FORMAT PENYUSUNAN PERANGKAT RPP VERSI TERBARU

- Penulis

Senin, 24 April 2023 - 09:15 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

1682302557 0

1682302557 0

Bagi anda yang berprofesi sebagai pengajar tentunya pernah membuat perangkat pembelajaran, namun belum diketahui apakah perangkat pembelajaran yang telah dibuat tersebut sesuai dengan format yang digunakan saat ini dalam artian perangkat tersebut sesuai dengan yang terbaru. format yang merupakan hasil revisi terbaru saat ini.Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan format perangkat pembelajaran RPP yang merupakan bentuk revisi terbaru yang berlaku saat ini. Dengan melihat format yang akan saya sajikan nanti, bagi bapak ibu guru yang ingin membuat perangkat pembelajaran RPP sudah tidak bingung lagi karena dalam format yang akan saya berikan, semua unsur yang harus ada dalam sebuah RPP adalah sudah dilengkapi dengan poin. yang harus terdapat dalam perangkat RPP.

FORMAT PENYUSUNAN PERANGKAT RPP VERSI TERBARU

Memang dalam membuat RPP selama ini belum ada format RPP baku yang dapat dijadikan patokan dalam menyusun RPP karena unsur-unsur yang terdapat dalam RPP terkadang harus disesuaikan dengan kondisi dan lingkungan tempat Anda mengajar.

Format penyusunan perangkat RPP yang akan saya bagikan ini dapat dijadikan pedoman bagi para guru yang akan membuat atau menyusun perangkat pembelajaran di sekolahnya masing-masing.

Dalam pembuatan alat RPP hal yang terpenting yang harus dituliskan benar-benar sesuai dengan kondisi di sekolah dan semua yang telah direncanakan dalam RPP benar-benar dapat dilakukan selama pembelajaran.

Sampai saat ini masih banyak guru yang masih bingung dalam membuat RPP, salah satunya karena belum adanya format baku yang dapat dijadikan patokan dalam menyusun RPP. Namun dengan adanya format RPP terbaru ini, diharapkan para guru yang akan membuat dan menyusun RPP terbantu sehingga dapat membuat RPP dengan baik dan benar.

Baca Juga :  Matriks: Pengertian, Sifat & Cara Perkalian, Soal & Pembahasan
Format penyusunan RPP versi terbaru terdiri dari beberapa item antara lain: item pertama terdiri dari identitas sekolah yang meliputi nama sekolah, mata pelajaran, kelas dan semester, mata pelajaran dan alokasi waktu. Pada butir kedua harus memuat kompetensi inti yang meliputi kompetensi inti 1 (sikap spiritual), kompetensi inti 2 (sikap sosial), kompetensi inti 3 (pengetahuan), kompetensi inti 4 (keterampilan).
Pada butir ketiga harus memuat kompetensi dasar (KD) dan indikator pencapaian kompetensi (IPK) serta memuat nilai-nilai karakter yang akan digunakan atau diterapkan dalam pembelajaran dalam RPP.
Pada butir keempat harus memuat tujuan pembelajaran yang mana dalam tujuan pembelajaran juga harus memuat beberapa butir yaitu khalayak (A), tingkah laku (B), kondisi (C) dan derajat (D). Keempat unsur tersebut harus tercakup dalam tujuan pembelajaran yang akan dibuat.
Pada butir kelima harus memuat materi pembelajaran, yang mana di dalam materi pembelajaran tersebut harus tertuang dalam RPP yaitu harus ada materi pembelajaran yang teratur yang memuat (fakta, konsep, prinsip dan prosedur), selain itu juga harus memuat remedial. bahan pelajaran dan bahan pelajaran. pembelajaran pengayaan.
Pada butir keenam harus memuat metode pembelajaran yang di dalamnya terdapat beberapa aspek yang terkandung dalam metode pembelajaran tersebut, antara lain pendekatan, model dan model pembelajaran yang akan digunakan dalam materi yang akan diajarkan sesuai dengan RPP yang dibuat. .

Pada butir keenam harus memuat media, alat dan bahan yang akan digunakan sebagai penunjang dalam proses pembelajaran nanti. Kemudian pada item ketujuh yang harus memuat sumber belajar yaitu berupa bahan ajar cetak dan non cetak, artinya bisa berupa buku teks atau sumber belajar lain yang boleh diambil dari internet.

Pada butir kedelapan harus memuat langkah-langkah pembelajaran, yang mana dalam langkah-langkah pembelajaran tersebut harus memuat kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup.
Pada butir kesembilan harus memuat penilaian yang meliputi teknik penilaian sikap spiritual, sosial, pengetahuan, keterampilan, penilaian remedial dan penilaian pengayaan. Untuk penilaian perangkat RPP harus dilampirkan dengan instrumen penilaian agar terlihat lebih lengkap dan sesuai dengan prosedur yang ada.
Untuk lebih jelasnya berikut adalah tampilan beberapa elemen yang harus disertakan dalam penyusunan RPP toolkit format versi terbaru:

Demikian informasi tentang format RPP terbaru yang dapat saya bagikan pada artikel kali ini, semoga apa yang saya berikan benar-benar dapat bermanfaat bagi anda khususnya para guru yang akan membuat RPP model RPP revisi terbaru.

Baca Juga :  Pengertian Paragraf Deduktif Dan Contoh Lengkap

www.pusatdapodik.com

Berita Terkait

Bagaimana Cara Membuat Media Pembelajaran Interaktif? Begini Penjelasannya
Bagaimana Pembelajaran Yang Sesuai Dengan Tahap Perkembangan Siswa SD Menurut Piaget?
Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka
Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka
Dalam Rantai Makanan Tumbuhan Hijau Berfungsi Sebagai…..
Contoh Soal IPA Kelas 8 SMP MTs Kurikulum Merdeka Bab 2 Struktur dan Fungsi Tubuh Makhluk Hidup
Materi Biologi Kelas 11 Kurikulum Merdeka Lengkap
20 Soal Matematika Kelas 4 Semester 2 Kurikulum Merdeka
Berita ini 0 kali dibaca

Berita Terkait

Kamis, 11 Juli 2024 - 21:23 WIB

Bagaimana Cara Membuat Media Pembelajaran Interaktif? Begini Penjelasannya

Sabtu, 6 Juli 2024 - 17:04 WIB

Bagaimana Pembelajaran Yang Sesuai Dengan Tahap Perkembangan Siswa SD Menurut Piaget?

Kamis, 27 Juni 2024 - 11:03 WIB

Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka

Rabu, 26 Juni 2024 - 20:15 WIB

Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka

Senin, 24 Juni 2024 - 16:11 WIB

Dalam Rantai Makanan Tumbuhan Hijau Berfungsi Sebagai…..

Berita Terbaru

Viral

Jangan Ya Dek Ya Yang Viral Di Tiktok Asli

Rabu, 24 Jul 2024 - 06:53 WIB