Jawaban Soal Apa Kaitan Antara Diagram Identitas Gunung Es Dengan Penumbuhan Profil Pelajar Pancasila Pada Murid Dan Transformasi Pendidikan

- Penulis

Selasa, 2 Juli 2024 - 16:21 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

PUSAT DAPODIK – Berikut ini merupakan ulasan lengkap terkait informasi mengenai jawaban soal “Apa kaitan antara diagram identitas gunung es dengan penumbuhan profil pelajar pancasila pada murid dan transformasi pendidikan?…” yang dapat Anda gunakan sebagai alternatif jawaban.

Adapun, contoh Jawaban Soal dibawah ini ditujukan untuk Mewujudkan Sekolah Ramah Anak. Nah, sebelum mengetahui lebih lanjut terkait kaitan antara diagram identitas gunung es dengan penumbuhan profil pelajar pancasila pada murid dan transformasi pendidikan sebaiknya Anda mengenal pengertian dari diagram identitas gunung es terlebih dahulu. Langsung saja, berikut ini merupakan penjelasan lengkapnya.

Mengenal Apa Itu Diagram Identitas Gunung Es

Apa itu diagram identitas gunung es? Adapun diagram identitas gunung es adalah sebuah metode atau cara bagaimana karakter seseorang dapat ditumbuhkan. Diagram identitas gunung  es mampu mengadopsi teori gunung es yaitu apa yang terlihat di permukaan tidak menunjukkan sebesar apa yang telah tersembunyi di bawah laut.

Dengan adanya diagram identitas gunung es, guru penggerak perlu menganalisis sifat dan sikap siswa tak hanya yang terlihat pada permukaan saja. Dimana, bagian gunung es yang terlihat di atas permukaan air biasanya adalah hanya berkisar 12 persen, sisanya sebanyak 88 persen ada di bawah air.

Dalam diagram identitas gunung es, ada 12 persen bagian di permukaan yang merupakan karakter/sifat yang disadari manusia, sementara untuk 88 persen belum disadari. Perlu usaha supaya 88 persen sifat maupun karakter tersembunyi tersebut dapat disadari oleh manusia. Pada 88 persen karakter yang masih belum disadari tersebut tertanam soft skill, pola pikir, kepercayaan serta nilai-nilai.

Hal-hal tersebut dinamakan dengan identitas. Jadi, karakter yang terlihat dan terbentuk dari kebiasaan yang mana merupakan suatu kegiatan atau perilaku yang sadar atau tidak dilakukan secara berulang oleh manusia. Lalu, kebiasaan yang dilakukan kemudian menjadi karakter kumulatif seseorang.

Baca Juga :  28 Jenis Bagian Perangkat Administrasi Yang Harus Disiapkan Oleh Guru Kurikulum Merdeka

Selain berasal dari dalam diri, pertumbuhan karakter manusia juga diketahui dipengaruhi oleh lingkungan. Kembali ke analogi gunung es bahwa permukaan gunung es yang terlihat menggambarkan lingkungan dengan terlihat jelas oleh mata, fisik dan disadari. Sementara itu, bagian gunung es yang berada di bawah permukaan laut menggambarkan sebuah lingkungan yang tak terlihat, bersifat psikis serta tidak mudah untuk disadari. Dua lingkungan tersebut yang berpengaruh: dapat merubah atau menumbuhkan karakter seseorang. Untuk dapat menumbuhkan karakter, dua lingkungan tersebut disebut dengan pengkondisian dan pembiasaan, baik lingkung fisik maupun psikis, baik secara eksplisit atau implisit.

Para guru mampu membantu untuk pertumbuhan karakter para siswa dengan melalui dua jalan utama untuk pengondisian serta pembiasaan perilaku yang positif yaitu dengan melalui jalan keteladanan dan sistem maupun aturan. Komitmen dengan melalui dua jalan keteladanan dan sistem atau aturan inilah yang nantinya perlu dilakukan secara konsisten oleh guru dan sekolah. Dengan demikian, pertumbuhan karakter bagi para peserta didik bisa kepada arah yang jauh lebih baik lagi.

Pertanyaan Lengkap: Apa kaitan antara diagram identitas gunung es dengan penumbuhan profil pelajar pancasila pada murid dan transformasi pendidikan?

Jawaban:

Kesadaran dan pemahaman pada diagram identitas gunung es dapat membuat Bapak/Ibu mengoptimalkan penumbuhan Profil Pelajar Pancasila kepada murid.

Alasannya adalah karena dengan diagram identitas gunung es, maka Bapak/Ibu menyadari jika potensi siswa lebih banyak yang tidak terlihat dibandingkan yang muncul ke permukaan.

Sehingga hal ini mampu membuat Bapak/Ibu guru lebih tergerak untuk dapat menerapkan pembelajaran berdiferensiasi seperti yang telah diterangkan oleh Ki Hajar Dewantara.

Baca Juga :  Kompetensi dan Skill Guru yang Perlu Dimiliki  di Era Modern

Terkait dengan hal Profil Pelajar Pancasila, maka harusnya Bapak/Ibu sadar akan potensi karakter tersebut lebih banyak berada di alam bawah sadar, maupun wilayah yang tidak ditampakkan oleh para peserta didik.

Dengan begitu, Bapak/ Ibu menjadi lebih bijak dalam menyusun serta melaksanakan pembelajaran berdiferensiasi sehingga target untuk dapat menumbuhkan Profil Pelajar Pancasila kepada murid secara intensif bisa dilaksanakan.

Pembahasan

Supaya lebih paham terkait apa kaitan antara diagram identitas gunung es dan penumbuhan profil pelajar pancasila kepada murid dan transformasi pendidikan, berikut ini merupakan penjelasannya:

1. Diagram Identitas Gunung Es

  • Diagram ini diketahui menggambarkan bahwa setiap manusia mempunyai unsur intrinsik dan ekstrinsik dalam dirinya.
  • Unsur intrinsik merupakan kodrat jiwa dan pemikiran yang tersembunyi di dalam diri kita.
  • Unsur ekstrinsik merupakan sebuah karakter yang tampak di luar, yang terbentuk dengan melalui penumbuhan dan perawatan karakter dan pikiran.

2. Penumbuhan Profil Pelajar Pancasila:

  • Penumbuhan profil pelajar Pancasila diketahui dimulai sejak dalam kandungan seorang ibu.
  • Nilai-nilai Pancasila ditanamkan dengan melalui interaksi dengan lingkungan, pendidikan, dan pengalaman pribadi.

3. Transformasi Pendidikan:

  • Dengan memahami diagram identitas gunung es, Guru Penggerak maka dapat memperkuat nilai-nilai Pancasila dalam pendidikan.
  • Transformasi pendidikan terjadi saat nilai-nilai ini ditanamkan dan tumbuh di dalam diri setiap murid.
  • Dengan paham kaitan ini, maka guru dapat menciptakan pendidikan yang berpihak kepada murid dan masyarakat.

Kesimpulan

Itulah pembahasan mengenai jawaban soal apa kaitan antara diagram identitas gunung es dengan penumbuhan profil pelajar pancasila pada murid dan transformasi pendidikan. Semoga jawaban soal yang disampaikan diatas bermanfaat ya!

Berita Terkait

Ini Yang Harus Bapak/ibu Lakukan Jika sudah Terpanggil PPG Daljab 2024 di SIMPKB
Cara Melihat Penilaian Pengelolaan Kinerja PMM di E- Kinerja BKN Untuk Guru
Selamat untuk Guru Jateng, TPG TW 2 Akan Segera di Kirimkan ke Rekening Pertengahan Juli Ini
Tirta Dalam Coaching Guru Penggerak, Yuk Pahami Alurnya!
Piloting PPG Daljab 2024 (Sistem Baru Menuju Sertifikasi Guru Profesional)
Kontrak Honorer Akan Diperpanjang Sampai 2027? Pertanda Kuat Honorer Tidak Jadi Dihapus
Ada beberapa Tunjangan Guru Yang nantinya Akan di Hapus Mulai Tahun 2025, Apa saja itu ?
Bukan Tanggal 15 Juli, MenpanRB Targetkan Seleksi CPNS 2024 Tetap Dibuka Bulan Juli
Berita ini 29 kali dibaca

Berita Terkait

Jumat, 19 Juli 2024 - 13:46 WIB

Ini Yang Harus Bapak/ibu Lakukan Jika sudah Terpanggil PPG Daljab 2024 di SIMPKB

Kamis, 18 Juli 2024 - 13:50 WIB

Cara Melihat Penilaian Pengelolaan Kinerja PMM di E- Kinerja BKN Untuk Guru

Rabu, 17 Juli 2024 - 05:24 WIB

Selamat untuk Guru Jateng, TPG TW 2 Akan Segera di Kirimkan ke Rekening Pertengahan Juli Ini

Senin, 15 Juli 2024 - 19:23 WIB

Tirta Dalam Coaching Guru Penggerak, Yuk Pahami Alurnya!

Senin, 15 Juli 2024 - 11:13 WIB

Piloting PPG Daljab 2024 (Sistem Baru Menuju Sertifikasi Guru Profesional)

Berita Terbaru