PusatDapodik
Home Berita Pendidikan Contoh Teks Prosedur Singkat dan Pendek Beserta Strukturnya

Contoh Teks Prosedur Singkat dan Pendek Beserta Strukturnya

Contoh Teks Prosedur Singkat dan Pendek Beserta Strukturnya

Contoh Teks Prosedur – Kalau kita lihat prosedur ini, tidak jauh dari keseharian kita, ya. Ya, ada banyak contoh teks prosedur pada suatu item atau lainnya. Untuk itu, Anda harus mengetahui tentang teks prosedur yang ada ini. Kalau sudah tahu nanti akan lebih baik kan?

Oh ya, tidak hanya itu, kamu juga akan menemukan contoh penggunaan procedure text di pelajaran sekolahmu. Nantinya, Anda akan menemukannya dalam materi pembelajaran Anda. Bagi anda yang ingin mengetahui hal-hal penting tentang procedure text, anda bisa melihat artikelnya Ayovaksindikeskdi.id kali ini.

Nantinya Anda akan dapat melakukan banyak hal dengan lebih mudah. Saat ini, tidak hanya di buku saja bahan belajar bisa ditemukan, di internet juga banyak. Hal ini tentunya berkat kemajuan teknologi yang sudah berkembang pesat, ya.

Baiklah kalau begitu agar tidak berlama-lama langsung saja kita simak pembahasan hal-hal penting dan juga contoh-contoh pada procedural text dibawah ini. Kalau gitu di bawah ini ada pembahasan lengkapnya, langsung saja pindah yuk.

Penjelasan Detail Teks Prosedur

contoh-teks-prosedur

Nah, bagi anda yang masih bingung tentang Contoh Teks Prosedur ini sendiri, maka kami akan menyampaikan kepada anda pembahasannya. Sesuai dengan apa yang kami sampaikan di atas, disini kita bisa mendapatkan banyak hal tentang procedural text ini. Karena itu, perhatikan saja pembahasannya.

Pernahkah Anda ingin membuat sesuatu tetapi tidak tahu caranya? Atau pernahkah Anda ingin menggunakan alat baru dan melihat teks prosedur di dalamnya? Bukankah begitu? Nah untuk itu teks prosedur ini sering kita jumpai dan kita butuhkan dalam kehidupan sehari-hari.

Jadi, procedure text ini merupakan teks yang akan memandu pembaca untuk melakukan sesuatu. Misalnya cara menggunakan suatu barang atau alat. Ini juga bisa menjadi cara untuk membuat hidangan apa pun. Dengan adanya procedure text ini tentunya akan memudahkan Anda dalam melakukan berbagai hal.

Ya misalkan kalian ingin membuat sesuatu yang belum kalian ketahui, dengan procedure text yang ada kalian akan bisa melakukan atau membuat sesuatu sesuai dengan apa yang tertulis ya. Jadi, Anda tidak akan bingung lagi untuk melakukan banyak hal tersebut.

Nah, dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) procedural text adalah teks yang berisi langkah-langkah atau cara untuk menyelesaikan suatu masalah. Jika intinya ya, teks prosedur ini adalah teks yang memberikan cara agar orang dapat dengan mudah melakukan sesuatu tanpa kebingungan.

saya mengerti pendidikan apa yang kita maksud di sini? Oke langsung saja kita masuk ke pembahasan lebih dalam tentang procedure text. Ada struktur teks prosedur, karakteristik dan jenisnya. Ayo, mari kita lihat.

Inilah struktur teks prosedur yang harus diketahui

contoh-teks-prosedur

Jika Anda ingin membuat Contoh Teks Prosedur sendiri, maka nantinya kamu harus mengetahui tentang struktur dalam teks ini. Mungkin kamu mendapat tugas dari guru di sekolah untuk membuat teks prosedur, jadi sebelum membuatnya kamu harus mengetahui strukturnya.

Karena dalam sebuah teks pasti ada struktur yang membentuknya kan? Jadi, jika tidak ada struktur dalam sebuah teks, lalu bagaimana caranya agar teks tersebut nantinya bisa benar dan juga menjadi sebuah teks dengan kesatuan yang utuh.

Bisa dibilang struktur dalam jenis teks ini sangat-sangat dibutuhkan. Karena dengan struktur kita akan dapat membentuk teks dengan sesuai. Oke langsung aja kita kasih tahu struktur dari procedure text ini.

Teks prosedur ini memiliki empat struktur yang akan sangat membantu teks. Nah, untuk membuat teksnya jangan lupa atau jangan tinggalkan salah satu struktur tersebut. Langsung saja dibawah ini akan kami berikan penjelasannya.

Tujuan Teks Prosedur

Pastinya di bagian awal procedure text ini kalian akan menemukan tujuan dari procedure text ini kan? Tujuan yang dimaksud dari teks prosedur ini adalah apa yang ingin Anda lakukan. Nanti teks ini akan memberi Anda petunjuk tentang apa yang harus dilakukan. Jadi, bagian ini tidak boleh dibiarkan tidak lengkap.

Pada procedure text nanti anda bisa membuat teks petunjuk tentang apa saja seperti itu. Anda dapat membuat teks prosedur untuk melakukan sesuatu, membuat kerajinan tangan, menggunakan alat, dan lainnya. Harus jelas apa tujuan dari procedural text. Sehingga masyarakat juga dapat mengetahui tentang teks yang dibacanya.

Alat dan bahan

Kedua, Anda bisa menuliskan alat dan bahan yang akan dibutuhkan untuk pembuatannya. Bagi anda yang ingin membuat Contoh Teks Prosedur dengan begitu, nantinya anda bisa menambahkan alat dan bahan yang akan digunakan dalam membuat atau mengerjakan benda ini. Masih bingung membedakan alat dan bahan ini?

Jadi, jika alat tersebut merupakan benda yang akan sangat dibutuhkan untuk melakukan sesuatu dan tidak akan habis saat digunakan. Ingin Anda gunakan berulang kali juga, alat tidak akan habis. Seperti gunting, penggaris, dan lain-lain.

Nah, kalau bahan ini adalah benda yang memang bisa digunakan dalam prosedur tapi akan habis jika digunakan. Misalkan kamu akan membuat teks prosedur memasak, nanti bahan yang digunakan adalah gula pasir, air dan lain-lain. Beda kan?

Langkah-langkah yang Diambil

Selanjutnya, struktur yang sangat penting untuk dimasukkan ke dalam teks prosedur adalah langkah-langkahnya. Dimana langkah-langkah tersebut nantinya bisa digunakan untuk memberikan petunjuk kepada pembaca tentang procedure text yang kamu buat lho. Nantinya untuk membuat langkah harus menggunakan bahasa yang singkat, padat dan juga jelas.

Karena kalau pakai bahasa yang tidak jelas, nanti orang salah paham bahkan salah langkah lagi ya. Oya, untuk membuat langkah memang harus membuat langkah sedetail mungkin ya.

Penutup (Kesimpulan)

Dalam Contoh Teks Prosedur Nanti juga ada bagian penutupnya lho. Seperti jenis teks lainnya dimana nantinya Anda bisa membuat bagian penutup setelah selesai menuliskan langkah-langkahnya. Isi bagian penutup ini sedikit berbeda ya dengan bagian penutup teks lainnya.

Jika dalam procedure text, nantinya Anda bisa membuat teks penutup dengan menuliskan manfaat yang didapat dari langkah-langkah yang dilakukan tadi. Atau nanti juga akan ada kesimpulan dari isi langkah-langkah yang diambil. Sudah merasa mengerti kan?

Ciri Khas Procedure Text Yang Berbeda Dengan Teks Lainnya

contoh-teks-prosedur

Seperti teks lainnya, nantinya Anda akan bisa mendapatkan ciri-ciri dari teks prosedur. Memang benar, untuk membuat sebuah procedure text tentunya selain memahami struktur dari procedure text tersebut, nantinya Anda juga akan dapat memahami ciri-cirinya.

Karena pada setiap teks yang ada akan memberikan karakteristik yang berbeda-beda. Ingin tahu apa saja ciri-ciri teks prosedur. Simak detailnya di bawah ini, ya?

  • Teks akan berisi panduan langkah demi langkah.
  • Pasti menggunakan kata keterangan yang dapat menunjukkan cara yang tepat, tempat, waktu atau apapun.
  • Teks akan berisi kalimat imperatif.
  • Teks tersebut akan memuat kegiatan yang harus dilakukan secara berurutan, ya.
  • Kalimat dalam teks menggunakan jenis verba aktif.
  • Pada kalimat menggunakan kata sambung untuk dapat mengurutkan suatu kegiatan yang harus dilakukan.

Beberapa Jenis Teks Prosedur Dalam Kehidupan Sehari-hari

Dalam teks prosedur ini, Anda akan bertemu beberapa jenis teks. Ya, jadi procedure text ini juga bukan hanya satu jenis saja, tapi ada juga jenis lainnya yang bisa kalian gunakan. Ingin tahu jenis teks prosedur yang akan Anda gunakan? Lihat di bawah ada diskusi.

  • Teks Prosedur Kompleks, yaitu teks yang berisi banyak petunjuk yang harus dilakukan dengan cermat dan benar. Tidak bisa melakukan pengarahan secara acak ya.
  • Teks Prosedur Sederhana, yaitu teks prosedur yang hanya dituliskan beberapa petunjuk yang mudah dipahami. Biasanya hanya berisi dua atau tiga arah saja lho.
  • Teks Prosedur Protokolyaitu jenis teks dimana arahan tersebut tidak harus dilakukan secara berurutan, namun tujuan akhirnya akan tetap sama.

Contoh Procedure Text Lengkap Pendek dan Mudah

Untuk membuat procedure text, kamu bisa melakukannya dengan sangat mudah lho. Namun, di sini kami akan memberikan beberapa contoh teks prosedur yang dapat Anda lakukan. Tentu saja, Anda dapat melihat teks prosedur ini nanti sebagai referensi, oke?

Oleh karena itu, kami akan langsung masuk ke contoh-contoh teks prosedur yang dapat Anda lihat. Bagaimanapun, saya akan memberi Anda contoh tentang membuat makanan dan melakukan sesuatu, oke? Simak langsung di bawah ya?

Download teks prosedur dalam bentuk file dokumen -> Unduh disini

Contoh Procedure Text Membuat Makanan

Cara Membuat Manisan Mangga

Manisan jambu merupakan makanan yang biasanya disukai para remaja, ya. Rasa asam mangga mentah memiliki tingkat kenikmatan tersendiri yang membuat banyak orang menyukainya. Berikut cara membuat manisan mangga.

Alat dan bahan :

  1. Pisau 1. Mangga
  2. Mangkuk 2. Gula Putih
  3. Gosok 3. Cabai merah dan cabai rawit
  4. Talenan 4. Air secukupnya

Bagaimana membuat :

  • Anda memotong mangga dengan pisau menjadi potongan-potongan kecil.
  • Kemudian buat bumbunya dengan menambahkan cabai merah, cabai rawit dan juga gula putih dengan cara ditumbuk halus.
  • Setelah itu campurkan bumbu yang tadi ke dalam mangga yang sudah diiris kecil dan aduk hingga merata.
  • Jika sudah, biarkan selama 30 menit.
  • Manisan mangga siap disantap.

Contoh Procedure Text Doing Something

Cara Mencuci Tangan yang Benar

Menjaga kebersihan diri sangatlah penting. Untuk menjaga kebersihan juga tidak sesulit yang dibayangkan. Anda bisa memulainya dengan rajin mencuci tangan dengan benar. Agar Anda mengetahui cara mencuci tangan yang benar, maka simak caranya di bawah ini.

  • Anda bisa langsung membasahi seluruh tangan dengan air mengalir.
  • Lalu tuang sabun ke tangan, jangan terlalu banyak, secukupnya saja.
  • Setelah itu, Anda bisa mengoleskan sabun ke tangan dengan menggosok telapak tangan, lalu punggung tangan, sela-sela jari dan kuku. Jangan lupa untuk menggosok ibu jari secara bergantian.
  • Jika sudah, maka Anda bisa membilas tangan hingga semua buih dari sabun hilang.

Dengan mencuci tangan yang benar maka kebersihan akan selalu terjaga dan sehat selalu. Itu saja Contoh Teks Prosedur yang dapat kami sampaikan saat ini. mungkin berguna.

Baca Artikel Lainnya:

Diposting pertama kali pada 19-11-2022 16:19:55.

www.ayovaksindinkeskdi.id

Comment
Share:

Ad