CPNS Tahun ini Bakal Lebih Banyak jika Di Bandingkan Formasi untuk PPPK, Paling Banyak dari Divisi Pemerintahan ini

- Penulis

Selasa, 9 Juli 2024 - 10:35 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Pusat dapodik – Dalam beberapa tahun terakhir, rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) telah menjadi topik hangat di Indonesia. Tahun ini, kabar gembira datang bagi para pencari kerja yang bercita-cita menjadi bagian dari aparatur sipil negara. Jumlah formasi CPNS tahun ini diprediksi akan lebih banyak dibandingkan dengan formasi untuk PPPK. Selain itu, formasi terbanyak akan diisi oleh divisi pemerintahan tertentu. Mari kita bahas lebih lanjut mengenai hal ini.

CPNS vs PPPK: Apa Bedanya?

Sebelum membahas lebih jauh tentang perbandingan jumlah formasi antara CPNS dan PPPK tahun ini, penting untuk memahami perbedaan mendasar antara keduanya. CPNS adalah pegawai negeri sipil yang setelah melalui masa percobaan, akan diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) dengan status kepegawaian tetap. Mereka menikmati berbagai hak, termasuk pensiun.

Di sisi lain, PPPK adalah pegawai yang diangkat berdasarkan perjanjian kerja untuk jangka waktu tertentu. PPPK memiliki hak yang hampir sama dengan PNS, kecuali hak pensiun. Status kepegawaian PPPK lebih fleksibel dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan instansi pemerintah.

Mengapa Formasi CPNS Tahun Ini Lebih Banyak?

Ada beberapa alasan mengapa formasi CPNS tahun ini lebih banyak dibandingkan dengan formasi untuk PPPK:

  1. Kebutuhan Organisasi: Pemerintah melihat adanya kebutuhan mendesak untuk mengisi berbagai posisi strategis di banyak kementerian dan lembaga. Kekosongan posisi yang penting ini memerlukan pengisian dengan pegawai tetap yang memiliki komitmen jangka panjang.
  2. Penekanan pada Kualitas dan Profesionalisme: Pemerintah ingin memastikan bahwa aparatur negara diisi oleh individu-individu yang memiliki dedikasi tinggi dan profesionalisme yang terjamin. Dengan memilih CPNS, pemerintah berharap mendapatkan pegawai yang lebih berkomitmen dalam jangka panjang.
  3. Stabilitas dan Kontinuitas: CPNS memberikan stabilitas dan kontinuitas dalam pelayanan publik. Dengan memiliki lebih banyak CPNS, diharapkan pelayanan kepada masyarakat akan lebih konsisten dan berkelanjutan.
Baca Juga :  Pendaftaran PPK Seleksi Guru Dibuka Hari Ini, Siapa Yang Bisa Mendaftar? Cek Disini

Divisi Pemerintahan yang Mendapat Formasi Terbanyak

Di antara semua divisi pemerintahan, beberapa divisi mendapatkan alokasi formasi CPNS terbanyak tahun ini. Divisi-divisi ini dianggap memiliki peran kunci dalam menjalankan roda pemerintahan dan memerlukan tenaga tambahan untuk mengoptimalkan fungsinya. Berikut adalah beberapa divisi tersebut:

  1. Kementerian Kesehatan: Dalam situasi pandemi seperti saat ini, kebutuhan akan tenaga medis dan paramedis sangat tinggi. Kementerian Kesehatan mendapatkan alokasi formasi CPNS yang signifikan untuk memastikan pelayanan kesehatan yang optimal kepada masyarakat.
  2. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan: Pendidikan merupakan salah satu pilar utama pembangunan bangsa. Oleh karena itu, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan membutuhkan banyak tenaga pengajar dan staf pendukung untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.
  3. Kementerian Keuangan: Sebagai tulang punggung ekonomi negara, Kementerian Keuangan memerlukan tambahan tenaga ahli untuk mengelola keuangan negara dengan lebih baik. Ini termasuk auditor, analis keuangan, dan pegawai pajak.
  4. Badan Pemeriksa Keuangan (BPK): Untuk memastikan transparansi dan akuntabilitas dalam penggunaan anggaran negara, BPK memerlukan tambahan auditor dan tenaga pendukung lainnya.

Persiapan Menghadapi Seleksi CPNS

Bagi Anda yang berminat untuk mengikuti seleksi CPNS tahun ini, persiapan yang matang sangat penting. Berikut adalah beberapa tips yang bisa membantu Anda:

  1. Pelajari Materi Seleksi: Familiarisasi dengan materi seleksi sangat penting. Pelajari soal-soal tahun sebelumnya dan ikuti bimbingan belajar jika diperlukan.
  2. Tingkatkan Kemampuan Bahasa Indonesia dan Matematika: Tes kompetensi dasar sering kali mencakup soal bahasa Indonesia dan matematika. Tingkatkan kemampuan Anda dalam dua bidang ini.
  3. Siapkan Dokumen dengan Lengkap: Pastikan semua dokumen yang diperlukan sudah lengkap dan sesuai dengan persyaratan. Kesalahan administratif bisa menggagalkan usaha Anda.
  4. Jaga Kesehatan: Seleksi CPNS sering kali memerlukan stamina yang baik, terutama jika harus mengikuti beberapa tahap tes dalam waktu yang berdekatan. Jaga kesehatan Anda dengan pola makan yang baik dan olahraga teratur.
Baca Juga :  Mulai Meredup!! Nasib Tenaga Honorer Makin Tidak Jelas, Jadi di angkat PPPK Tahun 2024 ini ?

Kesimpulan

Tahun ini, formasi CPNS diprediksi akan lebih banyak dibandingkan dengan formasi untuk PPPK. Hal ini mencerminkan kebutuhan pemerintah untuk mengisi posisi-posisi strategis dengan pegawai yang memiliki komitmen jangka panjang. Beberapa divisi pemerintahan, seperti Kementerian Kesehatan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Keuangan, dan BPK, mendapatkan alokasi formasi terbanyak.

Bagi para pencari kerja yang tertarik untuk menjadi bagian dari aparatur sipil negara, persiapan yang matang sangat penting. Pelajari materi seleksi, tingkatkan kemampuan bahasa Indonesia dan matematika, siapkan dokumen dengan lengkap, dan jaga kesehatan. Dengan persiapan yang baik, peluang Anda untuk berhasil dalam seleksi CPNS akan semakin besar.

Berita Terkait

Ini Yang Harus Bapak/ibu Lakukan Jika sudah Terpanggil PPG Daljab 2024 di SIMPKB
Cara Melihat Penilaian Pengelolaan Kinerja PMM di E- Kinerja BKN Untuk Guru
Selamat untuk Guru Jateng, TPG TW 2 Akan Segera di Kirimkan ke Rekening Pertengahan Juli Ini
Bukan Tanggal 15 Juli, MenpanRB Targetkan Seleksi CPNS 2024 Tetap Dibuka Bulan Juli
Tenaga honorer Makin Rumit, Sekarang Gaji Akan di Potong 3% Untuk Tapera ?
Semua Honorer Yang Terdata di BKN Akan Diangkat Menjadi ASN, Begini Cara Melihat Terdata di BKN
Informasi Seleksi CPNS dan PPPK Kemenag 2024: Semua Honorer Jadi ASN, Berikut Formasinya
Mulai Meredup!! Nasib Tenaga Honorer Makin Tidak Jelas, Jadi di angkat PPPK Tahun 2024 ini ?
Berita ini 4 kali dibaca

Berita Terkait

Jumat, 19 Juli 2024 - 13:46 WIB

Ini Yang Harus Bapak/ibu Lakukan Jika sudah Terpanggil PPG Daljab 2024 di SIMPKB

Kamis, 18 Juli 2024 - 13:50 WIB

Cara Melihat Penilaian Pengelolaan Kinerja PMM di E- Kinerja BKN Untuk Guru

Rabu, 17 Juli 2024 - 05:24 WIB

Selamat untuk Guru Jateng, TPG TW 2 Akan Segera di Kirimkan ke Rekening Pertengahan Juli Ini

Minggu, 14 Juli 2024 - 10:59 WIB

Bukan Tanggal 15 Juli, MenpanRB Targetkan Seleksi CPNS 2024 Tetap Dibuka Bulan Juli

Sabtu, 13 Juli 2024 - 10:15 WIB

Tenaga honorer Makin Rumit, Sekarang Gaji Akan di Potong 3% Untuk Tapera ?

Berita Terbaru