benar:


Format penulisan SKTM bervariasi dan tidak harus sama persis dengan contoh yang kami berikan. Contoh di atas hanyalah alternatif.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *