PusatDapodik
Home Guru Format Analisis Penilaian Capaian Pembelajaran Kurikulum Merdeka

Format Analisis Penilaian Capaian Pembelajaran Kurikulum Merdeka

1674828725 Format Analisis Penilaian Capaian Pembelajaran Kurikulum Merdeka

Format Analisis Penilaian Prestasi Belajar Kurikulum Mandiri

Dalam proses pembelajaran tentunya terdapat satu tujuan pembelajaran untuk setiap tema atau subtema yang akan diajarkan. Untuk mencapai tujuan tersebut, perlu dilakukan evaluasi pada setiap proses. Dari hasil evaluasi diketahui proses pembelajaran berhasil atau tidak dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.

Pencapaian siswa dalam proses pembelajaran ditentukan oleh hasil evaluasi yang diberikan dan hasil yang diperoleh dengan menilai setiap siswa atas evaluasi yang telah dilakukannya.

Dari penilaian tersebut dilakukan proses analisis penilaian dalam menentukan tingkat pencapaian siswa.

Tentang Penilaian/Penilaian.

Asesmen atau penilaian adalah proses mengumpulkan dan mengolah informasi untuk mengetahui kebutuhan belajar dan prestasi perkembangan atau hasil belajar siswa.

Prinsip-prinsip penilaian yang harus dilaksanakan.

1 . Penilaian merupakan bagian integral dari proses pembelajaran, memfasilitasi pembelajaran, dan memberikan informasi holistik sebagai umpan balik bagi pendidik, siswa, dan orang tua, untuk membimbing mereka dalam menentukan strategi pembelajaran selanjutnya.

2 Penilaian dirancang dan dilaksanakan sesuai dengan fungsi penilaian, dengan keleluasaan untuk menentukan teknik dan waktu pelaksanaan penilaian sehingga efektif mencapai tujuan pembelajaran.

3 Penilaian dirancang secara adil, proporsional, valid, dan reliabel untuk menjelaskan kemajuan pembelajaran dan menentukan keputusan tentang langkah selanjutnya.

4 Laporan kemajuan dan pencapaian belajar siswa sederhana dan informatif, memberikan informasi yang berguna tentang karakter dan kompetensi yang dicapai dan strategi tindak lanjut.

5 Hasil penilaian digunakan oleh peserta didik, pendidik, tenaga kependidikan, dan orang tua sebagai bahan refleksi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

Bagaimana Prosedur Penilaian Dilakukan?

Dengan mengikuti tata cara penilaian hasil belajar siswa diantaranya:

  • Perumusan tujuan Penilaian
  • Pemilihan dan/atau pengembangan instrumen Penilaian
  • Pelaksanaan Penilaian
  • Pemrosesan hasil Penilaian
  • Pelaporan hasil Penilaian. (Pasal 3)

Apa saja bentuk penilaian dalam kurikulum mandiri?

Penilaian hasil belajar siswa terdiri dari:

  • Penilaian formatif
  • Penilaian sumatif.

Dalam menganalisis setiap proses penilaian dapat dilakukan dengan aplikasi atau format yang akan dibagikan dalam artikel ini, sebagai bahan referensi dalam proses analisis penilaian kurikulum mandiri.

Format Analisis Penilaian Kurikulum Mandiri >>> UNDUH

www.trendguru.id

Comment
Share:

Ad