PusatDapodik
Home Guru Pembelajaran Dimensi Besaran, Dimensi Besaran Pokok dan Turunan

Dimensi Besaran, Dimensi Besaran Pokok dan Turunan

Pada halaman ini kita akan belajar tentang dimensi besaran pokok dan dimensi besaran turunan menggunakan bahasa yang mudah dipahami. Mungkin sebagian dari kita masih bertanya-tanya, apa yang dimaksud dengan dimensi tersebut? Nah, kata dimensi memang sering digunakan, namun dalam hal ini dimensi diartikan sebagai cara menyatakan besaran dengan menggunakan lambang atau lambang.

Definisi Dimensi Besaran

Dimensi adalah besaran yang teknik penulisannya menggunakan “lambang” besaran pokok. besaran suatu dimensi menunjukkan proses besaran tersusun dari besaran-besaran pokok tersebut. Apapun jenis satuan ukuran yang digunakan tidak akan mempengaruhi besaran besaran tersebut, misalnya satuan panjang dapat dinyatakan dalam m, cm, km, ft. 4 satuan ini memiliki dimensi yang sama yaitu L. Pada aliran satuan “SI” internasional, ada (tujuh) satuan ukuran. pokok dimensi, cara menuliskan besaran salah satu besaran dengan adanya lambang atau huruf tertentu dan diapit tanda kurung siku [].

Apakah fungsi dari penggunaan besaran besaran?

Memahami dimensi besaran pokok dan dimensi besaran turunan dapat membantu kita memahami persamaan mana yang sejenis atau tidak, sehingga kita dapat mengetahui apakah suatu persamaan itu benar atau tidak. Coba lihat apakah ini terjadi dalam persamaan matematika panjang yang melibatkan berbagai besaran pokok dan turunan? Ini akan sangat sulit. jadi fungsi dari menggunakan dimensi besaran itu.

Baca juga:Rangkuman Rumus Volume Bangun Ruang Matematika

Dimensi Utama

Besaran besaran pokok dapat ditunjukkan dengan lambang berupa huruf kapital dan biasanya diapit oleh tanda kurung siku. Dari gambar di atas, kita mengetahui bahwa ada tujuh besaran pokok yang memiliki dimensi. Sudut bidang dan sudut ruang adalah besaran tak berdimensi, keduanya memiliki satuan radian dan steradian, namun keduanya tak berdimensi.

tabel jumlah pokok

Dimensi Turunan

Besaran besaran turunan diperoleh dengan menelusuri penurunan dan penjabaran besaran besaran pokok. Tabel di bawah ini menunjukkan jenis-jenis contoh besaran turunan dimensi.

Dari tabel diatas, Speed ​​memiliki satuan meter, per-detik dimana meter memiliki lambang dimensi [L] dan per-detik memiliki simbol dimensi [T]-1. Jadi kecepatan memiliki simbol dimensi [L][T]-1.

Demikian artikel tentang dari semoga bermanfaat Dimensi Jumlah, Dimensi Jumlah Pokok dan Derivatif dari pusatdapodik.com mungkin berguna.

Baca juga:

rumusrumus.com

Comment
Share:

Ad